10 Syarat Lamaran Kerja di Perusahaan dengan Urutan yang Benar

persyaratan lamaran kerja di perusahaan

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan, maka hal penting yang harus kamu siapkan pertama kali adalah berkas lamaran. Nah, persyaratan lamaran kerja ini mencakup beberapa dokumen wajib. Apakah kamu sudah tahu apa saja itu?

Memang tidak sedikit berkas persyaratan yang perlu kamu siapkan, dan usahakan jangan sampai ada yang terlewatkan. Sebagai persiapan, yuk simak apa saja berkas persyaratan lamaran kerja berikut ini.

Apakah perlu melampirkan KTP untuk melamar kerja?

Sebelum masuk ke daftar lampiran berkas lamaran kerja yang harus kamu siapkan, pertanyaan satu ini sering kali ditanyakan bagi para pelamar kerja. Apakah harus melampirkan KTP saat melamar kerja? Jawabannya adalah jika perusahaan tersebut mewajibkan lampiran KTP dan kamu perusahaan tersebut sudah terpercaya, maka kamu bisa melampirkannya. 

Namun, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apa kebutuhan perusahaan untuk KTP yang akan dilampirkan ini. Sehingga kamu juga mengetahui tujuan perusahaan meminta KTP kamu. Tetapi jika perusahaan tidak mengharuskan atau tidak memintanya, kamu tidak perlu melampirkannya, ya.

Daftar Berkas Lamaran Kerja yang Harus Disiapkan

Beberapa perusahaan terkadang tidak membutuhkan berkas lamaran bermacam-macam. Namun, beberapa contoh persyaratan lamaran kerja di bawah ini umumnya diminta oleh perusahaan, berikut di antaranya.

1. CV (Curriculum Vitae)

CV atau daftar riwayat hidup merupakan berkas lamaran kerja yang sudah pasti dibutuhkan setiap perusahaan. CV umumnya berisi data-data pribadi seperti nama, pengalaman kerja, pendidikan hingga skill pelamar.

Persyaratan lamaran kerja yang satu ini menjadi dokumen wajib yang harus dimiliki setiap orang. Karena dengan adanya CV, HRD bisa melakukan screening untuk melihat kelayakan kandidat dari latar belakang dan pengalaman mereka.

Untuk membuat CV fresh graduate, kamu bisa memasukkan data-data pengalaman magang, volunteer, komunitas atau organisasi. Meski belum bekerja, namun menunjukkan bahwa kamu merupakan tipe orang yang aktif akan menjadi pertimbangan recruiter.

2. Surat Lamaran (Cover Letter)

Seringkali seseorang menganggap cover letter dan cv adalah dokumen yang sama. Padahal keduanya berisikan hal berbeda. Surat lamaran berfungsi sebagai pendamping CV ketika melamar pekerjaan.

Dengan surat lamaran ini, HR akan tahu gambaran singkat mengenai diri seseorang. Berkas persyaratan lamaran kerja yang satu ini bisa memberikan first impression yang baik bagi pelamar. Karena itu, penting untuk membuatnya sebaik mungkin.

Surat lamaran kerja biasanya berisi deskripsi singkat mengenai diri, pengalaman dan alasan kenapa kamu tertarik melamar di posisi tersebut. Kamu juga bisa menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan tersebut.

3. Portofolio

Urutan persyaratan lamaran kerja di PT yang benar adalah menyiapkan surat lamaran, CV dan selanjutnya portofolio. Portofolio merupakan dokumen yang berisi kumpulan karya atau hasil kerja kamu dalam bidang tertentu.

Misalnya, kamu memiliki skill dalam menulis atau membuat desain, maka memasukkan hasil tulisan dan desain terbaikmu dalam portofolio tersebut. Skill yang ditunjukkan dalam portofolio akan sangat menunjang pengalaman yang telah tertulis di CV. Jika masih awam dengan berkas satu ini, kamu bisa cek contoh portofolio yang benar terlebih dahulu.

4. Fotokopi KTP

Persyaratan lamaran kerja yang tak kalah penting adalah informasi identitas. Tidak semua perusahaan mengharuskan pelamar menyertakan KTP, tapi beberapa di antaranya ada. Biasanya, fotokopi KTP akan dimasukkan dalam satu map bersama berkas lainnya.

Fotokopi KTP akan membantu recruiter dalam melakukan validasi terhadap identitas kamu. Terkadang, tidak hanya KTP, perusahaan juga akan meminta fotokopi kartu keluarga. Namun, berkas ini umumnya bersifat opsional.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Jika kamu berencana melamar di instansi pemerintah, maka SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah contoh persyaratan lamaran kerja yang wajib disertakan. Karenanya, tidak ada salahnya jika mulai mengurus dari sekarang, jika belum memilikinya.

SKCK berfungsi untuk menunjukkan bahwa calon kandidat tidak memiliki riwayat kriminal atau tindak kejahatan dalam hal apapun. Dengan begitu, perusahaan bisa memastikan bahwa orang yang dipilih berperilaku baik sebelumnya.

Biasanya SKCK memiliki masa berlaku selama 6 bulan. Nah, sebelum dilampirkan, kamu harus mengecek apakah SKCK masih berlaku. Bila sudah habis, maka kamu bisa melakukan perpanjangan secara online di website resmi Polri.

Baca juga : Syarat dan Cara Membuat SKCK Online untuk Melamar Kerja Terbaru

6. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

Jika calon kandidat sebelumnya sudah pernah memilih pengalaman kerja, maka bisa menyertakan surat referensi kerja. Surat ini akan mendukung kamu dalam melamar pekerjaan dan menunjukkan bahwa kamu seseorang yang sudah berpengalaman sebelumnya. 

7. Fotokopi Ijazah

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi ijazah. Ijazah ini akan menjadi penunjang yang membuktikan bahwa kamu telah menempuh pendidikan formal dan menyelesaikannya dengan baik.

Calon kandidat tidak perlu memasukkan semua ijazah dari semua tingkat pendidikan. Cukup sertakan fotokopi ijazah terakhir. Jika pendidikan terakhir S1, maka hanya perlu melampirkan fotokopi ijazah S1.

8. Pas Foto Terbaru

Biasanya, calon kandidat sudah menambahkan foto dalam CV. Namun, terkadang beberapa perusahaan meminta syarat foto lamaran kerja terbaru berupa pas foto. Nah, jika diminta, maka pastikan kamu melampirkan foto formal.

Jangan sampai menambahkan foto asal-asalan seperti selfie, atau memakai pakaian non-formal. Gunakan pakaian yang terlihat profesional dan cerdas, misalnya dengan kemeja putih atau setelan jas.

9. Surat Keterangan Sehat

Untuk memastikan calon kandidat dalam kondisi baik-baik saja, biasanya perusahaan akan meminta surat keterangan sehat. Terlebih dalam situasi covid dan beragam penyakit baru yang bermunculan seperti saat ini. Kamu bisa mendapatkan surat keterangan sehat di puskesmas terdekat.

10. Formulir Perusahaan

Persyaratan lamaran kerja yang satu ini biasanya diberikan oleh perusahaan. Sehingga, kamu tidak bisa mempersiapkannya sendiri. Tidak semua perusahaan menggunakan prosedur ini, jadi kamu hanya mengisi jika memang diminta. Adapun beberapa hal di dalamnya berisi nama, riwayat kerja atau ekspektasi gaji.

Itulah daftar berkas persyaratan lamaran kerja yang harus kamu siapkan mulai dari sekarang. So, apakah kamu sudah menyiapkan beberapa diantaranya? Setiap perusahaan tentu memiliki kualifikasi berbeda. Namun, secara umum berkas-berkas tersebut umumnya dibutuhkan.

Selain mempersiapkan berkas lamaran kerja, kamu bisa sembari belajar mengenai cara melamar kerja agar tepat sasaran di kelas persiapan kerja yang ada di Upskill Cakap. Kamu bisa memilih beragam kursus sesuai kebutuhan skill-mu dalam berbagai bidang di Cakap, lho! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.