Ini Arti Yin dan Yang, Filosofi Hidup dari Tionghoa

arti yin dan yang

Setelah mengetahui tentang ikigai, sekarang giliranmu untuk mengetahui Yin dan Yang, sebuah filosofi hidup yang berasal dari China. 

Filosofi hidup yin dan yang memengaruhi beberapa aspek kehidupan orang China. Salah satu jenis ilmu bela diri asal china yaitu Tai Chi, mengadaptasi nilai-nilai yang diajarkan oleh yin dan yang.

Daripada makin penasaran, ini dia arti yin dan yang serta cara mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Apa arti yin dan yang?

source: giphy.com

Secara general, arti yin dan yang adalah hidup yang seimbang. Yin dan yang merupakan konsep hidup yang percaya bahwa tiap hal memiliki dua unsur yang berlawanan namun  justru hal itu lah yang menyatukan kedua unsur tersebut. 

Pasti kamu udah pernah liat simbol yin dan yang kan? Simbol yin dan yang memiliki dua warna yaitu hitam dan putih. Arti simbol yin dan yang yaitu segala sesuatu tidak dapat berdiri sendiri tanpa didampingi hal yang berkebalikan dengannya. 

Dalam simbol yin dan yang, warna hitam yang bermakna gelap adalah yin sedangkan warna putih yang bermakna terang adalah yang. Yin dan yang memiliki ukuran yang sama. Ditambah di dalam yin terdapat yang dan begitu sebaliknya. Kedua hal itu melambangkan keseimbangan. 

Pada Dinasti Han, seorang yang bernama Dong Zhongshu sempat menjadikan filosofi ini sebagai ajaran. Ia mengelompokkan orang menjadi dua kategori yaitu yin dan yang. Yin adalah perempuan dan anak-anak, sedangkan yang adalah laki-laki.

Yin yang bermakna gelap berkaitan dengan:

  • Air
  • Bumi
  • Bulan
  • Feminitas
  • Malam hari

Yang yang bermakna terang melambangkan:

  • Api
  • Langit
  • Matahari
  • Maskulinitas
  • Siang hari

Baca Juga: Definisi Feng Shui, Apa Manfaatnya ya?

5 elemen pendukung yin dan yang

source: giphy.com

Terdapat 5 elemen yang pendukung yin dan yang yaitu kayu, api, besi, tanah, dan air. Kelima elemen tersebut saling berinteraksi serta saling mengisi satu sama lain. Berikut ini adalah 5 elemen pendukung yin dan yang:

ElemenMusimWarnaEmosiRasa
KayuSpringHijauMarahAsam
ApiSummerMerahBahagiaPahit
BesiAutumnPutihDukaPedas
TanahLate SummerKuningSimpatiManis
AirWinterHitamTakutAsin

Cara mengaplikasikan yin dan yang

source: giphy.com

Olahraga

Makna utama filosofi hidup yin dan yang adalah keseimbangan. Maka dari itu olahraga merupakan salah satu cara mengaplikasikan yin dan yang dalam hidup kita. Setelah kamu makan banyak, maka kamu perlu olahraga biar tidak menimbun lemak. Selain itu olahraga juga meningkatkan metabolisme tubuhmu sehingga baik untung jantung serta sirkulasi darahmu.

Meditasi

Our minds control our bodies. Kalau pikiranmu tidak sehat, maka fisikmu akan ikutan melemah. Supaya bisa mengontrol beban pikiran, kamu perlu meditasi. Meditasi engga perlu lama, cukup 15-30 menit setiap harinya.

Have a good night’s sleep!

Kualitas tidur sangat penting untukmu. Jika kualitas tidurmu buruk, maka berat badanmu perlahan-lahan akan bertambah. Kualitas tidur yang baik bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kita. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa berolahraga, mengurangi kadar kafein, atau tidur pada jam sama secara konsisten tiap harinya.

Makan sayur-sayuran

Seseorang yang rajin makan sayur dan buah-buahan memiliki resiko yang lebih untuk terkena penyakit kronis. Sayur dan buah-buahan juga memberi nutrisi pada tubuhmu sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh. Jadi, jangan males makan sayur dan buah ya, guys!

Dengan mengaplikasikan yin dan yang dalam hidup, kamu akan merasa bahwa semua hal adalah netral. Tidak ada yang 100% benar dan salah. Semua hal tergantung bagaimana kamu melihat dan menilainya.

Budaya China memang selalu menarik untuk dibahas terlebih juga karena banyak diaplikasikan di Indonesia. Masih banyak budaya China yang bisa kamu ketahui dengan belajar bahasa Mandarin di Cakap. Bakal lebih asik buat cari tau budayanya kalau kamu bisa bahasanya juga kan?

banner mandarin

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google