10 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu pilihan sekolah untuk pendidikan tingkat menengah atas di Indonesia. Lulusan SMK diharapkan langsung dapat langsung bekerja setelah lulus meskipun tidak melanjutkan kuliah. Salah satu jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan yaitu jurusan akuntansi. Lantas, lulusan SMK akuntansi bisa kerja apa saja, ya? Yuk, baca penjelasannya!

10 Prospek Kerja untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Bagi kamu yang merupakan lulusan SMK jurusan akuntansi, kamu bisa bekerja dengan menempati beberapa posisi berikut ini: 

1. Akuntan

Prospek kerja yang pertama adalah akuntan untuk berbagai lingkungan, seperti kantor akuntansi publik, perusahaan swasta, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba. Kamu dapat melakukan tugas seperti menyiapkan laporan keuangan, menjaga buku besar, dan menyiapkan pajak. 

2. Pencatat buku (Bookkeeper) 

Bookkeeper bertanggung jawab untuk merekam transaksi keuangan, menyelesaikan rekening, dan menyiapkan laporan keuangan. Pekerjaan ini juga masih terbuka untuk lulusan SMK jurusan akuntansi di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah tertentu meskipun tidak sebanyak akuntan. 

3. Staff Audit

Bekerja di bawah pengawasan auditor, kamu bertugas meninjau catatan keuangan dan mengidentifikasi perbedaan atau kesalahan. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi sehingga selain menguasai teorinya, kamu ketelatenanmu dalam bekerja sangat dibutuhkan untuk menjadi staff audit. 

4. Staff Pajak

Pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan Akuntansi selanjutnya adalah sebagai Staff Pajak. Tanggung jawab untuk posisi ini adalah membantu dalam penyusunan laporan pajak dan memberikan saran pajak. Biasanya kamu akan bekerja dengan bersama supervisor atau manajer yang akan memberikan arahan pekerjaan. 

5. Analis Keuangan

Analis keuangan bertanggung jawab untuk menganalisis data keuangan dan menciptakan model keuangan untuk membantu perusahaan mengambil keputusan strategis. Pekerjaan ini sifatnya menyeluruh dalam sebuah lembaga atau perusahaan sehingga kamu perlu merencanakan pengeluaran dan pemasukan setiap divisi. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

6. Analis Kredit

Posisi ini biasanya ada di perbankan karena berkaitan dengan pengajuan kredit nasabah. Kamu akan bertanggung jawab menganalisis risiko kredit dan memberikan rekomendasi untuk persetujuan pinjaman dari diajukan nasabah. Selain itu, kamu juga bertanggung jawab untuk membuat laporan dan menganalisis datanya. 

7. Teller Bank

Menjadi Teller Bank juga merupakan salah satu pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA jurusan akuntansi. Teller adalah bagian yang berhubungan langsung dengan nasabah di bank terkait pembayaran dan penerimaan tunai. Tugasmu termasuk menghitung dan memeriksa transaksi harian yang terjadi di counter money di bank. 

8. Kasir 

Memahami tentang keuangan, penghitungan, dan pembukuan, lulusan SMK jurusan Akuntansi juga dapat bekerja sebagai kasir. Baik di perusahaan distributor produk, swalayan, toko, maupun di perusahaan yang menawarkan jasa. Pekerjaan sebagai kasir masih cukup banyak sehingga peluangmu masih terbuka lebar untuk ini. 

9. Staff Pendukung Administrasi (Admin Support)

Staff Administrasi membantu dalam tugas administratif seperti data entry, penyimpanan dan pemeliharaan dokumen, dan jadwal janji. Pekerjaan ini juga akan cocok untuk kamu yang cekatan dan juga terampil dalam urusan administratif. Beberapa perusahaan membutuhkan posisi ini untuk mengelola kebutuhan kantor terutama dalam bidang administrasi. 

10. Wirausaha

Beberapa orang mungkin tidak cocok untuk bekerja dengan orang lain maupun menjadi karyawan yang bekerja untuk perusahaan. Jika kamu adalah salah satunya, kamu mungkin bisa menjadikan ilmu yang kamu miliki sebagai bekal untuk berwirausaha. Kamu bisa mulai dari bisnis sederhana seperti menjadi reseller atau dropshipper

Lihat panduan : Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta yang Wajib Kamu Tahu!

Nah, demikianlah jawaban untuk pertanyaan “lulusan SMA jurusan Akuntansi bisa kerja apa?” Apakah ada pekerjaan impianmu? Kalau kamu masi bingung apakah pekerjaan tersebut cocok denganmu, kamu bisa coba ikut tes kepribadian minat dan bakat agar kamu tidak salah pilih pekerjaan nantinya.

Kamu juga bisa menambah skill yang kamu miliki agar semakin kompetitif di dunia kerja. Ambil kursus di Cakap Upskill, yuk! Ada banyak kursus yang bisa kamu ambil dari berbagai bidang, lho. Yuk, daftar! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • akl.smkn1bawang.sch.id
  • sampoernauniversity.ac.id

Baca juga: 

 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.