7 Cara Menjawab “Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?” yang Benar

kapan-anda-dapat-mulai-bekerja

“Kapan Anda dapat mulai bekerja?” Kalimat tanya tersebut kerap ditanyakan oleh recruiter pada pelamar kerja selama proses interview. Pewawancara sering kali menanyakan hal tersebut pada kandidat yang memenuhi syarat untuk menempati posisi yang tersedia. Kendati terdengar seperti pertanyaan yang menarik dan menjanjikan, namun pertanyaan tersebut bukan jaminan kamu mendapatkan tawaran pekerjaan. Maka dari itu, kamu harus benar-benar menyiapkan jawaban yang bagus untuk pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja.

Mempelajari cara merespon pertanyaan tersebut dengan benar dapat membantu kamu menunjukkan pada pemberi kerja betapa antusias dan excitednya kamu untuk memulai pekerjaan itu. So, langsung aja yuk cari tahu selengkapnya!

Table of Contents

Perhatikan Hal ini Saat Menjawab Pertanyaan “Kapan Bisa Mulai Kerja”

Sebelum kamu menjawab pertanyaan interview kerja “Kapan Anda dapat mulai bekerja di perusahaan ini?”, penting bagimu untuk memperhatikan hal-hal berikut:

(1) Perhatikan Notice Period

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah notice period. Sebagian besar pekerjaan memberikan notice period setidaknya dua minggu hingga satu bulan sebelumnya. Bahkan beberapa perusahaan mungkin memerlukan notice period lebih banyak. So, sebelum kamu berkomitmen atau menyebut tanggal mulai bergabung dengan perusahaan yang baru, pastikan kamu persis berapa lama waktu notice period yang kamu miliki.

(2) Berikan Tanggapan yang Antusias

Tanggapilah pertanyaan “Kapan Anda dapat mulai bekerja” dengan antusias. Jawaban yang positif dan penuh semangat akan membuat recruiter berpikir bahwa kamu bersungguh-sungguh dan sangat menginginkan pekerjaan tersebut.

(3) Bersikap Fleksibel

Cobalah untuk bersikap fleksibel. Berikan jawaban di mana kamu bisa mencoba mengakomodasi jadwal atau timeline perusahaan. Alih-alih hanya memberikan jawaban dan berharap mereka menyukainya, kamu bisa banget kok meminta umpan balik atau feedback mereka. Beri tahu pewawancara bahwa kamu bersedia berdiskusi dan menyesuaikan jadwal berdasarkan kebutuhan mereka.

(4) Be Honest

Dalam hal apa pun sikap jujur adalah sesuatu yang baik dan tidak akan mendatangkan bumerang. Jika kamu perlu waktu selama satu, dua, atau bahkan empat minggu untuk bisa memulai pekerjaan baru, jujurlah. Katakan saja waktu yang benar, yang sesuai dengan situasimu sebenarnya.

(5) Dua Minggu adalah Jawaban yang Bagus

Dalam beberapa kasus, dua minggu adalah jawaban yang bagus. Jika kamu tidak memiliki notice period dari kantor sebelumnya, maka dua minggu adalah standar waktu terbaik untuk memulai pekerjaan baru.

Nah jika saat ini kamu sedang menganggur atau available, jangan sampai mengatakan kamu bersedia untuk memulai kerja di hari berikutnya (keesokan harinya). Hal tersebut akan menyiratkan bahwa pekerjaan ini adalah pilihan satu-satunya dan pencarian pekerjaanmu tidak berjalan dengan baik. So, tetap saja saran terbaik adalah mengatakan bahwa kamu memerlukan waktu satu hingga dua minggu untuk dapat mempersiapkan diri.

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Cara Menjawab Pertanyaan “Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?”

Ada beberapa pilihan jawaban yang bisa kamu gunakan saat menjawab pertanyaan kapan bisa mulai kerja. Berikut beberapa jawaban berdasarkan situasi dan kondisi yang berbeda.

(1) Saat Kamu Siap untuk Segera Bergabung

Jawaban yang pertama ini sangat cocok untuk kamu yang bisa segera mulai bekerja di waktu dekat. Namun, meskipun kamu sedang dalam kondisi available, pastikan untuk mengetahui garis tipis antara antusiasme untuk memulai pekerjaan baru dan keputusasaan. So, yuk coba jawaban ini untuk menyampaikan your prompt availability:

“Setelah saya mempelajari lebih lanjut tentang peran ini, saya yakin pekerjaan ini akan sangat sesuai dengan skill dan pengalaman saya. Saya siap untuk memulai pekerjaan ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, saya memerlukan waktu untuk mempersiapkan diri sampai awal minggu kerja berikutnya agar saya lebih siap saat memulai pekerjaan baru.”

(2) Saat Kamu Sedang Perlu One Month Notice Period

Jawab yang kedua bisa kamu praktikkan jika kamu masih berstatus sebagai employee dan memerlukan one month notice period. Biasanya, recruiter juga akan bertanya “Berapa lama notice period Anda dari perusahaan sekarang untuk dapat bekerja dengan kami?”. Maka kamu bisa menjawabnya dengan kalimat berikut:

“Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk bergabung dengan tim Marketing di perusahaan Bapak/Ibu. Namun demikian, saya harus mengikuti kebijakan yang berlaku di perusahaan saya saat ini yang mana mereka memberlakukan one month notice period untuk karyawan yang akan resign. Maka dari itu, saya baru bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu di pertengahan bulan depan, kira-kira tanggal 15 Januari.”

(3) Saat Kamu Perlu Waktu Tambahan untuk Relocate

Tidak sedikit putra putri yang berasal dari daerah melamar dan memimpikan pekerjaan di ibu kota atau kota-kota besar lainnya. Jika kamu harus pindah dari satu kota ke kota lainnya (tempat perusahaan barumu berada), maka kamu memerlukan waktu tambahan tidak hanya untuk mempersiapkan diri dengan pekerjaan baru, namun kamu juga perlu mempersiapkan tempat tinggal di kota baru, dan lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa menjawab:

“Saya sangat bersemangat untuk posisi ini dan langkah selanjutnya. Namun karena posisi ini mengharuskan saya pindah ke kota baru, saya memerlukan waktu beberapa minggu untuk pindahan dan mencari tempat tinggal baru. Begitu saya melakukannya, saya akan segera mulai bekerja. Kira-kira berapa jangka waktu yang diberikan perusahaan untuk kandidat yang sedang bertransisi dari kota satu ke kota lainnya?”

(4) Saat Menginginkan Waktu Istirahat Sebelum Memulai Pekerjaan Baru

Kamu ingin waktu istirahat sebelum memulai pekerjaan baru? Ini contoh jawaban yang bisa kamu gunakan:

“Saya berharap dapat memastikan transisi yang lancar sebelum saya meninggalkan pekerjaan saya saat ini. Saya juga ingin menyelesaikan beberapa urusan pribadi yang ingin diselesaikan sebelum saya mulai bekerja di posisi baru. Sehingga, saya mendapati tanggal mulai ideal saya adalah di minggu ke-5. Apakah itu akan baik-baik saja untuk perusahaan Bapak/Ibu?”

Lalu, jika ada pertanyaan “Bisakah Anda mulai lebih cepat?” dari recruiter, maka kamu bisa mengatakan “meskipun tanggal mulai ideal saya adalah di minggu ke-5, saya memiliki fleksibilitas, dan saya dengan senang hati mendiskusikan kembali tanggal yang sesuai dengan timeline perusahaan Bapak/Ibu.”

(5) Saat Perusahaan Baru Menetapkan Tanggal yang Tidak Acceptable

Contoh jawaban selanjutnya adalah ketika kamu berada dalam situasi di mana waktu yang ditetapkan perusahaan, tidak cocok denganmu:

“Saya 100% tertarik dengan peran dan posisi pekerjaan ini. Akan tetapi, tanggal mulai yang ditetapkan tidak cocok dengan saya. Bagaimana dengan tanggal (berikan tanggal alternatif), apakah Bapak/Ibu terbuka (tidak keberatan) untuk tanggal tersebut?

Jawaban tersebut adalah contoh jawaban sempurna untuk skenario ini, namun untuk menjaga segala sesuatu agar lebih profesional, akan lebih baik jika jawaban di atas disertai dengan alasanmu.

(6) Saat Ingin Menyesuaikan Preferensi Perusahaan

Jika pihak perusahaan menyebutkan tanggal mulai bekerja, dan tanggal yang mereka berikan ternyata cocok untukmu, maka ini contoh jawaban yang bisa kamu gunakan.

“Saya sangat ingin memiliki pekerjaan ini. Jika Bapak/Ibu menyarankan tanda tangan kontrak kerja dimulai pada hari pertama bulan berikutnya, atau bahkan lebih lambat, saya akan menghormatinya. Akan tetapi, saya juga fleksibel jika memang perusahaan ingin menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari pertama saya bekerja.”

(7) Saat Kamu Perlu Waktu untuk Notice Period dan Relocate

Salah satu situasi yang juga mungkin bisa terjadi adalah ketika kamu butuh waktu untuk notice period dan juga butuh waktu untuk relocate. Jika situasi tersebut terjadi padamu, jawaban ini yang bisa kamu gunakan:

“Saya telah memastikan kontrak kerja saya di perusahaan saat ini. Saya hanya perlu memberikan waktu 2 minggu notice period, namun saya juga memerlukan waktu untuk pindah ke perusahaan Bapak/Ibu yang berbasis di London. Apakah pihak perusahaan tidak keberatan jika saya membutuhkan waktu 4-6 minggu? Waktu tersebut akan cukup bagi saya untuk menyelesaikan masa notice period dan mencari tempat tinggal baru.”

Itu dia beberapa contoh jawaban interview “kapan Anda dapat mulai bekerja?”. Kamu bisa memilih jawaban yang paling sesuai dengan situasi dan kondisimu saat akan mulai bekerja di tempat baru.

Buat kamu yang ingin tahu tips-tips interview dan tips menarik lainnya, yuk cek jadwal kelas Cakap Upskill! Di sana ada banyak kelas webinar dan kursus upskilling yang bisa kamu coba, lho! #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:

  • Indeed.com
  • Jobsite.co.uk
  • Themuse.com
  • Jub-hunt.org 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.