Sastra dan Pendidikan Bahasa Inggris, Mirip Tapi Beda?

bedanya sastra inggris dengan pendidikan bahasa inggris

Memasuki waktu kuliah, udah mulai lihat poster bahasa inggris promosi jurusan Inggris ya di beberapa universitas? Hal itu buat kamu dilema mau ambil jurusan yang mana? Memang, jurusan sastra dan pendidikan itu seringkali dianggap serupa. Padahal, mereka punya beberapa perbedaan yang menonjol lho. Begitu juga dengan bedanya sastra inggris dengan pendidikan bahasa inggris.

Mulai dari namanya aja udah beda, cara belajarnya pun pasti gak seratus persen mirip. Kalau kamu lebih suka kebudayaan dan kesusastraan, jurusan sastra cocok buatmu. Tapi, jika ingin belajar Inggris secara umum, jurusan pendidikan Inggris bisa kamu pilih. Alhasil, peluang kerja untuk kedua jurusan tersebut pun dapat berbeda.

Siapa nih yang mau kuliah bahasa Inggris dari beasiswa pemerintah? Coba cari tahu dulu yuk perbedaan jurusan sastra dan pendidikan biar makin yakin dengan pilihanmu nantinya!

Mata Kuliah

source: giphy.com

Sastra Inggris

Mau mendalami budaya Inggris serta karya sastra yang terkenal dengan diksi puitis? Besar kemungkinan kamu akan betah ambil jurusan sastra. Meski kamu juga belajar bahasa inggris dasar seperti grammar, listening, writing, kamu akan dapat asupan mata pelajaran yang super menarik.

Kamu akan sering analisis seni sastra seperti drama, film, puisi, hingga novel. Ilmu utama yang akan kamu pelajari yaitu linguistik (tata bahasa), literatur Inggris, serta penerjemahan. Nanti, semua ilmu itu akan dikaitkan dengan karya sastra yang dianalisis. Seru? Pasti dong. Terutama kalau kamu hobinya baca atau nonton film, belajarnya dijamin fun.

Pendidikan Sastra Inggris

Di sini, kamu gak akan mendalami bahasa Inggris serta budayanya seperti di jurusan sastra. Tapi, akan mengerucut pada ketenagakerjaan alias cara belajar-mengajar bahasa Inggris. Pada awalnya, pasti belajar tentang grammar, listening, dan lainnya kok meski gak akan benar-benar jadi fokus utama.

Mata pelajaran yang kamu dapatkan berupa kurikulum pengajaran, cara mengajar bahasa Inggris yang baik, dan materi yang akan diajarkan pada murid. Otomatis, kamu lebih sering belajar teknis pembelajaran dibanding kesusastraannya.

 

Gelar sarjana

source: giphy.com

Sastra Inggris

Fakultas yang menampung jurusan sastra dapat berupa fakultas adab dan humaniora, budaya, ataupun khusus ilmu sastra (bahasa). Ketika jadi sarjana, kamu akan diberi gelar S.S dari kepanjangan Sarjana Sastra.

Pendidikan Bahasa Inggris

Beda halnya dengan sastra, jurusan pendidikan bahasa Inggris bernaung di fakultas keguruan atau bidang pengajaran. Jika lulus sarjana pendidikan, gelarmu akan menjadi S.Hum dari kepanjangan Sarjana Humaniora.

 

Peluang kerja

source: giphy.com

Sastra Inggris

Baik sastra maupun pendidikan bahasa Inggris, pasti banyak yang mengira kerjanya hanya bisa sebatas menjadi guru. Salah! Setelah lulus dari jurusan sastra, banyak peluang kerja yang bisa kamu dapatkan.

Skill bahasa Inggris yang dipelajari seperti penerjemahan, penulisan, hingga analisis karya sastra bakal jadi pondasimu lho. Karena fleksibel, kamu berkesempatan menjadi sastrawan, kritikus sastra, penerjemah, public speaker, penulis, dan lainnya.

Bahkan, kamu punya kemungkinan bekerja di bagian kedutaan besar ataupun berkecimpung dalam politik. Banyak kan yang bisa dilakukan sebagai sarjana sastra? Makin penasaran kan jadinya?

Pendidikan Bahasa Inggris

Luusan jurusan pendidikan bahasa Inggris lebih banyak mendapat stereotip kerja sebagai guru. Padahal, gak hanya itu peluangmu. Memang, kamu fokus kepada ketenagakerjaan bidang bahasa Inggris, tapi sebenarnya kamu punya peluang kerja yang lebih dari itu.

Gak jauh beda dengan sastra, kamu juga bisa jadi editor, penerjemah, bahkan penulis. Meski kesempatanmu akan lebih besar di bidang pengajaran seperti guru, dosen, maupun instruktur, tetap bisa kok jadi sarjana yang fleksibel. Asalkan kamu memanfaatkan skill bahasa Inggrismu dan ekplorasi terhadap skill lain, pekerjaan apapun mungkin banget kamu dapatkan.

Nah, kalau udah paham perbedaannya, pasti gak bingung lagi mau pilih yang mana. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan jurusan dengan minatmu ya. Sebab, hal itu akan mempengaruhi cara belajar dan semangatmu lho. 

Baik sastra maupun pendidikan, jangan bosan-bosan untuk memperdalam skill bahasa Inggrismu. Lewat aplikasi Belajar Bahasa Inggris bareng Cakap! Kamu bisa diskusi langsung tentang materi jurusanmu dengan guru. Ditambah lagi, waktu belajarnya kamu yang tentuin sendiri. Seru kan? Gabung Cakap sekarang biar Inggrismu makin mantap!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google