Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!

Banyak yang menjanjikan agar kamu cakap berbahasa Mandarin dalam waktu singkat tapi kamu belum tentu memiliki waktu dan tenaga untuk ke tempat kursus bahasa Mandarin. Banyak yang sudah pergi ke tempat kursus sekian lama namun tidak kunjung bisa bahasa Mandarin. Lalu, bagaimana dengan yang tanpa keluar rumah? Bisa, caranya adalah dengan kursus bahasa Mandarin online.

Kamu akan belajar bahasa Mandarin langsung dari gawai yang kamu miliki seperti laptop, tablet, atau ponsel pintar. Kamu juga akan dibimbing oleh tim pengajar yang disediakan. Belajar bahasa asing tidak ada yang mudah sehingga di sini kamu tertantang untuk selalu disiplin dan bisa untuk membuat semuanya lebih menyenangkan untukmu. Berikut cara agar kamu bisa lancar bahasa Mandarin tanpa keluar rumah:

Tentukan Prioritas

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumber: giphy

Mengapa kamu ingin bisa bahasa Mandarin? Untuk apa kamu belajar bahasa Mandarin? Kedua pertanyaan tersebut harus kamu ketahui jawabannya agar kamu bisa menentukan prioritas dalam belajar. Bila kamu ingin menguasai percakapan bahasa Mandarin agar kamu dapat berbicang dengan leluasa dalam bahasa Mandarin, materi percakapanlah yang menjadi prioritas. Atau, kamu ingin belajar kaligrafi sehingga tulisanlah yang menjadi prioritas.

Tentukan prioritas belajarmu agak kamu pun tidak merasa kewalahan. Pelajari satu persatu secara perlahan. Tujuannya agar kamu tidak merasa terlalu bingung dan kamu pun tau apa yang harus dilatih terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk belajar bahasa Mandarin, pikirkan dahulu tujuanmu dan apa yang akan kamu dapatkan setelah kamu menguasai bahasa tersebut.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumber: giphy

Setelah kamu memnentukan apa yang menjadi prioritas, seperti misalnya memutuskan untuk memfokuskan diri untuk mempelajari tata bahasa atau memperkaya kosakata yang dimiliki. Kamu pun harus menentukan kegiatan belajar bahasa Mandarin yeng agak dikesampingkan karena bukan merupakan prioritas atau karena tingkat kesulitannya belum bisa kamu capai.

Misalnya bila menurutmu menonton film berbahasa Mandarin masih terlalu sulit untuk dipahami, jangan paksakan diri untuk menonton. Pilih aktivitas belajar lain yang menurutmu masih mungkin untuk dilakukan seperti melanjutkan belajar bahasa Mandarin online atau membaca buku berbahasa Mandarin.

Bila kamu memaksakan diri untuk melakukan hal yang bukan menjadi prioritas, ini hanya akan menghambat pembelajaran karena kamu akan merasa kewalahan. Tidak apa untuk belajar sedikit demi sedikit asalkan kamu paham.

Baca Juga: Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin

Pilih Materi Belajar

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumber: giphy

Salah satu kelebihan belajar bahasa Mandarin di rumah adalah kamu bisa memilih materi yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Kamu tinggal mengunduh materi dari internet dan sudah bisa mulai belajar. Namun kamu harus hati-hati karena materi yang kamu unduh harus benar-benar sesuai dengan kemampuanmu.

Memilih sendiri materi yang ingin dipelajari mungkin agak sulit karena kamu bisa saja berpindah ke materi yang lain padahal materi yang sebelumnya masih belum dikuasai dengan baik. Jika kamu bukanlah orang yang memiliki kedisiplinan tinggi dan cukup baik untuk mengorganisir materi, kursus bahasa Mandarin online bisa menjadi solusi.

Materi akan disediakan oleh tim penyedia jasa atau pengajar. Kamu pun memiliki durasi belajar yang pasti dan kurikulum yang lebih terjamin. Bahkan di beberapa penyedia paket kursus bahasa Mandarin online seperti Cakap, kamu akan diberikan buku elektronik untuk materi sehingga akan lebih mudah untuk dipelajari.

Pilih Waktu Belajar

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumber: giphy

Belajar bahasa Mandarin membutuhkan waktu. Namun kebanyakan orang hanya semangat di awal lalu loyo di akhir. Kamu jangan sampai seperti itu. Belajar bahasa Mandari dengan waktu yang pasti dan berulang dengan durasi yang sama. Kamu bisa melakukannya setiap hari, semingu tiga kali, atau seminggu sekali, sesuaikan dengan jadwal dan kemampuanmu. Ingat, jangan memaksakan diri. Kalau setiap hari terlalu berat bagimu, lakukan dengan pilihan lainnya.

Jangan sampai kamu berhenti belajar karena kamu merasa kewalahan dan terlalu lelah. Jangan sampai kamu semangat di awal lalu loyo di akhir, kamu harus berusaha untuk selalu semangat. Belajarlah di jam dan lokasi yang sama, dengan durasi yang sama pula. Ini akan membuat belajar bahasa Mandarin menjadi sebuah kebiasaan. Jika kamu sudah terbiasa, kamu akan semangat terus tanpa menjadi loyo.

Waktu Belajar Tambahan

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumgber: giphy

Waktu belajar yang dimiliki kadang terasa kurang walau sudah dijadwalkan dan waktu belajar tambahan menjadi dibutuhkan. Lalu, kalau kamu sibuk, kapan belajar tambahannya? Sebenarnya kamu memiliki waktu liang yang tidak kamu sadari. Misalnya, ketika macet, menunggu kendaraan umum, di kamar mandi, atau ketika menunggu seseorang. Gunakan waktu tersebut untuk membaca buku bahasa Mandarin atau mendengarkan podcast bahasa Mandarin. Bisa juga kamu mempergunakan waktu tersebut untuk menonton video singkat belajar bahasa Mandarin.

Jika hal tersebut terlalu “makan kuota” bagi kamu, kamu bisa membuat flashcard dan membacanya di waktu luangmu. Cukup sediakan kertas yang agak tebal seukuran kartu, tulis ringkasan materi atau kosakata dan artinya. Dalam proses pembuatan, kamu secara tidak langsung sudah belajar dan di tambah lagi kamu akan membaca flashcard tersebut.

Jadikan Bahasa Mandarin Bagian dari Hidupmu

Bisa Lancar Bahasa Mandarin Tanpa Keluar Rumah Itu Mungkin!
sumber: giphy

Jadikan bahasa Mandarin sebagai bagian dari hidupmu. Biasakan diri untuk selalu belahar dan berlatih, jangan lupa untuk menggunakan bahasa Mandarin. Kamu bisa main ke daerah Pecinan dan berbincang dengan penduduk di sana dalam bahasa Mandarin atau mencari teman online yang cakap berbahasa Mandarin. Beranikan diri untuk berbicara. Soal tata bahasa, itu akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu, perlahan kamu akan memahami dan dapat menggunakan hukum tata bahasa yang baik dan benar.

Belajar itu membutuhkan proses. Jangan terlalu buru-buru dan nikmati perjalanan belajar bahasa Mandarinmu. Nanti, ketika kamu ingat-ingat dan membandingkan diri ketika pertama belajar dan ketika sudah sekian bulan atau bahkan tahun belajar bahasa Mandarin, kamu akan terkejut dengan sejauh mana kamu sudah melangkah.

Itu dia cara agar kamu bisa belajar bahasa Mandarin tanpa harus keluar rumah. Perlu kamu pahami bahwa belajar bahasa asing membutuhkan sebuah komitmen dan kedisiplinan tinggi untuk mencapai tingkat fasih. Di satu sisi, mungkin kamu akan merasa lelah, tidak sekali, mungkin lebih. Tidak apa bila kamu merasa butuh istirahat asalkan kamu kembali belajar setelah itu. Selalu ingat alasan mengapakamu belajar bahasa Mandarin dan apa yang akan kamu dapatkan ketika kamu fasih berbahasa Mandarin.

Jangan membiasakan diri untuk menunda waktu belajar karena itu hanya akan membuatmu semakin malas dan pada akhirnya kamu akan menyerah untuk belajar. Alasan dari menunda belajar adalah karena kamu tidak menikmati proses belajar dan belajar membuatmu merasa kewalahan. Maka dari itu buatlah waktu belajar menjadi semenyenangkan mungkin dan atur materi yang harus dipelajari agar kamu tidak kewalahan.

Berhenti membuat alasan untuk berhenti dan teruslah belajar. Kamu pasti bisa!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google