5 Tips Lancar Interview User & Interview Online Lengkap dengan Pertanyaannya!

interview user

Interview user adalah salah satu tahapan untuk mendapatkan kerja. Kamu akan menghadapi interview user setelah kamu lolos tahap interview pertama dengan HRD. Bedanya, interview user bertujuan untuk mengetahui kemampuan teknis kandidat serta chemistry antara user dengan kandidat.

Umumnya interview user merupakan tahap terakhir dalam proses recruitment dan menjadi penentu kamu diterima atau tidak. Di masa pandemi ini, sangat memungkinkan pelaksanaan interview user berjalan secara online, maka dari itu kamu perlu mengetahui tips menghadapi interview user sekaligus tips lancar interview online berikut. Check it out!

Tips Umum Menghadapi Interview User

source: giphy.com

Supaya kamu lolos dari tahap interview user, ketahui yuk tipsnya dan pertanyaan apa aja yang akan kamu hadapi

Pahami Job Description Pekerjaan yang Kamu Lamar

Ketika kamu melamar posisi pekerjaan pasti kamu melihat bagian job description kan? Dalam bagian job description biasanya dijelaskan tugas-tugas dari posisi yang kamu lamar.

Selain mempelajari cara memperkenalkan diri saat interview, kamu juga perlu mempelajari setiap detail tugas yang diterangkan dalam bagian job description. Pastikan kamu memahami jenis kegiatan yang akan kamu lakukan nanti serta keahlian apa aja yang dibutuhkan supaya diterima. User akan mempertimbangkan kamu jika kamu telah memahami tugas dari posisi yang kamu lamar.

Kenali User Kamu

Dalam interview user, kamu akan berhadapan langsung dengan orang yang akan menjadi atasan kamu. Pertanyaan dalam tahap interview user biasanya lebih detail dibanding interview HRD. User akan menggali informasi tentang kamu dan pekerjaan kamu.

Selain mengenali dan memahami posisi yang kamu lamar, kamu juga perlu mengenali user kamu. Biasanya undangan tahap interview user disertai dengan nama user, kamu dapat memaksimalkan kesempatan itu untuk mencari informasi seputar user yang akan mewawancarai kamu. Kamu bisa memanfaatkan LinkedIn untuk riset seputar user atau bertanya pada teman yang pernah bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Berikan Pencapaian yang Spesifik

Pencapaian kandidat biasanya menjadi salah satu pertanyaan interview user, maka pastikan kamu menjelaskan secara spesifik karena user membutuhkan jawaban yang detail. Buktikan dengan data apa aja pencapaian kamu selama ini seperti tugas atau project yang telah kamu lakukan di perusahaan lama.

Inisiatif untuk Bertanya

Biasanya dalam tahap interview kamu akan diberikan kesempatan untuk bertanya pada sesi akhir interview. Banyak kandidat yang melewati kesempatan ini karena gugup dan bingung. Untuk menghindari hal itu, kamu dapat membuat daftar pertanyaan. Tidak perlu tergesa-gesa dalam memberikan pertanyaan karena kamu akan terlihat ceroboh dan tidak teliti. Bersabarlah dan berikan pertanyaan ketika user memberikan kesempatan bertanya.

Datang On Time!

Datang tepat waktu juga tidak kalah penting dari tips-tips yang ada di atas. User akan memberikanmu penilaian buruk jika datang terlambat hingga membiarkannya menunggu. Untuk itu, kamu wajib datang ke tempat interview maksimal 30 menit sebelum jadwal interview. Kamu juga dapat menggunakan waktu itu untuk mempersiapkan diri sebelum tahap interview user dimulai.

Jika kamu interview online, 30 menit sebelum tahap interview user dimulai kamu bisa mempersiapkan hal-hal teknis seperti laptop, koneksi internet, serta kondisi ruangan yang kamu gunakan. Pastikan link yang diberikan dapat diakses oleh device yang kamu gunakan.

Skill Bahasa Inggris Genjot Peluang Karier. Tingkatkan di Cakap!

Tips Lancar Interview Online

Di masa pandemi ini, interview kerap kali dilakukan secara online. Hal tersebut merupakan sebuah adaptasi baru yang harus bisa diterima oleh para jobseeker dengan cepat. Beberapa kemungkinan yang tidak terduga mungkin bisa saja terjadi saat interview online.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami tips-tips berikut agar interview onlinemu berjalan dengan lancar!

Periksa Jaringan Internet

Saat melakukan interview online, pastikan jaringan internetmu stabil dan lancar. Jangan sampai wawancaramu gagal atau poinmu berkurang karena terkendala jaringan.

Kamu bisa menggunakan jaringan wifi di rumah dengan cadangan hotspot atau mungkin kamu bisa melakukan wawancara di tempat yang menyediakan jaringan wawancara dengan kecepatan stabil.

Lokasi Interview

Pastikan kamu memilih lokasi yang tepat saat melakukan interview online. Hindari kebisingan atau hal-hal yang dapat memecah fokus dan situasi sakral saat interview.

Pilihlah lokasi yang dapat membuatmu lebih fokus dan berkonsentrasi, seperti ruang pribadi, ruang kerja, atau ruang khusus. Saat sudah menemukan lokasi yang tepat, kamu juga harus memilih tempat dengan pencahayaan yang cerah serta background atau latar belakang dinding yang tidak ada orang berlalu-lalang.

Perhatikan Gaya Busanamu

Jangan pernah lupakan penampilan yang rapi dan kesan formal meskipun wawancara yang kamu lakukan adalah interview online. Pastikan kamu menggunakan pakaian yang rapi dan formal karena perekrut pasti dapat menilai dengan jelas seberapa rapi penampilanmu.

Kamu bisa mengenakan atasan berupa kemeja dan bawahan berupa celana panjangan/rok (untuk perempuan).

Fokuskan Pandanganmu pada Kamera & Interviewer

Meskipun wawancara dilakukan secara online, kamu harus tetap memfokuskan tatapan dan pandanganmu pada kamera, bukan layar laptop. 

Tujuannya adalah agar kamu terlihat lebih fokus dan profesional, kamu juga bisa memperhatikan penampilan dan gesturmu lewat kamera.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Masih berhubungan dengan pemfokusan pandangan pada kamera, kamu juga bisa memperlihatkan bahasa tubuhmu dengan kesan antusias saat interview online berlangsung.

Pastikan kamu selalu tersenyum dan tidak terlalu kaku saat menjawab pertanyaan ya, Sobat Cakap.

Contoh Pertanyaan Interview User

source: giphy.com

Pertanyaan dalam interview user biasanya lebih detail dibanding interview HRD. Agar kamu siap menghadapi pertanyaan dari user, berikut beberapa contoh pertanyaan interview user:

Mengapa Memilih Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini salah satu pertanyaan penting karena user ingin mengetahui apakah kandidat telah mengetahui perusahaan yang dituju. Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelum interview kamu dapat riset terlebih dahulu tentang perusahaan tempat kamu melamar. Tunjukan keunggulan perusahaan yang membuat kamu tertarik ketika menjawab pertanyaan ini.

Apa Sudah Paham Job Description?

Pertanyaan ini berguna untuk memberi user gambaran apakah kandidat telah memahami job description atau belum sehingga dapat memilih kandidat terbaik. Agar berhasil menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menjelaskan pengetahuan yang paling dikuasai dari job description.

Tim seperti Apa yang Membantumu?

Selain ingin mengetahui kemampuan teknis kamu, user ingin mengetahui apakah kamu dapat bekerja dengan tim atau tidak. Dalam menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu menginginkan tim yang menerima dan mendengarkan pendapat serta dapat membantu kamu berkembang.

Ketika selesai tahap interview, kamu perlu menunjukan sikap yang sopan kepada user. Berikan salam dan ucapkan terimakasih. Setelah itu perusahaan akan memberikan kabar dalam kurun waktu tertentu. Jika kamu tidak mendapatkan kabar, kamu masih bisa bertanya kepada HRD perusahaan yang kamu tuju terkait lamaranmu.

Mengikuti berbagai kelas pelatihan juga menjadi salah satu penilaian dalam interview user. Menyertakan bukti kelas pelatihan seperti sertifikat menjadikanmu lebih baik dari kandidat lain. Kini kamu dapat mengikuti kelas pelatihan dengan mudah di Cakap Upskill.

cakap semi private

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks