17 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Wajib Dibeli

Oleh-Oleh Khas Jepang

Selain daya tarik wisata dan kulinernya, Jepang yang dijuluki sebagai “Negeri Matahari Terbit” juga memiliki berbagai jenis buah tangan yang unik. Sangat disayangkan jika selepas kegiatan wisata di Jepang pulang dengan tangan kosong. Memangnya oleh-oleh khas Jepang itu seperti apa sih? Simak ulasan berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Jepang

Camilan

Tokyo Banana

Boku-no-Hero-Academia source: giphy.com

Tokyo banana adalah kue bolu berbentuk pisang dengan tekstur lembut nan empuk yang di dalamnya berisikan krim pisang asli. Tersedia berbagai macam varian rasa, mulai dari original (krim pisang), cokelat, madu, hingga krim kacang almond. Sponge cake ini merupakan camilan paling laris manis di Jepang yang mesti kamu bawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Wagashi

Wagashi source: giphy.com

Wagashi, kue manis tradisional Jepang berbentuk unik yang biasa disajikan sebagai pendamping secangkir teh hijau. Wagashi sangat cocok dinikmati sebagai penetralisir rasa pahit yang ditimbulkan teh hijau dan memberikan sensasi rasa manis legit yang umai! Ditambah lagi kemasannya yang cantik dan elegan membuat Wagashi wajib masuk wishlist oleh-oleh khas Jepang yang harus kamu beli.

Nama Chocolate

Nama Chocolate source: giphy.com

Nama Chocolate adalah camilan cokelat yang legendaris di Jepang. Diproduksi oleh perusahaan Royce, Nama Chocolate terbuat dari 25% fresh cream yang bersumber dari peternakan sapi di Hokkaido. Nama Chocolate memiliki tekstur yang lembut dan seketika akan melumuri mulut saat digigit. Emmmm yakin nih enggak tergoda? 

Cigare au Chocolate

Cigare au Chocolate source: giphy.com

Snack berbentuk cerutu ini banyak diburu lho! Lembut dan manis, Cigare au Chocolate juga memberikan sensasi renyah di setiap gigitannya. Walau rentan hancur, pembeli tidak perlu khawatir karena Cigare au Chocolate dikemas menggunakan tin packaging. Sama seperti halnya wafer roll, oleh-oleh khas Jepang ini pas dinikmati sembari melengkapi kegiatan menonton tayangan televisi ataupun nge-youtube.

Boneka

Maneki Neko

Maneki Neko source: giphy.com

Diyakini sebagai simbol pembawa rezeki, Maneki Neko banyak diburu wisatawan karena bentuknya yang imut. Patung kucing ini biasa ditempatkan di toko-toko atau rumah makan Jepang dengan keyakinan membawa keberuntungan dalam hal pendapatan. Di sisi lain Maneki Neko menarik perhatian turis karena lucu dan menggemaskan hingga seringkali diminta banyak orang sebagai oleh-oleh.

Daruma

Maneki Neko source: giphy.com

Memiliki wajah yang cukup menyeramkan, Daruma merupakan salah satu souvenir favorit wisatawan asing. Boneka tradisional Jepang ini berwarna merah dan berbentuk bulat. Daruma bukanlah sembarang boneka, ketika didorong dan terjatuh boneka tersebut akan kembali tegak, melambangkan sikap pantang menyerah dan berusaha bangkit ketika mengalami kegagalan.

Kokeshi

Kokeshi source: giphy.com

Kokeshi adalah boneka tradisional khas Jepang yang terbuat dari kayu. Boneka ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibanding badannya, sehingga dilihat dari sudut manapun terlihat unik dan lucu. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk anak. Banyak juga yang sengaja membeli Kokeshi untuk sekadar koleksi pajangan di rumah.

Pernak-Pernik

Edo Kiriko

Edo Kiriko source: giphy.com

Edo Kiriko adalah kerajinan tradisional Jepang berupa cangkir yang dibuat dari lapisan kaca transparan warna-warni beragam motif hasil ukiran tangan. Hadirkan kesan mewah, pembuatan Edo Kiriko memerlukan teknik tingkat tinggi hingga ciptakan keindahan yang elegan, tak ayal harganya mahal. Oleh-oleh Jepang ini worth it bagi kamu yang mengidamkan perjamuan makan bernuansa glamor.

Kendama

Kendama source: giphy.com

Kendama adalah mainan klasik asal Jepang yang dapat melatih fokus dan kesabaran pemainnya. Memang terlihat sederhana, namun mainan yang berbahan dasar dari kayu ini cukup sulit dimainkan. Membutuhkan trik tertentu agar bola dapat masuk ke ujung tangkai. Boleh nih jadi oleh-oleh, siapa tau lagi suntuk di rumah mainin Kendama auto seger dan fokus lagi.

Furoshiki

Furoshiki source: giphy.com

Furoshiki lazim digunakan orang Jepang untuk membungkus kotak bekal atau bento yang mereka bawa. Kain yang terbuat dari berbagai jenis bahan dan motif ini juga bisa dijadikan sebagai pembungkus kado atau hadiah. Menjadi daya tarik tersendiri ketika oleh-oleh khas Jepang yang dibalut Furoshiki diperuntukkan bagi orang spesial.

Topeng Kabuki

Topeng Kabuki source: giphy.com

Topeng Kabuki adalah topeng yang digunakan dalam tarian pada pertunjukan teater di Jepang. Selintas desain topeng ini terlihat keren dan cocok untuk dipakai sebagai aksesoris ketika hendak berfoto. Topeng ini juga bisa sekedar menjadi barang koleksi, ataupun digunakan saat menghadiri perayaan festival budaya Jepang.

Pakaian dan Aksesoris

Yukata

Yukata source: giphy.com

Yukata, jenis Kimono yang bersifat informal namun begitu populer di Jepang. Digunakan pada saat musim panas saja, mengingat bahannya terbuat dari kain katun tipis. Maka dari itu Yukata seringkali dipakai setelah berendam air panas, agar angin menembus celah-celah serat kain sehingga menyejukkan badan. Dari segi estetika pakaian ini dapat membuat pemakainya terlihat cantik dan anggun.

Wagasa

Wagasa source: giphy.com

Payung tradisional Jepang atau biasa disebut Wagasa, merupakan payung populer karena look-nya yang menarik dan fashionable. Wagasa terbuat dari bambu dan washi (kertas Jepang). Selain digunakan untuk berlindung dari sinar matahari dan hujan, payung ini juga berfungsi sebagai aksesoris gaya yang matching dipadukan dengan Kimono. 

Geta

Geta source: giphy.com

Lengkap sudah jika kamu membeli alas kaki khas Jepang ini, auto jadi Nihonjin desu. Geta biasanya dipakai ketika sedang mengenakan Yukata guna meninggikan badan dan menghindari Yukata agar tidak tersentuh tanah. Ditambah lagi Wagasa yang dapat melengkapi keperluan fashion tradisional Jepang. Meski fungsi utama Geta adalah untuk menjaga kaki agar kaki tetap kering dalam segala kondisi. 

Kanzashi

Kanzashi source: giphy.com

Kanzashi adalah aksesoris yang digunakan untuk menata rambut ala tradisional Jepang. Sering dipakai oleh para pengantin tradisional Jepang dan pemakai Kimono profesional seperti Geisha. Penggunaan Kanzashi memberikan kesan formal nan elegan pada wajah dan penampilan pemakainya. Pilihan yang tepat membawa pulang oleh-oleh khas Jepang ini sebagai souvenir pita rambut.

Sensu

Sensu source: giphy.com

Fungsinya sama-sama untuk menghasilkan angin, namun kipas tradisional Jepang ini punya tata cara pengerjaan khusus. Sensu menitikberatkan pada penggunaan rangka bambu tebal dan lukisan yang indah sehingga dapat menciptakan kualitas kipas terbaik dengan kesan estetis. Di Jepang sendiri terdapat seni pertunjukan tradisional yang melibatkan Sensu sebagai properti yang sarat makna.

Tenugui

Tenugui source: giphy.com

Tenugui, handuk tradisional Jepang multifungsi yang terbuat dari kain katun dan berbentuk persegi panjang dengan beragam motif unik. Handuk kecil ini biasa dipakai untuk mengelap tangan atau tubuh serta mengusap keringat. Di situasi tertentu Tenugui juga punya banyak kegunaan, seperti menjadi syal saat di musim dingin hingga penutup kepala kala diterpa teriknya sinar matahari

Itulah beragam oleh-oleh khas Jepang yang wajib dibeli. Buat kamu yang lagi liburan di Jepang jangan sampe kelupaan beli oleh-olehnya ya! Kalo yang baru sekedar rencana mending ikut kelas bahasa Jepang dulu, minimal bisa paham dasar percakapan bahasa Jepang. Biar gak kerepotan nanti berbaur disana dan gampang cari oleh-olehnya. Eittss, bukan cuma perkara bahasa, tentunya kamu juga harus tau cara mengurus visa jepang.

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google