Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!

Taipei ibukota dari Taiwan yang dikenal sebagai tempat di mana peleburan masakan terjadi. Di mana makanan seperti hidangan vegetarian Nepal hingga burger dan kentang goring dapat kamu temukan dengan mudah di jalan-jalan kota ini. Selain itu, Taipei juga merupakan salah satu dari kota terbaik untuk belajar bahasa Mandarin. Melatih kemampuan bahasa Mandarin di Taipei sambil mencari makanan kesukaanmu merupakan pengalaman seru yang tak akan terlupakan. Berikut adalah 5 jajanan kota Taipei yang wajib kamu cicipi!

Gua Bao

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!
sumber: gingerandcilantro.com

Gua bao (Hanzi tradisional: 割 包; Hanzi disederhanakan: 刈包; pinyin: guābāo) adalah makanan jalanan yang populer di Taiwan. Terdiri dari sepotong daging rebus dan bumbu lainnya, lalu diapit di antara roti kukus yang dikenal sebagai roti daun teratai (he ye bing). Roti daun teratai ini biasanya berukuran 6-8 sentimeter, berbentuk setengah lingkaran dan datar, dengan lipatan horizontal untuk memasukan isisan. Isian tradisional untuk gua bao adalah irisan daging perut babi yang dimasak merah, biasanya ditambah dengan suan cai goreng, ketumbar, dan kacang tanah.

Pig’s blood cake

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!
sumber: taiwannews.com.tw

Kue darah babi (豬血 糕—zhū xiě gāo) adalah makanan jalanan atau jajanan yang dibuat dengan darah babi, ketan, dan kaldu kedelai. Makanan ini bisa digoreng atau dikukus dan bisa dilapisi tepung kacang. Kue darah babi datang dari Fujian ke Taiwan dan kemudian berkembang di sana. Makanan ini disajikan panas oleh pedagang kaki lima yang menjaganya tetap hangat dalam kotak kayu atau pengukus logam.

Baca Juga

Oyster omelette

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!
sumber: keeprecipes.com

Omelet tiram (蚵仔煎—ô-á-chian) adalah hidangan asal Tiochiu yang dikenal luas karena rasa gurihnya. Makanan ini juga terkenal di berbagai negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia. Omelet tiram adalah jajanan pasar malam favorit di Taiwan dan selalu dicari oleh para turis karena dianggap sebagai makanan yang sangat mendeskripsikan “jajanan, harga murah dan porsi yang banyak.

Stinky tofu

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!
sumber: tripadvisor.com/

Tahu busuk (臭豆腐—chòudòufu) adalah tahu fermentasi Cina yang memiliki bau yang kuat. Biasanya dijual di pasar malam atau dudukan pinggir jalan sebagai camilan, atau di bar makan siang sebagai lauk dan bukan di restoran. Tidak seperti keju, fermentasi tahu busuk tidak memiliki formula tetap untuk bakteri pemula; variasi regional dan individu yang luas ada dalam pembuatan dan persiapan.

Metode tradisional untuk menghasilkan tahu busuk adalah dengan menyiapkan air garam yang terbuat dari susu fermentasi, sayuran, dan daging; air garam juga dapat mencakup udang kering, sayuran bayam, sawi, rebung, dan ramuan Cina. Fermentasi air garam dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Pabrik modern sering menggunakan metode yang lebih cepat untuk memproduksi tahu busuk secara massal. Tahu segar direndam dalam air garam yang disiapkan hanya untuk satu atau dua hari, terutama untuk keperluan memasak, digoreng, atau direbus. Proses ini hanya menambah bau pada tahu yang diasinkan daripada membiarkannya berfermentasi sepenuhnya.

Baca Juga

Taiwanese fried chicken

Kamu Wajib Coba 5 Jajanan Khas Kota Taiwan Berikut!
sumber: allrecipes.com

Ayam goreng Taiwan (鹹 酥 雞—xiánsūjī) adalah hidangan dalam masakan Taiwan yang umumnya ditemukan sebagai makanan ringan jalanan dan sangat sering ditemukan di pasar malam Taiwan. Hidangan ini terdiri dari potongan-potongan ayam seukuran gigitan, dilapisi dan digoreng dengan tepung dan campuran bumbu.

Garam dan lada adalah bumbu pokok, sedangkan bubuk cabai dan daun basil yang digoreng ditambahkan sebagai preferensi. Sejak pembuatannya, hidangan ini telah menjadi makanan cepat saji yang populer di negara-negara lain di Asia serta di antara populasi imigran Asia di luar negeri.

Sekarang kamu sudah tahu makanan apa saja yang wajib dicicpi ketika berwisata atau bersekolah di Taiwan. Jangan pula untuk melatih kemampuan bahasa Mandarin agar kamu dapat berbincang atau bahkan menawar pada penjual makanan. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Mandarin online di Cakap dan mengikuti forum diskusi bahasa Mandarin online di Cakap Live.

Yuk, Gabung Cakap Live. Download Aplikasi Cakap Sekarang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google