Definisi Feng Shui, Apa Manfaatnya ya?

fengshui

Jangan bangun rumah di bawah tebing. Menurut Feng Shui itu nggak bagus.

Pernah dengar orang yang membangun rumah dengan memperhatikan Feng Shui? Kalau dipikirkan dengan logika, memang benar nggak baik membangun rumah di bawah tebing karena dapat terkena longsor. Kira-kira kenapa ya, orang mempertimbangkan Feng Shui di kehidupan mereka?

Selain jenis ilmu bela diri yang kita pelajari, budaya Tiongkok lainnya yang bisa kita anut adalah Feng Shui. Feng Shui (风水) memiliki arti Angin dan Air secara harfiah dan sudah ada sejak 6000 tahun silam. Feng Shui mempelajari bagaimana energi alam semesta dan lingkungan sekitar suatu bangunan saling mempengaruhi hidup dan keberuntungan seseorang. 

Sekarang, Feng Shui digunakan untuk desain tata kota, gedung-gedung pemerintahan, dan monumen-monumen publik. Apa aja sih, manfaat dari Feng Shui? Yuk, pahami lebih lanjut!

source: giphy.com

Tiga Konsep Feng Shui

Mendapatkan keseimbangan ketenangan dalam hidup merupakan salah dua hal yang ingin dicapai dari mengamalkan Feng Shui. Agar tercapai maksimal, kenali dulu nih, konsep-konsep dari Feng Shui!

Qi

Qi (气) atau disebut chi mengekspresikan kekuatan alam yang mencakup sinar matahari, pengaruh kosmik, paduan warna, pergerakan dan kualitas udara, aliran air, pikiran bawah sadar dan emosi manusia, hingga bentuk suatu objek. Qi mempengaruhi bagaimana aura suatu tempat dan perasaan kita terhadap tempat itu.

Yin dan Yang

Filosofi berusia sekitar 3.500 tahun ini menyimbolkan semesta sebagai kekuatan yang saling melengkapi bagaikan gelap dan terang, matahari dan bulan, dan laki-laki dan perempuan. Yin memiliki karakter feminin, gelap, dan negatif, sedangkan Yang memiliki karakter maskulin, cerah, dan positif.

5 Elemen (wǔxíng)

Dalam Feng Shui, 5 elemen tersebut terdiri dari air, kayu, api, tanah dan metal.

  • Elemen air memiliki kegunaan untuk relaksasi, perilis, pembaharuan dan inspirasi.
  • Elemen kayu menyimbolkan masa pertumbuhan.
  • Elemen api menyimbolkan waktu untuk transformasi dan ekspansi yang penuh energi.
  • Elemen tanah, merupakan elemen yang damai, stabil, dan tenang.
  • Elemen logam menyimbolkan keberanian dan ketegasan. Kelima elemen tersebut.

Manfaat Feng Shui

source: giphy.com

Salah satu manfaat dari Feng Shui adalah dapat meningkatkan karir. Dalam Feng Shui, bagian utara rumah melambangkan karir pemiliknya. Bagian rumah tersebut harus bebas dari hal-hal negatif dan tidak boleh kurang ruang kosong. 

Nggak cuma itu, dalam Feng Shui, memiliki kamar tidur yang tenang, seperti memiliki tirai yang gelap dan dapat menutupi cahaya, juga dapat membantu kita untuk tidur nyenyak. Menurut Feng Shui, kamar yang memiliki dua meja nakas di sisi tempat tidur juga dapat mengembangkan hubungan karena memberikan ruang sendiri bagi pasangan.

Agar terlindungi dari hal-hal buruk, menurut Feng Shui, pintu masuk rumah harus berada di depan untuk masuknya energi. Pintu rumah harus terbuka ke arah dalam untuk mengundang energi Chi dan dapat terbuka dengan leluasa.

Feng Shui juga memiliki manfaat secara psikologis. Jika rumah kita memiliki tanaman dan memberi cat warna-warni dapat mengembangkan rasa self-satisfied, energi, dan lebih bermotivasi. Tanaman di rumah 

Tiongkok memang negara yang menarik untuk dipelajari, mulai dari budayanya, seperti Fengshui, hingga bahasa. Belajar pengucapan pinyin dan nada maupun penyebutan angka dalam bahasa Mandarin juga nggak kalah serunya lho. Dibanding penasaran, kamu bisa menambah pengetahuan kamu di Cakap lho. Yuk, langsung ikutan!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google