Crew Outlet: Tugas, Kisaran Gaji, dan Skill yang Dibutuhkan

Crew outlet adalah pekerjaan yang pasti akan kamu temui saat sedang berada di sebuah toko. Ya, crew outlet merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap semua produk di toko atau supermarket. Selain itu, mereka juga bertugas melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan.

Pekerjaan ini tidak bisa disepelekan, lho. Pasalnya, prospek karir crew outlet termasuk tinggi. Tak jarang suatu toko melakukan ekspansi atau untuk memperluas pasar dan memperbanyak cabang. Nah, dalam hal ini tentu crew outlet menjadi hal pertama yang dibutuhkan.

Tak menutup kemungkinan crew outlet berkesempatan untuk naik pangkat, menjadi manajer toko misalnya. Pekerjaan ini juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lika-liku pekerjaan crew outlet, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Crew Outlet?

Crew outlet adalah orang yang tugasnya melayani pelanggan dan menjaga outlet. Kata outlet sendiri merupakan kosa kata bahasa Inggris dan memiliki banyak arti. Namun yang dimaksud disini adalah toko yang berarti kantor atau tempat dimana produk tersebut dipasarkan.

Tahukah kamu apa perbedaan outlet dan toko? Toko biasanya menjual berbagai jenis barang dalam satu toko. Sementara, outlet biasanya menjual satu jenis barang saja. Pada umumnya, outlet menjadi sumber distribusi resmi dari merek tertentu, sehingga tidak heran jika harga barang yang dijual di toko jenis ini biasanya lebih mahal.

Perlu diketahui bahwa attitude merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh seorang crew outlet, mengingat setiap harinya mereka akan bertemu dengan konsumen dan memastikan konsumen puasa dengan pelayanan outlet tersebut.

Tugas Crew Outlet

Freepik

Crew outlet memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab crew outlet:

1. Melayani Konsumen

Tugas utama crew outlet adalah menyediakan layanan pelanggan yang lengkap. Dalam hal ini mereka harus menciptakan komunikasi yang baik dengan konsumen agar calon konsumen tertarik untuk membeli barang dari outlet tersebut, tak terkecuali jika itu konsumen lama, justru tugas mereka adalah mempertahankan konsumen tersebut. 

Lalu bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik? Misalnya, membantu konsumen memilih produk dengan senyuman, membantu konsumen menentukan produk yang diinginkan, menanggapi keluhan konsumen dengan benar dan disertai solusi.

2. Menjaga Outlet

Tugas lain dari crew outlet adalah melindungi outlet dari hal-hal yang tidak terduga, baik itu pencurian, kebakaran atau yang lainnya. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab atas penataan barang dan kebersihan toko. Hal ini dikarenakan kebersihan toko juga menjadi kunci untuk membangkitkan minat berkunjung konsumen.

3. Mencatat Produk yang Keluar Masuk Outlet

Sebagai penjaga toko, tugas crew outlet adalah mencatat barang yang sudah sampai atau terjual di toko. Crew outlet harus mencatat setiap transaksi yang masuk, baik itu hasil penjualan maupun pembelian kebutuhan outlet dan membuat laporan harian serta bulanan. 

Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada barang yang hilang, salah perhitungan, dan lain-lain. Proses ini juga memudahkan tim akuntansi untuk melaporkan penjualan bulanan.

4. Memasarkan Produk

Perusahaan seringkali menawarkan potongan harga dan program pemasaran tertentu kepada konsumen. Di sini, crew outlet juga berperan untuk menawarkan produk terbaru atau yang sedang promo, menempatkan berbagai materi promosi di toko, membagikan brosur kepada konsumen dan tentunya menjelaskan tentang produk kepada konsumen dengan baik dan benar.

Syarat Menjadi Crew Outlet

Beberapa hal yang biasanya dibutuhkan seseorang untuk menjadi crew outlet.m adalah sebagai berikut:

  • Berpenampilan menarik
  • Keterampilan komunikasi 
  • Teliti 
  • Jujur 
  • Disiplin 
  • Tanggung jawab total 
  • Loyalitas yang tak tergoyahkan dalam bekerja. 

Pada umumnya persyaratan menjadi crew outlet tidak sulit. Namun, biasanya kualifikasi crew outlet minimal lulusan SMA/SMK. Crew outlet adalah pekerjaan yang ringan dan tidak membutuhkan kemampuan khusus. Sehingga jenis pekerjaan ini bisa kamu jadikan pengalaman kerja. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan lebih mengenal dunia kerja.

Baca juga : 10 Pekerjaan untuk Lulusan SMA Terbaik dengan Gaji Besar

Skill yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Crew Outlet

Freepik

Meski tidak memerlukan kemampuan khusus, setidaknya kamu perlu memahami beberapa hal berikut ini untuk menjadi seorang crew outlet.

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Salah satu tugas crew outlet adalah berkomunikasi dengan konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Dengan begitu, konsumen tertarik untuk membeli barang yang akan dijual. 

Dalam hal ini, mereka juga perlu mengetahui detail dari setiap produk yang mereka jual untuk membantu konsumen dalam memilih produk.

2. Berpenampilan Menarik

Crew outlet diharuskan terlihat menarik agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Apalagi jika produk tersebut berhubungan dengan kecantikan atau kesehatan.

3. Memahami Pembukuan Dasar

Pembukuan sederhana juga wajib dikuasai oleh crew outlet. Setidaknya kamu harus bisa mencatat setiap transaksi di toko sehingga bisa mencatat barang yang terjual dengan baik. Apabila target penjualan tercapai, tak jarang crew outlet mendapatkan bonus. Lumayan, bukan?

4. Menjaga Kualitas Produk

Toko tidak hanya menjual pakaian atau kosmetik, bisa juga menjual makanan layaknya restoran, khususnya restoran dengan sistem waralaba. Jika bekerja di outlet jenis ini mau tidak mau harus menjaga kualitas produk agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, biasanya mereka harus menjalani beberapa minggu pelatihan sebelum benar-benar masuk kerja.

Kisaran Gaji Crew Outlet

Crew outlet junior biasanya dibayar sesuai UMR kota di mana outlet tersebut berada. Namun, gaji rata-rata crew outlet adalah sekitar Rp 1.00.000- 4.000.000. Selain gaji pokok bulanan, kamu biasanya menerima seragam, gaji lembur, liburan, asuransi, dan tunjangan atau bonus.

Crew outlet juga dapat bekerja sebagai part timer, di mana sistem gajinya dihitung berdasarkan kehadiran. Penggajian bisa dilakukan mingguan atau bulanan, seperti sistem penggajian pada umumnya.

Tentu saja, nominal gaji pekerja part time dan full time berbeda, gaji part time yakni sekitar Rp 700.000 – Rp 1.500.000 per bulan. 

Baca juga : Contoh Kerja Part Time serta Keuntungan & Surat Lamaran yang Benar

Tenang saja, posisi crew outlet memiliki jenjang karir yang pasti, lho. Jika kamu memiliki pengalaman dan keterampilan yang relevan, bukan tidak mungkin untuk dipromosikan menjadi asisten manajer atau manajer toko hingga kepala toko.

Sekian penjelasan mengenai apa itu crew outlet, termasuk tugas, persyaratan, kemampuan yang dibutuhkan, hingga berapa kisaran gaji crew outlet. Lowongan crew outlet kini cukup mudah untuk ditemukan. Jika kamu tertarik bekerja di bidang ini, jangan lupa memperhatikan hal-hal di atas, ya!

Salah satu tugas dan tanggung jawab crew outlet adalah melayani konsumen dengan baik. Lantas, bagaimana sih cara melayani pelanggan secara tepat? Yuk ikuti kursus online dengan topik Melayani Pelanggan dengan Excellence di Cakap Upskill. Cek jadwalnya dan daftarkan dirimu sekarang!

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap