10 Pekerjaan Borongan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga!

pekerjaan-borongan-yang-bisa-dikerjakan-di-rumah

Salah satu jenis pekerjaan yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk menghasilkan keuntungan optimal adalah pekerjaan borongan. Sistem pekerjaan yang juga sering dikenal dengan istilah piecework ini bisa menjadi alternatif pekerjaan bagi kamu yang ingin bekerja dengan fleksibel karena bahkan ada banyak pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah.

Di artikel ini, kamu akan belajar banyak tentang apa itu pekerjaan borongan, sistem upah, dan contoh pekerjaan borongan yang bisa dicoba para ibu rumah tangga. Check this out!

Table of Contents

Apa itu Pekerjaan Borongan?

Pekerjaan borongan adalah bentuk pekerjaan di mana seseorang menerima pembayaran atau upah berdasarkan output keseluruhan. Dalam pekerjaan borongan, biasanya pekerja dibayar berdasarkan pekerjaan yang diselesaikan, bukan berdasarkan waktu atau jam kerja yang dihabiskan.

Meskipun terdengar cukup fleksibel, namun dalam praktiknya pekerja borongan juga dilindungi oleh hukum yang berlaku, yaitu dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP-150/MEN/1999 Tahun 1999 tentang “Penyelenggaraan program jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja harian lepas, borongan dan perjanjian waktu tertentu”.

Contoh sederhana dari pekerjaan borongan adalah apa yang biasa ditemui di perusahaan produksi makanan. Beberapa dari perusahaan tersebut biasanya menetapkan pembayaran staf berdasarkan jumlah setiap barang yang dikemas dan dibungkus dengan aman. 

Sistem Upah Pekerjaan Borongan

Ada 3 jenis sistem upah yang paling sering ditemui, yaitu sistem upah berdasarkan satuan waktu, sistem upah hasil, dan sistem upah borongan.

Untuk sistem upah pekerjaan borongan sendiri ditentukan dari volume pekerjaan yang sudah disepakati antara pengusaha dan pekerja. Mereka akan membuat perjanjian di awal mengenai besaran upah keseluruhan yang akan diberikan saat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Meskipun kemungkinan besar tidak ada tambahan upah di luar dari yang telah disepakati, namun jika perusahaan menerapkan sistem tarif borongan dan memiliki kesepakatan tertentu di antara keduanya, maka perusahaan tetap harus membayar jam kerja lembur karyawannya. Nah, untuk menghitung waktu jam lembur, kamu bisa mengalikan upah borongan reguler dengan angka 1,5. Kemudian kalikan jam kerja selama periode lembur.

Keuntungan Sistem Pekerjaan Borongan

Apa saja sih keuntungan dari sistem pekerjaan borongan? Berikut manfaat utama yang dapat diperoleh pekerja borongan.

(1) Meningkatkan Efisiensi

Dalam sistem upah borongan, secara keseluruhan meningkatkan efisiensi karena karyawan mengetahui bahwa ketika ia memproduksi barang lebih banyak maka mereka akan meraih pendapatan yang lebih besar. Sebisa mungkin mereka mengerjakan pekerjaan dengan sat-set dan cepat. Produktivitas tinggi, waktu pun tidak terbuang dengan sia-sia.

(2) Pengawasan Minimal

Keuntungan sistem pekerjaan borongan selanjutnya adalah minim pengawasan. Karyawan yang bekerja dengan sistem borongan, mempunyai kemampuan mandiri untuk menghasilkan pekerjaan tanpa harus diawasi dengan ketat. Mereka sudah sadar bahwa dengan atau tanpa pengawasan, upah mereka tetap bergantung pada banyak-sedikitnya, dan selesai-tidaknya pekerjaan yang ditetapkan. 

(3) Meningkatkan Jumlah Produksi Menjadi Lebih Tinggi

Pekerjaan borongan menekan intensitas pekerja untuk bekerja lebih keras dan menghasilkan jumlah produksi yang tinggi guna mencapai target yang ditentukan.

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Contoh Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Ibu-ibu rumah tangga juga bisa lho tetap produktif bekerja dari rumah. Berikut ini 10 rekomendasi pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan ibu-ibu rumah tangga.

(1) Menjahit dan Merajut

Pekerjaan ini sangat cocok untuk dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit atau merajut. Pekerjaan borongan menjahit atau merajut biasanya dibutuhkan oleh toko-toko kecil yang menjual pakaian atau hasil kerajinan tangan. 

(2) Pembuatan Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan mulai dari aksesoris, souvenir pernikahan, oleh-oleh, barang daur ulang dan sebagainya juga dapat dikerjakan di rumah, lho. Jika kamu berada di daerah wisata pekerjaan borongan untuk berbagai souvenir tentunya akan mudah didapatkan. 

(3) Membuat Packaging Produk

Jika tempat tinggalmu ada bisnis yang menggunakan kotak dalam pengiriman atau penjualannya, maka kamu bisa menawarkan jasa untuk membuat packaging produk. Kamu bisa membuat kotak produk makanan, sepatu, kue, aksesoris dan sebagainya. 

(4) Masakan Rumahan atau Jajanan

Kamu yang jago memasak juga bisa banget membuka usaha kecil-kecilan untuk menerima pesanan makanan rumahan atau jajanan. Tawarkan kepada tetangga dan teman-teman untuk berbagai acara atau kegiatan mereka. 

(5) Laundry Rumahan

Selain itu, usaha laundry rumahan juga sangat bisa dicoba untuk kamu yang memiliki tetangga yang cukup sibuk dalam kesehariannya. Pastikan kamu bisa mencuci dengan bersih, merawat pakaian dengan benar, serta menyetrika pakaian dengan rapi, ya. 

(6) Jasa Konveksi

Jasa konveksi adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk menghasilkan pakaian dalam jumlah besar. Sebenarnya, ini hampir mirip dengan penjahit rumahan. Namun jika kamu ingin mendapatkan uang dan pesanan jahit yang lebih banyak, kamu bisa membuka jasa konveksi di rumah. 

Ada banyak jenis konveksi yang bisa kamu pilih, seperti jahit celana baju, rok, tas, dompet, sarung bantal, sprei, dan lainnya.

(7) MUA atau Jasa Rias

Kamu jago merias atau bisa makeup-in orang dengan berbagai gaya atau model riasan? Kalau iya, maka pekerjaan sebagai Makeup Artist ini bisa jadi pilihan terbaik. Kamu bisa membuka jasa rias untuk berbagai acara, seperti wisuda, tunangan, photoshoot, hingga acara nikahan. Bayarannya juga cukup lumayan, lho. Kamu bisa mendapat ratusan hingga jutaan rupiah untuk satu orang klien yang kamu rias.

(8) Jasa Membersihkan Rumah

Tidak semua orang sempat dan punya waktu untuk membersihkan rumah. Jika kamu punya tetangga yang super sibuk dan membutuhkan jasa membersihkan rumah, kamu bisa mengambil pekerjaan ini. Hal-hal yang bisa dikerjakan adalah menyapu, mengepel, dan membersihkan berbagai area rumah, seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi. Kamu bisa mengambil upah borongan per hari, per minggu, atau per bulan.

(9) Menyediakan Layanan Catering

Alih-alih hanya memasak untuk kebutuhan makan sehari-hari, membuka jasa catering bisa jadi pekerjaan borongan yang baik untuk menambah uang bulanan. Kamu bisa menyediakan layanan catering dengan berbagai jenis, misalnya:

  • Catering harian: membuka layanan catering untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Catering untuk acara khusus: layanan untuk berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, pengajian, pernikahan, arisan, pertemuan keluarga, dll.
  • Catering spesial diet: akhir-akhir ini banyak orang yang tertarik untuk melakukan diet dan mengkonsumsi makanan-makan sehat, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka layanan catering spesial diet.


(10) Tutor Online atau Membuka Les Privat

Sambil menjalankan pekerjaan rumah tangga, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk membuka les privat atau tutor online. Pekerjaan borongan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian dalam satu bidang pendidikan tertentu. Misal, kamu jago dan fasih berbahasa Inggris, kamu bisa membuka les privat bahasa Inggris di rumah untuk beberapa anak. Untuk penetapan upah atau bayaran, bisa dilakukan per minggu atau per bulan.

Demikianlah definisi dan kumpulan contoh pekerjaan borongan yang bisa dilakukan di rumah dan cocok untuk para ibu rumah tangga. Buat kamu yang ingin memperdalam skill agar bisa melakukan banyak pekerjaan sampingan, yuk ikuti kelas Cakap Upskill

Kelas ini cocok banget buat kamu yang ingin belajar banyak hal, di sana ada banyak topik yang bisa dipelajari. Mulai dari bisnis hingga teknologi semuanya ada! Ada live webinar GRATIS tiap harinya yang bisa diikuti. Tunggu apa lagi cek kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiadapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.