21 Anime Tersedih dengan Pesan Moral Terbaik, Wajib Ditonton!

rekomendasi anime tersedih

Seperti orang kebanyakan yang mendapat dorongan dari berbagai perantara, adakalanya film dan buku buku bisa menjadi pilihan terbaik untuk membangun kembali motivasi yang runtuh. Ada banyak kisah anime tersedih yang bisa membuatmu kembali termotivasi.

Anime menjadi bayang-bayang yang digemari berbagai kalangan, tidak hanya remaja, orang dewasa pun kerap menjadikan anime sebagai sebuah tontonan. Banyak anime dengan kisah dan jalan ceritanya begitu pilu, namun dibalik kepiluannya itu terdapat pesan moral yang luar biasa, sehingga sangat direkomendasikan untuk ditonton saat sedang putus asa atau kehilangan semangat.

Berikut terangkum 21 rekomendasi anime tersedih yang bisa jadi tontonanmu ketika kurang motivasi. Sebab pesan moral dalam anime tersedih ini bisa membuatmu kembali bersemangat.

Daftar Rekomendasi Anime Tersedih

source: giphy.com

1. Hotaru No Haka

Rekomendasi anime tersedih yang pertama adalah Hotaru No Haka. Selain dari jalan ceritanya yang sedih, latar dari cerita ini juga sangat mendukung, yaitu bencana yang disebut perang. Perpaduan keduanya begitu cocok dengan tambahan cerita mengenai bagaimana mereka bertahan hidup saat di waktu yang sama mereka (Seita dan Setsuko) kehilangan anggota keluarganya.

Kedua kakak beradik tersebut kehilangan ibunya yang terbunuh saat perang. Mereka tinggal bersama bibinya yang jahat, sehingga mereka memutuskan untuk pergi dari rumah bibinya dan tinggal di banker. Kisah dua bersaudara ini dijamin membuatmu berurai air mata.

2. Orange

Film anime ini berkisahkan tentang tokoh Naho yang mendapatkan surat dari dirinya di masa depan. Surat itu berisi agar dirinya bisa menyelamatkan hidup teman baiknya yaitu Kakeru yang diprediksi akan meninggal karena bunuh diri.

3. AnoHana: The Flower We Saw That Day

Film ini bercerita tentang sebuah kelompok pertemanan yang saling berjauhan setelah salah satu dari anggota kelompok mereka meninggal, yaitu Menma. Suatu ketika hantu Menma mendatangi salah seorang dari kelompoknya yang bernama Jintan. Setelah itu Jintan dan anggota kelompok lain berkumpul kembali dengan tujuan untuk mengabulkan permintaan Menma agar ia bisa pergi ke dunia selanjutnya.

Tambah Skill Gratis di Cakap Upskill, Live di Aplikasi Cakap

4. Kimi no Na wa

Anime tersedih selanjutnya yang bisa membuatmu berderai air mata adalah Kimi no Na wa, atau dalam bahasa Inggris diberi judul “Your Name”. Film ini memiliki cerita yang tidak biasa, yaitu bercerita tentang dua orang asing yang saling bertukar tubuh. Lalu seiring berjalannya waktu yang mengiringi proses adaptasi, keduanya saling jatuh cinta, namun takdir berkata lain, mereka harus berpisah.

5. Plastic Memories

Berlatar tempat yang menunjukan kemajuan teknologi yang kecanggihannya sampai bisa mengambil peran manusia. Disebut gifta, gifta tersebut diberi nama Isla, suatu hari Isal bertemu dengan Mizugaki (yang merupakan manusia) keduanya saling jatuh cinta, namun ketika cinta itu mekar, mereka harus menyadari bahwa Isla adalah gifta (bukan manusia) yang punya batas waktu hidup.

6. The Wind Rises

The Wind Rises berlatarkan peperangan, tokohnya yang bernama Jiro berhasil mencapai impiannya, yaitu membuat pesawat terbang. Namun impiannya itu berubah menjadi suatu yang tragis ketika pasangannya menderita sakit berat dan pesawat yang dia rancang ternyata digunakan sebagai alat transportasi perang, yang tentunya merenggut banyak nyawa.

7. Whisper of the Heart

Film anime tahun 90 an ini tergolong ke dalam anime tersedih karena menceritakan bagaimana seorang gadis muda berusaha sangat keras untuk mewujudkan impiannya sebagai seorang penulis. Film ini menjadi motivasi bagi para pemimpi yang sedang berjuang untuk merealisasikan mimpinya.

8. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e atau Into the Forest of Fireflies’ Light menjadi daftar film anime tersedih selanjutnya. Film ini disajikan dengan dua sisi yang bertentangan dalam waktu bersamaan, yaitu tragis dan romantis. Bercerita mengenai romansa antara gadis bernama Hotaru yang tersesat di hutan yang menyeramkan, ia kemudian bertemu dengan roh bernama Gin, keduanya saling berbalas cinta. Namun, Gin yang merupakan roh, tidak bisa disentuh oleh manusia atau resikonya Gin akan hilang selamanya.

9. The Place Promised In Our Early Days

Seperti salah satu potongan judulnya, yaitu “Promised” film ini menceritakan kisah tiga orang sahabat yang berjanji akan melintasi perbatasan dengan pesawat yang mereka rangkai sendiri. Namun, janji dan mimpi itu harus tertunda karena salah satu dari mereka jatuh sakit.

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Cakap Club Gratis 14 Hari

10. A Silent Voice

Film ini bercerita tentang sebuah penyesalan yang dialami tokohnya, yaitu Shoya. Shoya memiliki penyesalan atas pembullyan yang ia lakukan kepada teman sekelasnya yang tuli. Dengan segenap hati, Shoya berusaha mendapatkan maaf dari temannya itu. Perjuangan Shoya dalam mendapatkan maaf akan mengajakmu bermain emosi yang membuat ikut bersedih.

11. Clanned; After Story 

Anime yang merupakan sequel dari Clanned ini menjadi salah satu anime tersedih yang mampu menguras air matamu. Film ini benar benar membuatmu belajar menghargai arti pentingnya sebuah keluarga dan hubungan hubungan yang ada di dalamnya. Kehidupan pasangan tokoh yang diceritakan begitu penuh dengan problema problema, lebih daripada itu mereka berusaha untuk mengatasi masalah masalah tersebut.

12. Wolf Children

Wolf Children atau dalam bahasa Jepang berjudul Ookammu Kodomo no Ame to Yuki. Hana jatuh cinta dengan teman sekelasnya yang ternyata bisa berubah menjadi serigala. Hana menikah dengannya dan memiliki dua orang anak yang bernama Yuki dan Ame. Selang beberapa waktu setelah anak bungsunya lahir, suami Hana meninggal dunia.

Para tetangganya menganggap bahwa mereka berbahaya, sehingga Hana dan kedua anaknya memutuskan untuk dipindah. Sejak saat itulah kesabaran Hana benar benar diuji.

13. Angel Beats

Anime tersedih selanjutnya adalah Angle Beats, Film yang berlatarkan sekolah yang dijadikan tempat bernaung bagi orang orang yang telah meninggal namun tidak bisa terlepas dari keterikatan dunia. Para roh tersebut tidak dapat hidup tenang dan terus mengalami kesedihan dan rasa sakit.

14. Shigatsu wa Kimi no Uso

Dalam bahasa Inggris diberi judul  Your Lie in April. Perpaduan kisah antara cinta dan music dipentaskan dalam film ini. Tokoh Kousei seorang pecinta music, terutama piano. Setelah kematian ibunya, Kousei menjadi trauma memainkan music. Baru setelah pertemuannya dengan seorang gadis pemain biola bernama Miyazona Kaori, perlahan ia mulai bermain music kembali.

15. Byouskou 5 Centimeter (5 Centimeter Per Secound)

Film anime tersedih selanjutnya adalah Byouskou 5 Cenitmeter yang mengisahkan dua orang sahabat yang terpisah dari kecil, mereka tetap berkomunikasi dengan saling bertukar pesan. Seiring waktu berjalan, jarak di antaranya pun makin melebar. Meski begitu, mereka berharap walau hanya satu kali, ingin bertemu lagi.

Psst, Ini Cara Mudah Nonton Anime tanpa Subtitle!

16. Ansatsu Kyoushitsu Season 2

Anime tersedih ini bercerita mengenai siswa yang terpinggirkan atau menjadi buangan di sekolah. Mereka melalui hari-hari dengan guru yang merupakan makhluk misterius. Mereka ditugaskan untuk membunuh guru guru tersebut.

Cerita berjalan hingga mencapai alur di mana ada sebuah organisasi yang menentang Tuhan yang menurut mereka Ia membuat takdir kehidupan yang tidak adil. Bermacam genre bisa kamu temukan di salah satu anime tersedih ini, yaitu genre fantasi, action, supernatural, dll.

17. Code Geass Lelouch Of the Rebellion

Tokoh dari film anime ini ialah Lelouch, ia merupakan pangeran Britania yang dibuang ke “Area 11” (nama tempat yang diberi nama saat Britannia mengalahkan Jepang). Lelouch dan adiknya dibuang dengan sebuah alasan, sejak saat itu ia bersumpah untuk menghancurkan Britannia. Sumpah dan dendamnya terlaksana. Namun, orang orang menganggap Lelouch sebagai seorang iblis.

18. Tokyo Magnitude

Berlatarkan bencana alam yang melanda Tokyo. Cerita dari anime tersedih ini berawal dari tokoh Mirai Onozawa yang muak dengan keadaan keluarganya, ia ingin semuanya hancur. Keinginanya menjadi kenyataan ketika Tokyo diguncang gempa bumi dengan kekuatan 8.0 magnitudo mengguncang Jepang. Tokoh Mirai dan adiknya terjebak dalam peristiwa gempa tersebut.

19. Perfect Blue

Dunia pertunjukan yang dianggap sebagai dunia penuh dengan gerlap gempita, ternyata menyimpan sisi gelap. Film ini menunjukkan sisa kelam dunia hiburan pertunjukan. Bercerita tentang tokoh seorang aktris yang dikuntit terus menerus oleh penggemarnya, hal tersebut membuat sang aktris hampir gila.

20. Sen to Chihiro no Kamikakushi

Film anime ini menceritakan tentang tokoh Chihiro yang pindah ke rumah dan lingkungan baru. Saat dalam perjalanan mereka menemukan sebuah terowongan yang di dalamnya terdapat tempat misterius tanpa penjaga. Perjuangan dan kisah tragis di sini dimulai ketika orang tua Chihiro berubah menjadi babi dan Chihiro pun berusaha menemukan cara untuk mengembalikan wujud kedua orang tuanya.

21. The Girl Who Leapt Through Time

Anime tersedih terakhir dalam artikel ini bercerita mengenai seorang remaja tanggung yang tiba tiba mendapatkan kelebihan baru pada dirinya berupa kemampuan menjelajah waktu. Keinginannya untuk mengubah dunia dengan kemampuan dan kekuatannya justru merugikan orang lain.

Banyak banget kan anime tersedih yang bisa dijadikan pilihan untuk ditonton? 21 anime tersedih di atas memiliki pesan moral yang berbeda beda, semuanya bisa diambil tergantung sudut pandangmu sebagai pemirsa.

Tertarik untuk belajar bahasa Jepang lebih dalam? Tenang, kamu tidak perlu repot repot mencari tempat belajar lagi, karena solusinya ada di Cakap! Kamu bisa tingkatkan kemampuan bahasa Jepangmu dengan mengikuti Kelas Bahasa Jepang Cakap. Segera daftarkan dirimu ya!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks