Sejarah Asal Usul Boba dan Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Tau

Bubble Drink
Kamu Bubble Tea Lover? Harus Tahu Jenis-Jenis Boba Ini!

Kamu pecinta bubble tea? Sudah berapa minuman boba yang udah pernah kamu cobain? Bubble tea emang lagi hits banget ya. Bahkan kemarin ada Pekan Boba untuk para pecinta minuman asal Taiwan ini.

Sebagai pecinta boba, kamu tahu dong kalau boba ada berbagai macam. Ada yang kenyal, ada yang bisa pecah di mulut, macem-macem deh! Buat kalian yang baru coba-coba minuman bubble tea mungkin bakal bingung dihadapkan dengan berbagai pilihan jenis boba. Pilihan minumannya saja sudah banyak, ditambah lagi dengan pilihan boba.

Tapi, kamu tahu nggak, sejarah dari minuman manis ini? Kira-kira, boba berasal darimana ya?

Sejarah Boba

Boba adalah kata slang bubble dalam bahasa Mandarin. Boba terbuat dari tepung tapioka alias singkong. Pada zaman dulu, para imigran Tiongkok yang datang ke Taiwan mendirikan kedai teh yang coba manyajikan teh dingin dengan memasukan bola-bola tapioka kedalam minuman.

Akhirnya, boba ikut menyebar ke negara-negara Eropa. Namun,  belum bisa mengalahkan inovasi dari Tiongkok kala itu. Tiongkok sendiri menawarkan boba milk tea instan yang mana kita dapat menyimpan stock-nya di rumah dan menyeduhkan ketika dingin.

Ada Berapa Jenis Boba?

Nah, bagi kamu yang sudah hafal banget soal boba maupun kamu yang masih coba-coba, ini dia 5 jenis boba yang paling standar untuk memandumu dalam memutuskan bubble tea mana yang mau kamu beli!

Black Boba

Ini jenis boba yang paling umum, khususnya di minuman milk tea. Boba yang berbentuk seperti bola mutiara ini pada umumnya terbuat dari tepung tapioka. Warna hitam biasanya berasal dari gula merah atau pewarna karamel.

Dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis, black boba ini jadi topping minuman yang bikin banyak orang jadi ketagihan.

Clear Boba

Clear boba atau boba yang bening ini juga merupakan jenis boba yang cukup umum. Kalau black boba terbuat dari tepung tapioka, clear boba ini merupakan pati dari akar singkong. Kalau kamu lebih suka yang tidak terlalu manis, clear boba bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Clear boba relatif hambar, makanya biasanya lebih banyak digunakan di bubble milk tea. Bola-bolanya mampu menyerap susu dan rasa tehnya, membuat rasa clear boba ini menyatu dengan aroma teh. Misalnya kamu memesan chai bubble tea, clear boba akan terasa seperti chai tea juga.

Flavored Tapioca Boba

Flavored boba adalah boba biasa yang dimasak atau dilapisi dengan sirup perasa. Cita rasanya bisa berbagai macam, mulai dari rasa buah seperti stroberi dan mangga, hingga rasa ekstois seperti lidah buaya dan kelapa.

Di sejumlah gerai bubble tea, flavored boba ini suka disebut sebagai jelly pearl. Boba tipe ini biasanya digunakan untuk smoothies dan teh seduh. Sering juga digunakan sebagai topping es krim atau fro-yo.

Popping Boba

Dari namanya sudah bisa tebak dong boba macam apa yang ini? Boba yang satu ini menyimpan kejutan karena begitu digigit, POP! Bobanya meledak. Jenis boba ini dibuat melalui gastronomi molekuler.

Popping boba ini begitu digigit selain meledak juga menyemburkan jus buah asli yang ada di dalam boba. Popping boba juga ada yang tersedia dalam banyak rasa seperti mangga dan pisang. Popping boba ini berbeda dengan flavored boba karena bukan dibuat dari tapioka. Popping boba kebanyakan digunakan untuk smoothies dan shaken iced tea.

Mini Boba

Kembali lagi ke boba paling dasar, boba yang terbuat dari tapioka. Seperti namanya, mini boba ini layaknya black boba, clear boba, atau flavored boba tapi versi lebih kecilnya. Kalau kamu suka merasa bahwa boba ukuran biasa susah dikunyah atau ditelan, kamu bisa mencoba mini boba. Mini boba ini jadi topping yang pas untuk fro-yo atau bubble tea.

Minum boba sambil nonton serial netflix Mandarin bisa jadi pilihan buat mengisi waktu kosong nih. Sekarang kamu jadi lebih tahu deh soal jenis-jenis boba. Pas pesan jadi udah nggak bingung! 

Lebih asyik lagi kalau bisa cobain boba asli dari Taiwan ya! Nah biar kamu bisa melancong ke Taiwan buat cobain berbagai rasa boba langsung dari asalnya, mendingan belajar bahasa Mandarin dulu di Cakap!

Baca Juga:
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat