Contoh Daftar Riwayat Hidup bagi yang Belum Pernah Bekerja & Cara Membuat

contoh-daftar-riwayat-hidup-bagi-yang-belum-pernah-bekerja

Daftar riwayat hidup adalah salah satu data atau dokumen yang biasanya dibutuhkan saat akan menyusun persiapan lamaran kerja. Meskipun terkesan cukup ringkas dan sederhana, namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membuatnya dan apa saja informasi yang harus tertera di dalamnya? Jika ini kali pertamamu dalam membuat daftar riwayat hidup, maka kamu perlu melihat dan mempelajari beberapa contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja.

Yuk, kupas selengkapnya tentang apa itu daftar riwayat hidup, bagaimana cara mengisinya, dan contoh tepatnya! 

Table of Contents

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup adalah sebuah draft yang berisi tentang informasi data diri lengkap dengan riwayat pendidikan dan pengalaman yang dimiliki. Biasanya dokumen ini dilampirkan bersama surat lamaran kerja. Masyarakat luas dan modern saat ini mengenal daftar riwayat hidup dengan sebutan CV. 

Pastikan informasi yang kamu lampirkan dalam daftar riwayat hidup lengkap dan jelas, agar dapat menarik kesan pertama yang baik pada para HRD. 

Kamu bisa membuat daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan maupun tulisan ketik. Jika kamu ingin membuat daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan, pastikan tulisanmu rapi dan kertas yang digunakan bersih dari coretan.

Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup

Meskipun sering disamakan dan dikenal dengan nama CV atau Curriculum Vitae, ternyata ada perbedaan antara CV dan daftar riwayat hidup, lho. 

CV merupakan dokumen yang berisi informasi lebih lengkap dan ditulis secara terperinci, baik dalam jangkaun data pribadi, pengalaman kerja, prestasi, skill, dan lainnya. Sedangkan daftar riwayat hidup lebih terfokus pada autobiografi singkat dan riwayat pelamar kerja/seseorang.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Bagaimana cara mengisi daftar riwayat hidup jika belum pernah bekerja? Tenang, ada cara untuk mengakalinya. Berikut beberapa tips dan cara mengisi daftar hidup. Kamu bisa memilih dan memilah mana yang paling sesuai dengan riwayat hidup yang kamu miliki.

1. Tulis Identitas Diri dengan Benar

Poin utama cara mengisi daftar riwayat hidup jika belum pernah bekerja adalah menonjolkan pada identitas dan kualitas diri. Pada bagian ini, kamu dapat mencantumkan nama, alamat, tanggal lahir, umur, status, agama, nomor telepon, dan alamat surat elektronik.

Jangan lupa, pasang juga pas foto dengan ukuran sedang agar para perekrut dapat mengenalimu dengan lebih baik. 

2. Masukkan Riwayat Pendidikan

Kamu bisa menyusun riwayat pendidikan dari jenjang paling rendah ke jenjang paling tinggi, atau sebaliknya. Tidak perlu ditulis lengkap semuanya, cukup cantumkan 2-3 riwayat pendidikan terakhir. Bubuhkan juga nilai atau IPK yang kamu dapatkan. Jika nilai/IPK kamu bagus, tentu akan menjadi poin plus.

3. Paparkan Pengalaman dan Keahlian yang Dimiliki

Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, wajib hukumnya untuk mencantumkan pengalamanmu ke dalam daftar riwayat hidup. Hal ini bisa menjadi pertimbangan utama para perekrut, terlebih jika pengalaman yang kamu miliki, sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar sekarang. Agar lebih detail, kamu bisa menambahkan bulan/tahun awal dan & akhir bekerja.

Nah, bagi kamu yang sama sekali belum pernah memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menjual skill dan keahlian yang dimiliki. Atau kamu juga bisa menambahkan pengalaman organisasi yang kamu ikuti selama sekolah atau kuliah.

4. Prestasi Akademik & Non Akademik

Menuliskan prestasi akademik dan non akademik menjadi salah satu tips dan cara mengisi daftar riwayat hidup jika belum pernah bekerja. Kamu bisa memasukkan prestasi yang didapat dalam kancah kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.

5. Bubuhkan Tanda Tangan

Meskipun terlihat sepele, namun poin ini cukup krusial, lho. Membubuhkan tanda tangan berarti menunjukkan bahwa kamu siap dan bertanggung jawab sepenuhnya dengan apa yang kamu tulis.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Meskipun terlihat mudah untuk dibuat, namun jangan sampai kamu asal dan sembarang dalam membuat daftar riwayat hidup. Lalu, bagaimana cara membuat contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja atau pun yang sudah pernah bekerja sebelumnya? Check this out!

1. Buat Rancangan atau Konsep

Sebelum membuat versi asli dari daftar riwayat hidup, cobalah untuk membuat rangkaian atau drafnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko dan menghindari kesalahan tulis selama proses pembuatan daftar riwayat hidup. 

Jika kamu ingin menulis daftar riwayat hidup secara tulis tangan, maka kamu juga perlu menyiapkan kertas dan alat tulis, serta carilah dahulu contoh daftar riwayat hidup tulis tangan bagi yang belum pernah bekerja atau sudah pernah bekerja.

2. Buat Secara Ringkas

Yap! Buat secara ringkas dan jangan bertele-tele. Semakin berbelit-belit, maka akan semakin rumit untuk dibaca. Buatlah daftar riwayat hidup dengan ringkas, namun memuat informasi yang penting dan terperinci.

3. Informasi Ditulis Secara Runut

Dalam membuat daftar riwayat hidup, tulislah informasi secara runut, jangan acak. Strukturnya bisa dimulai dari informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman, skill, dan prestasi (bila ada).

4. Buat Kalimat Penutup yang Meyakinkan

Sebagai penutup, kamu bisa mencantumkan kalimat-kalimat yang meyakinkan perekrut bahwa data dalam daftar riwayat hidupmu ditulis dengan sebenar-benarnya. Bila perlu, cari diksi yang semenarik mungkin.

Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja

Agar kamu memiliki gambaran yang lebih jelas tentang daftar riwayat hidup, yuk lihat contoh-contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja dan yang sudah pernah bekerja berikut ini.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

                                        DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sabda Langit Mahesa

Tempat, Tanggal Lahir : Blora, 20 April 1996

Alamat : Jl. Kebagusan 2, Blora

Umur : 25 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Status : Belum Kawin

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Nomor Handphone : 087987****

Alamat Email : sabdalangit20@gmail.com

                                           RIWAYAT PENDIDIKAN

SMA Tanjung Pinang (2012-2015)
Universitas Kebangkitan Bangsa (2015-2019)

                                        PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua Osis SMA Tanjung Pinang 2013-2014
Anggota BEM Universitas Kebangkitan Bansa 2016-2018

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya

                                                                                                  Hormat Saya

 

                                                                                         Sabda Langit Mahesa
                                                                                                        (ttd)

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Sudah Pernah Bekerja

                                            DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Clarisa Alam Cempaka

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 20 Februari 1992

Alamat : Jl. Buah Batu, Bandung

Umur : 30 tahun

Jenis Kelamin : Perempuan

Status : Kawin

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Nomor Handphone : 087987****

Alamat Email : clarisaalam20@gmail.com

 

                                                      PENDIDIKAN

(2007-2010) SMA Buah Batu 
(2010-2014) Universitas Padjadjaran 

 

                                        PENGALAMAN ORGANISASI

(2008-2009) Anggota Osis SMA Buah Batu 
(2011-2012) Ketua Komunitas Literasi Jabar 

 

                                               PENGALAMAN KERJA

 

(2014-2017) Editor buku anak di PT. Penerbit Berjaya
(1017-2021) Kepala Redaksi di PT. Media Cemerlang

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya

                                                                                                  Hormat Saya

 

                                                                                       Clarisa Alam Cempaka
                                                                                                       (ttd)

Gimana? Sekarang udah nggak bingung lagi dong kalau mau bikin daftar riwayat hidup. Kamu bisa melihat contoh-contoh di atas dan menerapkannya dalam daftar riwayat hidup yang akan kamu buat. 

Jika kamu ingin lebih siap dalam melamar kerja, kamu bisa mengikuti kelas persiapan kerja bersama profesional di Upskill Cakap. Kamu akan mendapatkan perihal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melamar kerja di perusahaan ternama.  Ambil kelasmu sekarang, dan semoga bermanfaat!

Referensi:
-ekrut.com
-cekresume.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.