5 Tips Ampuh Membuat Poster Pendidikan Unik Tahun 2020

Poster pendidikan ditujukan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari tugas sekolah hingga berbagai kegiatan kantor. Sudahkah Anda membuat desain yang baik? Sering bingung menentukan elemen hingga mencari ide? Tidak perlu stuck, beberapa tips ampuh di bawah ini bisa Anda pahami supaya poster kegiatan Anda tampak lebih menarik.

Sebelum memahami poster pendidikan lebih dalam, ada baiknya kita tahu definisi dan pengertian poster. Ya, poster adalah bentuk promosi, produk, atau acara yang dipasang di ruang publik untuk konsumsi massal. Ia turut menyertakan elemen tekstual dan grafis sesuai kebutuhan.

Poster dapat digunakan untuk banyak tujuan. Mereka sering menjadi alat pengiklan, penyebar propaganda, pesan layanan masyarakat dan kelompok lain yang mencoba mengomunikasikan pesan. Poster juga digunakan untuk reproduksi karya seni, terutama karya-karya terkenal.

Poster modern, seperti yang kita tahu, berasal dari tahun 1840-an dan 1850-an ketika industri percetakan menyempurnakan litografi warna dan memungkinkan produksi massal. Lantas, bagaimana tips menciptakan poster pendidikan yang unik dan menarik? Simak sebagai berikut…

5 Tips Mencipakan Poster Pendidikan Tahun 2020

 

Merancang Desain Awal

Setelah mengumpulkan semua konten untuk poster, kita mesti memikirkan rancangan visual atau tata letak. Poster tentu saja merupakan presentasi yang sangat visual, tetapi Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat agar mampu menyampaikan pesan dengan baik.

Pertimbangkan bagaimana poster Anda akan terlihat dari jarak sekitar satu meter dari lokasi poster tersebut. Sisakan ruang yang cukup di antara bagian-bagian sehingga tidak terlihat terlalu penuh, tetapi hindari meninggalkan terlalu banyak ruang karena dapat menimbulkan kesan kosong.

Kalau posternya berbentuk digital, pastikan komposisi visual tidak saling bertumpuk dan mengikuti kaidah visual agar mudah dibaca dan dipahami oleh audiens target.

Jangan merasa Anda perlu menjejalkan di alamat pos, nomor telepon, nomor faks, lambang tertentu dan sebagainya karena bakal membuat poster pendidikan tampak penuh. Utamakan nama, institusi, alamat email utama dan yang paling penting adalah desain poster tersebut.

Yang penting, sesuaikan kebutuhan Anda.

Format Dasar dalam Poster

Biasanya, poster harus berisi bagian judul, abstrak atau ringkasan, pengantar singkat, maksud dan tujuan, metodologi, hasil, diskusi dan kesimpulan. Anda mungkin juga ingin memasukkan bagian yang merinci, meski harus dipikirkan juga tata letak elemen lainnya.

Pertimbangkan Ukuran Font

Ketika orang melihat poster, mereka ingin mendapatkan ide umum tanpa harus membaca banyak teks. Maka dari itu, ukuran font yang relatif besar akan membuat teks lebih jelas untuk orang-orang yang melihat. Pertimbangkan ukuran font yang sesuai dan dapat dilihat dari jarak tertentu.

Ukuran font yang besar juga membantu jika Anda agar ingin membuat versi kecil. Selain poster pendidikan, terkadang beberapa kalangan membutuhkan format selebaran guna menyerbarkan untuk keperluan promosi. Ingat, atur font sedemikian rupa agar tetap enak dipandang mata.

Warna Sangat Penting!

Penggunaan warna yang sederhana dan konsisten akan membantu membimbing penonton dalam membaca pesan dalam poster pendidikan. Maka dari itu, gunakan warna secara hati-hati dan bijak untuk menyorot bagian paling penting dari poster tersebut.

Jika Anda menggunakan terlalu banyak warna, pesan yang ada bisa hilang. Meskipun tidak sepenuhnya diperlukan, skema warna yang diatur dengan baik dapat memberikan sentuhan profesional pada poster Anda. Tak hanya pesan, estetika juga diperlukan dalam poster!

Trik Jitu Menentukan Posisi Poster

Kiat bermanfaat lainnya yang perlu Anda ketahui adalah orang cenderung berfokus pada hal-hal yang mereka lihat di antara dada dan tinggi pinggang ketika berjalan melewati sesuatu. Maka dari itu, Anda harus menentukan hingga menempel poster pada area yang strategis.

Ingatlah untuk menggantung poster pendidikan pada ketinggian yang sesuai juga! Ini akan membantu pengunjung untuk melihat hasil yang paling penting dengan mudah. Sudah siap membuat poster pendidikan yang menarik dan unik? 

Selamat mencoba!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google