10 Rekomendasi Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa

part-time untuk mahasiswa
Image by jcomp on Freepik

Masa kuliah menjadi momen yang tepat untuk memulai perjalanan karier, bahkan dari sebelum lulus kuliah. Selain mengambil program magang, ada banyak pilihan kerja part time untuk mahasiswa yang juga bisa dicoba. Perbedaan kerja part time dan full time salah satunya adalah pada jadwal dan waktu bekerjanya. Sehingga, kamu masih bisa berkuliah tanpa terganggu dengan jam kerja. 

Kalau kamu tertarik untuk mencari tau apa saja rekomendasi pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa dan bagaimana tips mencari pekerjan part time yang bisa dilakukan? Artikel ini cocok untukmu! Yuk simak penjelasannya sampai akhir!

Table of Contents

Pengertian Pekerjaan Part-Time

Pekerjaan part-time atau paruh waktu adalah pekerjaan dengan total jam kerja yang lebih singkat dibandingkan pekerjaan full-time atau penuh waktu. Jam dan hari kerjanya pun bervariasi sesuai kebutuhan setiap pekerjaan. Fleksibilitas inilah yang menjadikan pekerjaan part-time cocok dilakukan untuk para mahasiswa sebagai kegiatan sampingan. 

Selain dari jamnya, ada beberapa perbedaan kerja part time dan kerja full time lainnya, seperti : 

  • Workload
  • Basic salary
  • Hari libur 
  • Kompensasi 

Kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya pada artikel berikut : Perbedaan Part Time dan Full Time, dari Jam Kerja sampai Gajinya.

10 Rekomendasi Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Nah, berikut adalah beberapa pekerjaan part-time yang bisa kamu coba sebagai mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan juga skill baru. 

1. Penulis

Kamu bisa memanfaatkan kemampuan menulismu sebagai pekerjaan part-time, seperti mendalami copywriting atau menjadi content writer. Beberapa perusahaan juga membuka kesempatan kerja dari jarak jauh untuk posisi ini. Jadi kamu tetap bisa berkuliah, sembari kerja part time online sebagai seorang penulis.

2. Desainer dan Ilustrator

Sama seperti pekerjaan penulis, kamu yang memiliki keterampilan lebih di bidang desain dan ilustrasi juga dapat menawarkan kelebihanmu untuk brand yang sedang membangun akun media sosial.

3. Barista dan Waiter

Sejak beberapa tahun ke belakang, bisnis kafe merajalela di sepanjang jalan. Tentunya setiap kafe membutuhkan barista dan waiter dalam operasionalnya. Beberapa lowongan kerja sebagai barista dan waiter bersifat part-time dengan jam kerja di hari libur ataupun shift malam sehingga bisa kamu ambil sambil kuliah.

4. Guru Les Privat

Apabila kamu memiliki kemampuan mengajar, kamu bisa mencoba pekerjaan part-time sebagai guru les privat. Kebutuhan guru les privat pun sangat beragam seperti untuk pelajaran sekolah, bahasa asing, hingga keterampilan lain seperti instrumen musik.

5. Fotografer

Bila kamu memiliki kamera dan hobi fotografi, tidak ada salahnya untuk coba mencari penghasilan lewat foto. Kamu bisa menawarkan jasa sebagai fotografer untuk sebuah event, pernikahan, produk UMKM, ataupun perayaan wisuda.

Tangkap Peluang dan Kesempatan Karier Bersama Cakap

6. Videografer dan Editor

Seperti halnya fotografi, kamu dapat memanfaatkan hobimu di bidang videografi sebagai pekerjaan part-time. Dokumentasi dalam bentuk video juga dibutuhkan untuk mengabadikan event, iklan produk, ataupun pernikahan. 

7. Penerjemah

Tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni. Bila kamu salah satu orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing baik bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk bekerja part-time sebagai penerjemah. Tidak hanya dokumen, penerjemah juga dibutuhkan untuk menerjemahkan video. 

8. Master of Ceremony (MC)

Pekerjaan yang satu ini mungkin butuh keterampilan yang lebih spesifik. Akan tetapi, kalau kamu pandai dalam public speaking, bekerja part-time sebagai MC atau pemandu acara bisa menjadi pekerjaan untuk ditekuni untuk jangka waktu yang panjang. Kamu bisa memanfaatkan akhir pekanmu untuk memandu event seperti pernikahan, festival, seminar, dan pameran. 

9. Kru Event Organizer (EO) dan Wedding Organizer (WO)

Jika kamu sudah berpengalaman mengikuti kepanitiaan di acara kampus, maka kamu sudah memiliki bekal untuk naik tingkat ke acara yang lebih besar. Bekerja part-time di EO dan WO dapat memberikanmu pengalaman mengurusi acara pernikahan dan event-event besar yang sering diadakan di akhir pekan.

10. Content Creator

Pekerjaan terakhir sekaligus menjadi yang paling menantang dan potensial untuk dilakukan adalah menjadi content creator atau kreator konten. Perjalanan menjadi content creator membutuhkan waktu yang panjang karena kamu akan merintis akunmu dan melakukan seluruh kegiatannya sendirian. 

Akan tetapi, bila kamu berhasil mengumpulkan pengikut yang banyak, tarif endorsement yang kamu dapatkan juga akan sepadan dengan perjuanganmu. 

Image by Freepik

Cara Mendapatkan Pekerjaan Part-Time

Untuk mendapatkan pekerjaan pekerjaan part-time, kamu harus bisa menunjukkan kemampuanmu di bidang yang kamu kuasai. Selain itu, kamu juga harus jeli melihat peluang dan mencari potensi kerja part-time

1. Bangun Personal Branding

Sebagian pekerjaan dari daftar di atas ada yang mengharuskanmu datang secara fisik, maupun dapat dikerjakan secara online dari rumah. Beberapa dari pekerjaan tersebut juga membutuhkan media sosial sebagai media pemasaranmu mencari klien. 

Oleh karena itu, penting untuk membangun personal branding-mu di media sosial dengan menunjukkan hasil pekerjaanmu agar calon klien tertarik denganmu. 

2. Tawarkan ke Teman atau Keluarga

Bila kamu ingin memulai pekerjaan part-time dan masih kesulitan mencari klien, kamu bisa secara proaktif menawarkan jasamu ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu juga akan mendapatkan bahan portofolio yang bisa kamu tunjukkan di media sosial sebagai personal branding

3. Cari Lowongan di Situs Terpercaya

Cara lainnya untuk menemukan pekerjaan part-time adalah dengan mencari lowongan di situs job portal yang terpercaya seperti career.cakap.com. Di Cakap Career, kamu dapat menemukan lowongan dari berbagai perusahaan besar dan bidang yang berbeda-beda. Kamu juga akan menerima update status lamaranmu secara real-time

Itu dia pembahasan lengkap seputar pekerjaan part-time yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa. Apakah kamu sudah menentukan pilihan pekerjaan mana yang ingin kamu lakukan? Jangan lupa untuk cari lowongan pekerjaan yang kamu inginkan di career.cakap.com, ya! Yuk, segera buka Cakap Career karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup