5 Struktur Past Tense Mandarin yang Wajib Kamu Tau!

5 Struktur Past Tense Mandarin yang Wajib Kamu Tau!

Grammar dalam kalimat lampau berbahasa Inggris mungkin sudah tidak asing. Namun, bagaimana dengan struktur kalimat past tense bahasa Mandarin? Sebenarnya, struktur kalimat Mandarin cukup sederhana. Karena Mandarin hanya memiliki satu ekspresi kata dan tidak mengkonjugasikan kata kerjanya seperti bahasa Inggris.

Lantas, bagaimana cara membedakan waktu kapan terjadinya sebuah peristiwa lampau dalam bahasa Mandarin? Berikut adalah penjelasan mengenai struktur kalimat lampau yang bisa kamu gunakan.

5 Struktur Past Tense dalam Bahasa Mandarin

Secara umum terdapat 5 struktur kalimat bahasa Mandarin yang berhubungan dengan peristiwa lampau atau sudah terjadi sebelumnya. Berikut adalah rangkuman penjelasannya:

1. Verb + 了 (le)

Pertama adalah kalimat dengan menggunakan 了 (le) setelah kata kerja. Ini merupakan struktur past tense Mandarin paling dasar untuk mengindikasikan peristiwa lampau. 了 biasanya akan digunakan untuk memberitahukan kejadian yang sudah terjadi atau selesai, mirip seperti simple past tense dalam bahasa Inggris. 

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan 了:

  • 他们上周去了上海
    Tā men shàng zhōu qù le Shànghǎi.
    Mereka pergi ke Shanghai minggu lalu.
  • 他喝了二 杯茶。
    Tā hē le èr bēi chá.
    Dia minum dua cangkir teh (lampau).
  • 他找到了那本词典
    Tā zhǎo dào le nà běn cídiǎn.
    Dia menemukan kamus itu.

Namun, kamu juga harus memahami bahwa penggunaan 了 sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan kalimat lampau. Terkadang 了 juga dapat muncul pada kalimat present tense bahkan future tense. Jadi, cara sederhana agar kamu bisa memahaminya adalah dengan memahami konteks kalimat lebih dulu.

2. Verb + 过 (guò)

Selanjutnya adalah dengan menggunakan 过 (guò) setelah kata kerja. 过 juga memiliki fungsi yang sama seperti 了. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya, jika keduanya memiliki fungsi yang sama, apa yang membedakan penggunaan 过 dan 了? Perbedaan paling menonjol keduanya terletak pada penekanan tujuan dan konteks.

Umumnya, 了 digunakan untuk menekankan sebuah fakta atau tindakan yang sudah selesai. Sedangkan 过 digunakan untuk menekankan pengalaman di masa lampau. Selain itu, penggunaan 过 biasanya berkaitan dengan kejadian yang tidak memiliki waktu spesifik. 

Agar kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik, berikut adalah contoh kalimat dengan 了 dan 过:

  • 我们前天去了上海。
    Wǒmen qián tiān qù le Shànghǎi.
    Kita pergi ke Shanghai kemarin lusa.
  • 他去过上海。
    Tā qù guò Shànghǎi.

    Saya pernah ke Shanghai sebelumnya.

  • 星期二我吃了韩国菜
    Xīngqīèr wǒ chī le Hánguó cài.
    Saya makan makanan Korea di hari Rabu.
  • 我吃过韩国菜。
    Wǒ chī guò Hánguó cài.
    Saya sudah pernah mencoba makanan Korea.

3. 已经 (yǐjīng) + Verb + 过 (guò) + Object + 了 (le)

Struktur past tense bahasa Mandarin ketiga adalah dengan menggunakan 已经 (yǐjīng). Kata 已经 memiliki peran penting dalam kalimat lampau. Dalam bahasa Indonesia, 已经 dapat kamu artikan sebagai “sudah”. Kata 已经 seringkali orang China gunakan untuk menekankan kejadian yang sudah selesai.

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata 已经:

  • 我已经吃过吃饭了。
    Wǒ yǐjīng chī guò chīfàn le.
    Aku sudah sarapan.
  • 我已经看过这个电影了。
    Wǒ yǐjīng kàn guò zhè gè diànyǐng le.
    Aku sudah menonton film ini.

4. 没 (méi) + Verb

Jika pada contoh sebelumnya kamu hanya bisa melihat kalimat pernyataan positif. Maka, kali ini kamu akan belajar penggunaan struktur kalimat past tense dalam kalimat pernyataan yang negatif. Jika kamu ingin mengungkapkan pernyataan negatif dalam kalimat lampau, kamu bisa menggunakan struktur 没 (méi) + kata kerja.

Secara harfiah artinya sendiri adalah “tidak melakukan sesuatu”. Ketika menggunakan struktur yang satu ini penggunaan 了 umumnya tidak terlalu kamu butuhkan. Jadi, kamu tidak harus menyertakan 了. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan 没:

  • 上个星期我没去学校。
    Shàng gè xīngqī wǒ méi qù xuéxiào.
    Aku tidak pergi ke sekolah minggu kemarin.
  • 上个月我没看他们的电影。
    Shàng gè yuè wǒ méi kàn tāmen de diànyǐng.
    Aku tidak menonton film mereka bulan kemarin.

5. 没 (méi) + Verb + 过 (guò)

Struktur kalimat past tense bahasa Mandarin terakhir adalah dengan menggunakan 没 (méi) dan 过 (guò) secara bersamaan. Secara harfiah struktur ini bisa kamu artikan menjadi “belum pernah melakukan sesuatu sebelumnya”. Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • 我和她没喝过牛奶。
    Wǒ hé tā méi hē guò niúnǎi.
    Aku dan dia belum pernah mencoba minum susu sebelumnya.
  • 她们没去过法国。
    Tā men méi qù guò Fǎguó.
    Mereka belum pernah pergi ke Perancis.

Mau Tingkatkan Kemampuan Bahasa Mandarin Kamu? Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Kata Umum dalam Past Tense Mandarin

Bahasa Mandarin memang tidak memiliki struktur grammar yang rumit. Karena secara struktur bahasa Mandarin cenderung analitis. Namun, justru struktur analitisnya inilah yang membuatnya terlihat lebih menyulitkan. Termasuk ketika kamu harus membuat sebuah kalimat dalam bentuk lampau. 

Karena itu, salah satu cara paling sederhana dan straightforward ketika kamu ingin membicarakan kejadian lampau dalam bahasa Mandarin adalah dengan menggunakan keterangan waktu. Sehingga kamu tidak harus mengubah kalimat dalam struktur tertentu. 

Beberapa keterangan waktu juga bisa kamu temukan dalam contoh kalimat sebelumnya. Namun, agar lebih lengkap dan jelas berikut adalah beberapa daftar kata yang bisa kamu gunakan:

  • 昨天 (zuó tiān): kemarin
  • 昨晚 (zuó wǎn): kemarin malam
  • 前天 (qián tiān): kemarin lusa atau satu hari sebelum kemarin
  • 上个星期 (shàng gè xīngqī) / 上周 (shàng zhōu): minggu lalu
  • 上个月 (shàng gè yuè): bulan lalu
  • 去年 (qùnián): tahun lalu
  • 前年 (qiánnián): tahun sebelum yang terakhir
  • 以前 (yǐqián): sebelumnya
  • 刚刚 (gāng gang) / 刚才 (gāngcái): baru saja atau beberapa saat yang lalu
  • 往年这个时候 (wǎng nián zhè ge shí hou): beberapa tahun terakhir
  • 四年前 (sì nián qián): empat tahun yang lalu
  • 两个月前 (liǎng gè yuè qián): dua bulan yang lalu
  • 无个星期前 (wǔ gè xīngqí qián) /无周前 (wǔ zhōu qián): lima minggu lalu
  • 两天前 (liǎng tiān qián): dua hari yang lalu
  • 过去 (guòqù): di masa lalu

Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa, kata keterangan waktu secara umum lebih sering muncul sebelum kata kerja. Sehingga dapat menekankan waktu kejadian atau peristiwa yang jauh lebih spesifik.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Yuk, Belajar Past Tense dalam Bahasa Mandarin Bersama Cakap!

Itulah ulasan mengenai struktur kalimat past tense dalam bahasa Mandarin yang penting untuk kamu pelajari. Bagi pemula belajar bahasa Mandarin mungkin terlihat sulit. Namun, jika kamu bisa memahami setiap struktur kalimatnya, proses pembelajaran pasti akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Apalagi jika kamu bisa menemukan tempat belajar bahasa Mandarin yang kredibel seperti Cakap. Cakap sendiri merupakan pelopor aplikasi untuk belajar bahasa asing, termasuk Mandarin secara online dengan metode pembelajaran yang menarik, efektif, dan interaktif. Apalagi kurikulum Cakap telah didesain oleh institusi yang kredibel. 

Selain itu, Cakap juga memiliki guru-guru berpengalaman dan sudah profesional di bidangnya. Kamu juga bisa memilih metode belajar bahasa mandarin sesuai dengan kebutuhan, baik privat maupun berkelompok di Cakap. Jika kamu tertarik memperdalam skill bahasa Mandarin, maka mengikuti kelas melalui Cakap adalah solusi terbaiknya!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat