Temukan Keuntungan Belajar di Luar Negeri serta Tips Jitu Mencari Peluang Kerja di Negara Asing

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?

Mencari pekerjaan dapat menjadi tantangan yang sangat berat mengingat persaingan ketat untuk mendapatkan tempat di suatu perusahaan. Persaingan ini menuntut kamu untuk menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat yang lain.

Berbagai Keuntungan Belajar di Luar Negeri yang Dapat Membuka Peluang Kerja

Menjadi siswa internasional merupakan salah satu keuntungan bagi kamu. salah satunya adalah meningkatkan prosepek kerja dan dapat membuka peluang kerja di luar negeri.

Sebuah studi tahun 2014 oleh Komisi Eropa tentang Dampak Skema Pertukaran Siswa Erasmus menemukan bahwa siswa yang telah mengambil bagian dalam program ini telah meningkatkan prospek pekerjaan mereka setelah lulus sekolah sebanyak sekitar 42% dan memiliki peluang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang belum pernah sekolah di luar negeri. Yuk langsung aja cek keuntungan belajar di luar negeri yang bisa meningkatkan prospek kerja!

Mengembangkan Keterampilan Bahasa Asing

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?

 

sumber: giphy

Bergantung pada tempat kamu memilih untuk belajar di luar negeri, kamu mungkin diharuskan untuk belajar bahasa asing tambahan selain belajar bahasa Inggris misalnya belajar bahasa mandarin. Selain untuk membantu kamu menjadi terbiasa dengan budaya baru dan berinteraksi dengan penduduk setempat dengan percaya diri, hal itu dapat membantu prospek pekerjaan kamu setelah studi.

Kamu bisa menjadi penerjemah dan guru bahasa hingga pramugari dan bekerja di kantor kedutaan besar, ada sejumlah pekerjaan di mana berbicara berbagai bahasa tidak hanya bermanfaat, tetapi juga menjadi sebuah keharusan.

Memiliki Pola Pikir Internasional

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Saat pindah ke negara baru untuk belajar, pada dasarnya kamu memasuki wilayah asing. Dari budaya lokal ke lingkungan yang belum pernah terlihat sebelumnya, semua yang ditemui sejak saat itu adalah sesuatu yang menuntutmu untuk beradaptasi. Dengan melakukan itu, kamu memperluas pandanganmu di luar lingkungan lokal dan melihat hal-hal dari perspektif yang lebih internasional. Manfaat dari pendekatan yang baru ini bisa sangat besar dalam hal prospek karir kamu. 

Mengasah Keterampilan Interpersonal

Selain dimensi internasional yang dapat mempercantik lamaran kerjamu, belajar di luar negeri dapat membantu secara signifikan meningkatkan keterampilan interpersonalmu. Dengan tinggal di luar negeri dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang kehidupan setiap hari, kamu pasti akan mendapatkan apresiasi terhadap budaya negara lain.

Kamu akan bersikap terbuka hingga merangkul tantangan baru, memiliki kepercayaan diri dan mampu menyelesaikan masalah dan membuat keputusan, hingga memiliki toleransi terhadap nilai-nilai dan perilaku orang lain.

Menunjukkan Inisiatif

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Selain memperkuat keterampilan bahasa dan komunikasi, belajar di luar negeri menggarisbawahi fakta bahwa kamu tidak takut untuk mengambil inisiatif dan mengejar pengalaman baru.

Menurut survei Job Outlook 2016 oleh NACE (Asosiasi Nasional Perguruan Tinggi dan Pengusaha) menemukan bahwa 80% pengusaha mencari bukti keterampilan kepemimpinan ketika meninjau aplikasi kandidat, sementara hanya di bawah 66% mencari bukti bahwa kandidat bersedia untuk mengambil inisiatif.

Memperoleh Pengalaman Kerja Internasional

Mengapa Belajar di Luar Negeri Dapat Meningkatkan Prospek Pekerjaan Kamu?
sumber: giphy

Belajar di luar negeri tidak diragukan lagi merupakan prestasi yang luar biasa, tetapi juga membuka banyak peluang baru yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang hanya belajar di satu negara. Pertama, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja jauh dari negara asalmu dan ini merupakan sesuatu yang pasti akan menambah lapisan yang mengesankan untuk resume dan lamaran kerja kamu.

Tidak hanya itu, mengingat bagaimana perusahaan beroperasi secara internasional, ada baiknya memikirkan jaringan yang kamu bisa mulai bangun di negara tempat kamu belajar dan juga mencari pengalaman bekerja di sana. Kamu bisa mengikuti program magang atau menjadi asisten dosen di sana.

Cara Mendapatkan Kerja di Luar Negeri

Jika tadi sudah membahas mengenai keuntungan belajar di luar negeri yang dapat meningkatkan prospek kerja, sekarang saatnya kamu mencari tahu bagaimana cara mendapatkan kerja di luar negeri. Yuk cek tips singkat dan bermanfaatnya!

Tentukan Pekerjaan yang Kamu Inginkan lalu Lakukan Riset

Sebelum kamu mencari-cari lowongan kerja di luar negeri, kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Setelah itu lakukanlah riset dengan cermat, saat kamu mengajukan lamaran ke luar negeri, pastikan bahwa lowongan tersebut benar adanya.

Manfaatkan Koneksi LinkedIn

Koneksi memang sangat penting. Di era yang serba canggih ini, kamu bisa memanfaatkan platform LinkedIn untuk mencari koneksi. Platform ini juga memudahkan kamu untuk mencari informasi seputar lowongan kerja, baik di dalam maupun luar negeri. 

Jika kamu sudah menentukan pekerjaan yang kamu inginkan di sebuah perusahaan tertentu, kamu bisa menambahkan koneksi LinkedIn-mu dengan beberapa karyawan yang sudah bekerja di sana.

Tunjukan Tekad yang Kuat

Mencari peluang kerja di luar negeri bukanlah hal yang mudah, kamu harus memiliki tekad yang kuat dan usaha yang konsisten. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan pertahankan ambisi serta antusias kamu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Seimbangkan Ekspektasi dan Realita

Cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menyeimbangkan ekspektasi dan realita. Untuk memulai langkah awalmu, carilah pekerjaan yang setidaknya dapat kamu kerjakan terlebih dahulu. 

Pilihlah negara tujuan atau kota yang tidak terlalu kompetitif. Mengapa demikian? Karena tentunya di kota-kota besar, seperti New York atau London pasti memiliki banyak peminat yang datang dari berbagai negara, sehingga sainganmu juga otomatis bertambah banyak.

Nah, itu dia berbagai keuntungan belajar di luar negeri serta tips singkat dan bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari peluang kerja di luar negeri!

Meski begitu, keluar negeri bukan satu-satunya cara, lho! Ada Cakap Prakerja yang siap mendampingimu untuk mempersiapkan diri berkarir secara profesional. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas di Cakap Upskill untuk mengembangkan diri dan kompetensi sehingga peluang karir yang lebih baik terus terbuka. Download dan daftar aplikasi Cakap sekarang juga, yuk!

Baca Juga;

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.