Cerita Danica: Belajar Bahasa Jepang Kejar Mimpi Karier Gemilang

student testimonial danica

Konnichiwa, Sobat Cakap! Siapa dulu yang masa kecilnya suka menonton Doraemon di televisi di minggu pagi atau membaca komik Inuyasha? Wah, media hiburan Jepang seperti manga, anime, dan J-Pop memang memiliki banyak penggemar di Indonesia sejak dulu. Dari media hiburan tersebut kita jadi bisa melihat sekilas bagaimana kehidupan sehari-hari di Jepang, dari segi pendidikan hingga karier. 

Banyak orang Indonesia yang bercita-cita untuk tinggal dan bekerja di Jepang. Kebanyakan dari mereka didasari oleh kecintaannya akan budaya Jepang, salah satunya adalah Sobat Cakap bernama Danica Vania Limawan. Simak ceritanya, yuk! 

Table of Contents

Masa Kecil bersama Manga dan Anime

Tidak dapat dipungkiri banyak dari kita yang sudah menyukai manga, anime, dan lagu-lagu Jepang sejak masih kecil. Nah, begitu juga dengan Danica! Danica mengungkapkan alasan mengapa ia memutuskan untuk mulai belajar bahasa Jepang. 

“Aku dari kecil suka baca manga, nonton anime, dan lagu-lagu Jepang. Tapi saat itu, aku cuma belajar basic-nya saja”, ungkap Danica. 

Selain kecintaannya akan media hiburan dan budaya Jepang, ternyata Danica juga punya alasan lain untuk memperdalam skill berbahasa Jepangnya, lho! 

Berencana Tinggal dan Bekerja di Jepang

Danica memiliki rencana untuk tinggal dan bekerja di Negeri Sakura! Baginya, belajar bahasa Jepang itu sangat penting untuk mendukung cita-citanya. 

“Belajar bahasa Jepang itu penting banget, soalnya aku mau tinggal dan kerja di sana. Bahasa Jepang bakal membantu aku untuk survive di sana,” ungkap Danica. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Karena alasan itu, Danica berencana untuk ikut tes JLPT N4 dan memutuskan untuk mencari informasi di internet. Danica menemukan website Cakap dan tes kecakapan bahasa Jepang yang ditawarkan Cakap. Didorong rasa penasaran, Danica mencoba Placement Test Cakap dan membuat keputusan untuk belajar bahasa Jepang bersama Cakap setelah berkonsultasi dengan Student Advisor Cakap. 

“Aku coba aja karena penasaran skill bahasa Jepangku sudah sejauh mana. Ternyata malah keterusan dan ikut tes speaking juga sama Jefri sensei. Aku jadi tahu kalau aku masih harus mengasah skill speaking-ku. Setelah ngobrol-ngobrol bareng Student Advisor, aku ngerasa program dan biaya yang ditawarkan Cakap itu good deal. Jadi, aku memutuskan untuk belajar bahasa Jepang di Cakap,” ungkap Danica. 

Punya Sensei Favorit di Cakap

Danica mengungkapkan bahwa cara mengajar sensei di Cakap membuatnya lebih mudah dalam mengasah kemampuannya dalam berbicara bahasa Jepang. Danica punya sensei favoritnya, lho! Siapa saja ya kira-kira?

“Saat ini, di level intermediate, aku punya 3 sensei favorit! Ika Sensei, Cahaya Sensei, dan Istiqamah Sensei,” ungkap Danica. 

Cara ajar sensei yang asyik membuat Danica menjadi makin semangat belajar dan makin cepat menunjukkan perkembangan. 

“Mereka nggak cuma mengajar dari materi saja, tapi kita juga banyak ngobrolin hal-hal lain yang berkaitan dengan Jepang seperti video game, dan kulturnya juga. Itu membuat aku menjadi makin confident sama kemampuan speaking-ku.” 

Selain itu, Danica juga mengungkapkan bagaimana sensei di Cakap juga mendukung dan mengerti goal miliknya, yaitu tinggal dan bekerja di Jepang

Sensei sangat mengerti dengan goal aku yang ingin ke Jepang. Sensei sering memberikan tips dan berbagai link website yang bisa memudahkan aku mencapai tujuanku. Arigatou, Sensei!”  ujar Danica. 

Bahasa Jepang itu Sulit dan Menantang, tapi…

Danica mengakui bahwa belajar bahasa Jepang itu sulit, dari huruf Kanji hingga grammar yang rumit. Tetapi menurutnya hal itulah yang harus dihadapi saat belajar bahasa asing. Danica berpegang teguh pada goal-nya dan terus belajar. Just because it’s hard, doesn’t mean it’s impossible!

Makin Gampang Belajar Bahasa Jepang, Daftar Cakap Sekarang!

“Meskipun belajar bahasa Jepang itu sulit, tapi aku punya goal dan aku berpegang teguh dengan goal yang kupunya,” ujarnya.  

Kesan Danica Terhadap Cakap

Danica mengungkapkan bahwa banyak kemajuan yang ia rasakan setelah mengambil kelas Bahasa Jepang di Cakap. Kemampuan berbahasa Jepangnya semakin meningkat dan ia makin percaya diri untuk berbicara menggunakan bahasa Jepang. 

I 100% recommend Cakap for everyone who wants to study Japanese. Sensei-nya baik and fun, jadi nggak perlu takut nervous di kelas private. Harganya juga sangat affordable!” ungkap Danica. 

Nah, demikianlah cerita Danica yang sedang mempersiapkan dirinya untuk terjun di dunia karier di Negeri Sakura. Ketertarikannya dengan budaya Jepang dan kegigihannya semakin mendorong Danica untuk terus belajar bahasa Jepang bersama Cakap. Nah, semoga cerita Danica bisa menginspirasi Sobat Cakap yang memiliki cita-cita yang sama untuk mulai belajar bahasa Jepang bersama Cakap! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup