Cara Bertanya Lowongan Kerja lewat Email yang Benar & HRD Suka!

cara-bertanya-lowongan-kerja-lewat-email

Alih-alih hanya menunggu kesempatan kerja yang terbuka atau menunggu perusahaan-perusahaan membuka lowongan, kamu bisa lho melakukan inisiatif lain. Dengan menulis dan mengirim email, misalnya. Menulis email ke perusahaan dan menanyakan tentang peluang kerja adalah salah satu cara efektif mengungkapkan minat kerjamu. Namun, sebelum menulisnya, kamu perlu tahu dulu cara bertanya lowongan kerja lewat email yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis email untuk menanyakan lowongan pekerjaan lengkap dengan contohnya yang bisa digunakan sebagai panduan. Here we go!

Table of Contents

Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

Menjadi proaktif dengan cara mengirimkan email ke perusahaan-perusahaan bisa membantu menemukan peluang kerja yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui sebelum mengirim email ke perusahaan yang dituju. Check it out!

(1) Cari Tahu tentang Perusahaan

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah meneliti dan mencari tahu tentang perusahaan. Wajib bagimu untuk melakukan riset tentang sejarah, pemilik, industri, budaya perusahaan, dan apakah perusahaan tersebut kiranya memiliki devisi atau tim yang akan cocok dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerjamu sebelumnya.

(2) Kirim Email pada Orang yang Tepat

Pada siapa sih email yang berisi pesan menanyakan lowongan kerja itu dikirimkan? Umumnya, kamu bisa bertanya pada HRD atau manajer perekrutan. Dari mana kamu bisa tahu kontak atau email HRD yang bersangkutan? Kamu bisa mencarinya di website resmi maupun sosial media official-nya perusahaan yang kamu bidik.

Namun, jika kamu memiliki kenalan atau relasi di perusahaan tersebut kamu juga bisa mengirim email dan menanyakan langsung pada kenalanmu. Dengan begitu, kemungkinan besar, pesanmu bisa direspon dengan cepat dan bisa lebih diprioritaskan.

(3) Perhatikan Isi Pesanmu

Ini adalah salah satu bagian penting dari cara bertanya lowongan kerja lewat email. Pastikan semua list di bawah ini kamu centang dan sudah ada dalam pesan emailmu sebelum kamu mengirimnya:

  • Sesuaikan baris subjek: mulailah dengan baris subjek pengantar email yang kuat. Misalnya “Permohonan Informasi Lowongan Kerja di [nama perusahaan]
  • Perkenalkan dirimu dengan singkat: beri tahu tentang nama, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan profesional.
  • Nyatakan pekerjaan apa yang sedang kamu cari: kamu bisa secara to the point menanyakan posisi pekerjaan apa yang ingin kamu tahu lebih lanjut informasinya.
  • Tuliskan apa saja value dan kelebihanmu
  • Detail kontak (termasuk preferensi): tautkan ke email, nomor telepon, atau halaman media sosial yang relevan (LinkedIn)

 

(4) Lampirkan Resume atau CV

Isi email memberikan konteksnya, sedangkan resume atau CV menjadi representasi yang mewakili keahlian, pengalaman, dan kualifikasi kamu. Melampirkan CV atau resume bisa menjadi hal positif karena jika ada pekerjaan yang tersedia, HRD bisa meneruskan resume-mu pada departemen yang bersangkutan. Sedangkan jika tidak ada pekerjaan yang tersedia, HRD masih bisa mengajukan resume-mu atau bisa menyimpannya nanti di saat pekerjaan yang kamu inginkan sedang open recruiter.

Pelajari  juga cara membuat daftar riwayat hidup di sini: Contoh Daftar Riwayat Hidup bagi yang Belum Pernah Bekerja & Cara Membuat

(5) Tulis Email dengan Singkat dan Padat

Penting untuk menjaga email tetap ringkas dan singkat. Cukup perkenalkan diri dengan cepat, ungkapkan minatmu dengan jelas, tunjukan skill-mu, dan tutup secara profesional. Namun begitu, tetap perhatikan tata bahasanya, ya! Gunakan bahasa yang sopan dan enak dibaca.

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

Contoh Kalimat untuk Menanyakan Lowongan Pekerjaan di Email

Pada penjelasan di atas, kamu sudah belajar bagaimana cara menanyakan lowongan pekerjaan lewat email. Nah, selanjutnya kamu akan belajar bagaimana contoh kalimatnya secara langsung:

(1) Contoh Pesan Menanyakan Lowongan Kerja di Email Secara Umum

To: (alamat email perusahaan yang akan dituju)
Subject: Permohonan Informasi Lowongan Pekerjaan di […]

Kepada Yth,
Tim HRD [nama perusahaan]

Saya berharap Bapak/Ibu selalu dalam keadaan baik.

Perkenalkan, saya Alea Fitria, lulusan S1 DKV yang sudah memiliki pengalaman pekerjaan sebagai desain grafis selama 2 tahun di salah satu perusahaan startup di Jakarta. Melalui pesan email ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung dengan tim design di perusahaan Bapak/Ibu dan bermaksud menanyakan apakah ada peluang pekerjaan di perusahaan ini.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan CV dan portofolio saya di email ini. Saya sangat menghargai apabila Bapak/Ibu bisa memberikan informasi dan peluang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keterampilan yang saya miliki.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat Saya
Alea Fitria

 

(2) Contoh Pesan Menanyakan Lowongan Kerja di Email untuk Fresh Graduate

To: (alamat email perusahaan yang akan dituju)
Subject: Permohonan Informasi Lowongan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Kepada Yth:
Bapak/Ibu pimpinan HRD perusahaan …

Nama saya Gilga Akbar, saya fresh graduate yang baru lulus dari program studi Manajemen Akuntansi di Universitas Bangkit Jaya. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Gelora Citra dan ingin mengetahui apakah ada peluang pekerjaan yang tersedia untuk fresh graduate yang sesuai dengan jurusan saya.

Sebelumnya, saya pernah memiliki pengalaman magang sebagai account officer di beberapa perusahaan yang bergerak di industri teknologi.

Berikut saya lampirkan resume dan tautan ke portofolio online saya. Besar harapan saya agar bisa mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan lowongan pekerjaan yang akan datang di departemen bisnis dan manajemen di perusahaan Bapak/Ibu.

Terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya.

Salam, 
Gilga Akbar
(tambahkan alamat email atau nomor telepon)

 

(3) Contoh Pesan Menanyakan Lowongan Kerja Part Time di Email 

To: (alamat email perusahaan yang akan dituju)
Subject: Permohonan Informasi Lowongan Kerja Part-Time

Kepada Yth:
Bapak/Ibu HRD …..

Perkenalkan, nama saya Iliyana Syahid. Melalui email ini, saya ingin mencari tahu apakah perusahaan Bapak/Ibu saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan paruh waktu untuk copywriter atau content writer? Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim content dan berkontribusi pada proyek-proyek yang perusahaan Bapak/Ibu miliki.

Bersama dengan email ini, saya telah melampirkan CV dan portofolio yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Jika ada posisi terbuka atau peluang baru, saya ingin mendiskusikan bagaimana hal tersebut dapat selaras dengan pengalaman saya sebagai writer selama 5 tahun ke belakang.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Salam,
Iliyana Syahid


(4) Contoh Pesan Menanyakan Lowongan Magang Lewat Email

To: (alamat email perusahaan yang akan dituju)
Subject: Permohonan Informasi Lowongan Magang

Kepada Yth:
Bapak/Ibu HRD …..

Saya berharap Bapak/Ibu selalu dalam keadaan baik-baik saja.

Perkenalkan, saya Cahaya Intan Permata, seorang mahasiswa semester 5 program studi Hubungan Internasional di Universitas Unggul Setya. Saya menulis email ini untuk menanyakan tentang peluang magang yang tersedia saat ini di perusahaan Bapak/Ibu. Setelah melakukan riset tentang perusahaan Bapak/Ibu, saya sangat tertarik untuk mengikuti magang dan mencari pengalaman serta membangun karier pertama saya di perusahaan ini.

Saya adalah seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mengikuti beberapa UKM di fakultas maupun universitas. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga telah melampirkan CV saya di email ini.

Terima kasih atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu. Saya sangat berharap dapat mendengar tanggapan positif dari Bapak/Ibu.

Salam hormat,
Cahaya Intan Permata


(5) Contoh Pesan Menanyakan Lowongan Kerja di Email dalam Bahasa Inggris

To:
Subject: Inquiry about Job Opportunities at [company name]

Dear [Hiring Manager’s Name]

I hope this email finds you well. 
My name is Angga S Darmawangsa. I am writing to express my interest in potential job opportunities at [company name]. I have heard great things about your organization and I hope I can contribute my skills and my experience as Digital Marketing to your team.

I’ve attached my resume for your reference. I would appreciate any information regarding current or upcoming job openings that align with my background.

Thank you for your consideration. Please feel free to contact me at [email address/phone number].

Sincerely,
Angga S Darmawangsa

Nah, itu dia beberapa cara untuk menanyakan lowongan pekerjaan lewat email lengkap dengan contoh kalimat isi pesannya yang bisa kamu praktikkan. Selain mengirim email untuk menanyakan lowongan pekerjaan, kamu juga bisa lho explore pilihan loker yang ada di Cakap Career. Temukan karier masa depan di perusahaan impian!

Buat kamu yang sedang mencari peluang kerja baru, sambil apply-apply pekerjaan yuk perdalam juga skill-mu agar banyak dilirik oleh perusahaan incaran! Untuk meng-upgrade skill-mu, kamu bisa mendaftar dan mengikuti kelas Cakap Upskill. Bersama para mentor professional, dijamin deh kamu jadi makin terampil! Tunggu apa lagi cek kelasnya sekarang karena #SiapCakapDiaDapat!

Referensi:

  • Indeed.com
  • Themuse.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.