Contoh Meminta Reschedule Interview Lewat WA yang Benar & Profesional

contoh-reschedule-interview-lewat-wa

Interview bersama user atau HRD menjadi salah satu momen penting yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Namun, gimana ya kalau menjelang hari H interview ternyata kamu tidak bisa menghadirinya karena suatu hal yang tak terduga? Lantas, apa yang harus dilakukan? Tenang, jika situasi ini terjadi padamu, kamu bisa langsung menghubungi kontak perusahaan untuk memberitahu keadaanmu dan mengajukan permintaan reschedule interview kok! Untuk itu, kamu perlu mempelajari beberapa contoh reschedule interview lewat WA maupun lewat email dengan kalimat dan gaya bahasa terbaik, agar kamu tetap terlihat professional.

Di artikel ini, kamu akan belajar bagaimana cara mencari alasan penjadwalan ulang interview yang tepat dan contoh kalimat reschedule interview-nya! Yuk, simak!

Table of Contents

Cara Reschedule Interview Lewat Email dan WA

Sebagian besar pemberi kerja memahami bahwa kemungkinan reschedule interview bisa saja terjadi, apalagi jika ada keadaan darurat yang dialami oleh kandidat yang bersangkutan. 

Jika kamu adalah salah satu kandidat yang tidak bisa menghadiri interview dan ingin mengubah jadwal interview-nya, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

(1) Memberitahu Perusahaan 

Cara reschedule interview lewat email yang pertama adalah memberitahu perusahaan atau pihak perekrut bahwa kamu tidak bisa melakukan interview di waktu yang sudah dijadwalkan. Pilih waktu yang paling tepat untuk mengirim pemberitahuan. Hindari pemberitahuan secara mendadak, usahakan beberapa hari sebelum wawancara dilaksanakan.

(2) Berikan Alasan yang Jelas

Ketika membuat email penjadwalan ulang interview, pastikan kamu memberikan alasan yang jelas, valid, jujur, dan tidak mengada-ada. Buatlah pihak perekrut percaya dan memahami keadaanmu yang tidak bisa menghadiri interview.

Memberikan alasan yang tepat akan meningkatkan kemungkinan pihak perekrut berkenan menjadwalkan ulang wawancaramu.

(3) Suggest Tanggal dan Waktu yang Baru

Untuk menunjukan bahwa antusiasmu tidak berkurang untuk mengikuti wawancara dan ingin diberikan kesempatan lain, buatlah suggest tanggal dan waktu wawancara yang baru. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu menyarankan tanggal interview. Pastikan untuk bertanya pada pihak recruiter tentang ketersediaan waktunya pada tanggal yang diajukan. 

Apabila pihak recruiter tidak tersedia di waktu yang kamu sarankan dan dia memilih tanggal lain, beri tahu mereka bahwa kamu tidak menolak saran dari mereka.

(4) Ucapkan Maaf dan Terima Kasih

Sangat penting untuk mengucapkan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin kamu timbulkan karena meminta reschedule interview. Selain mengucapkan minta maaf, kamu juga perlu mengucapkan terima kasih karena pihak perusahaan sudah mau mengerti keadaanmu dan bersedia untuk melakukan penjadwalan interview ulang.

(5) Pastikan Perusahaan Menerima Email-mu

Bagian yang nggak kalah penting adalah memastikan email atau Whatsapp kamu diterima dan dibaca oleh pihak perusahaan. Jika kamu tidak kunjung mendapat balasan selama berjam-jam bahkan berhari-hari, bisa jadi email yang kamu kirim tertimbun oleh kotak masuk lain. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi kontak perusahaan lewat Whatsapp atau kamu juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan panggilan telepon. 

Alasan yang Bisa Digunakan saat Reschedule Interview

Apa saja sih alasan masuk akal yang bisa diterima oleh pihak recruiter ketika ada kandidat yang ingin reschedule interview? Ini dia jawabannya!

(1) Acara Keluarga

Acara keluarga menjadi salah satu alasan yang bisa digunakan untuk menjadwalkan ulang interview. Pasalnya, acara keluarga sudah memiliki tanggal tetap dan tidak bisa diubah secara tiba-tiba, apalagi jika acaranya sebesar pesta pernikahan atau khitanan.

Namun, kembali lagi pada prioritas yang kamu pilih. Jika menurutmu kamu bisa mencuri waktu 1-2 jam disela-sela waktu acara keluarga (baik sebelum atau sesudah acara dimulai), maka kamu bisa menyempatkan untuk menghadiri interview tersebut.

(2) Sakit

Sakit adalah kondisi yang tak terduga dan tidak bisa ditawar. Jika menjelang hari interview tiba-tiba kamu merasa sakit dan dirasa tidak bisa menghadiri interview, maka kamu bisa langsung menyampaikannya pada pihak Human Resource Development. Alasan yang satu ini biasanya tidak akan ditolak oleh mereka.

(3) Emergency

Keadaan emergency atau keadaan darurat berhubungan dengan berbagai macam kondisi. Misalnya, saudara atau orang tua mendadak sakit dan kamu harus menjaga mereka. Atau bisa saja jika kamu berada di luar kota, tiba-tiba pesawat kamu mengalami waktu delay yang cukup panjang.

(4) Kecelakaan

Satu lagi alasan yang kemungkinan besar tidak akan ditolak oleh HR, yaitu kecelakaan. Jika kamu mengalami kecelakaan di jalan, pihak perusahaan pasti akan memahami bahwa kamu perlu perawatan untuk memulihkan kondisimu terlebih dahulu.

Contoh Kalimat Reschedule Interview Bahasa Inggris

contoh pesan reschedule interview bahasa inggris

Gunakan template kalimat reschedule interview di bawah ini jika kamu ingin menjadwalkan ulang interviewmu!

Dear Mr. Ardian Hermanto,

Thank you for giving me the opportunity to speak with you about the Social Media Manager position at More Creative company. Please know that I’m very interested and I was looking forward to meeting and discussing with you.

Unfortunately, I couldn’t attend the interview we had booked for September 1st 2022, because I had an accident and needed intensive care.

Therefore I’m looking to get on your calendar for another day and time. I’m available on 15-20 September 2022. Would any of these times fit in your schedule? Though I would be happy to discuss a time more convenient for you if these dates don’t suit.

I’m sorry to throw a wrench in your schedule. I’m still really excited about this opportunity, I do hope that we can reschedule the interview soon.

Thank you so much for your understanding.

Best regards,

Cynthia Aleta

Contoh Kalimat Reschedule Interview Bahasa Indonesia

contoh pesan reschedule interview bahasa indonesia

Kepada Yth,

Bapak Hanung Adiasmoro,

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih telah memberi saya kesempatan melakukan interview untuk posisi Social Media Manager di More Creative company. Perlu diketahui bahwa saya sangat tertarik dan saya sangat menantikan untuk bertemu dan berdiskusi dengan bapak mengenai posisi tersebut.

Sayangnya, saya tidak dapat menghadiri wawancara yang telah kami sepakati untuk tanggal 1 September 2022. Hal tersebut dikarenakan saya mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan intensif selama dua minggu ke depan.

Oleh karena itu, saya ingin meminta penjadwalan ulang interview di hari dan waktu lain. Saya bisa melakukan interview pada tanggal 15-20 September 2022. Apakah di antara waktu-waktu tersebut cocok dengan jadwal bapak? Meskipun demikian, saya akan dengan senang hati mendiskusikan waktu yang lebih nyaman bagi bapak apabila tanggal tersebut tidak sesuai.

Saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Saya masih sangat bersemangat dengan kesempatan interview ini, saya berharap kami dapat menjadwalkan ulang wawancara segera.

Terima kasih banyak atas pengertian bapak.

Salam,

Anggrina Cahyadi

Demikianlah cara reschedule interview lengkap dengan contoh kalimatnya. Kamu bisa menggunakan contoh di atas ketika akan meminta penjadwalan ulang interview, baik lewat WA maupun email. Jangan lupa untuk memberikan alasan yang paling tepat yang kamu punya!

Agar peluang diterima kerja saat interview lebih besar, yuk tingkatkan dan upgrade skill-mu dengan mengikuti kursus online bersertifikat di Upskill Cakap! Selain kelas sukses interview, ada juga banyak kelas dan kursus menarik lain yang bisa kamu pilih. So, tunggu apa lagi, cek jadwal kelasnya sekarang!

Referensi:
-indeed.com
-themuse.com

Baca Juga;

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.