Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?

Sebagai salah satu negara dengan perkembangan ekonomi paling pesat di dunia, Tiongkok menjadi salah satu tujuan pebisnis internasional untuk mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan profit yang lebih besar. Saat ini sudah banyak yang belajar bahasa Mandarin namun berapa banyak yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin bisnis?

Bahasa Mandarin bisnis menjadi bahasa yang semakin dominan dan penting dalam ekonomi global. Sebagai negara ekonomi terbesar kedua, Tiongkok adalah rumah bagi perusahaan manufaktur dan konsultasi terkemuka sehingga penting bagi bisnis di seluruh dunia untuk membuat koneksi dan kemitraan dengan dengan mereka. Belajar bahasa Mandarin dan mempekerjakan karyawan dengan keterampilan bahasa akan memberi keunggulan dalam bisnis internal.

Namun, kemampuan berbahasa Mandarin saja tidak cukup. Kamu juga harus bisa bahasa Mandarin bisnis untuk mengembangkan bisnis dan kariermu. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya,

Baik untuk Bisnis

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?
sumber: giphy

Belajar bahasa Mandarin dapat membawa pemahaman mendalam tentang budaya dan tren bisnis di Tiongkok. Pengetahuan ini penting karena mengungkapkan beberapa wawasan bisnis yang menguntungkan dengan dampak ekonomi yang besar di pasar global. Penting untuk dicatat bahwa pendidikan di Tiongkok berfokus pada keterampilan teknis.

Diskusi Online di Cakap Live Bikin Kemampuan Bahasa Mandarin-mu Meroket. Download Sekarang!

Ini berarti berinteraksi dengan komunitas Tionghoa dalam bisnis internasional dapat membantu untuk mengetahui tren perdagangan saat ini, keterampilan perdagangan baru, dan cita-cita yang relevan secara ekonomi. Oleh karena itu, keterampilan bahasa Mandarin adalah alat yang penting dalam menjelajah ke bisnis internasional.

Mandarin dengan mudah adalah salah satu bahasa paling populer di Bumi. Bahasa ini digunakan oleh banyak penutur asli, baik yang tinggal di dalam maupun di luar Cina. Dengan belajar bagaimana berbicara bahasa Cina, Anda meningkatkan kemungkinan dapat melakukan bisnis dengan perusahaan Cina.

Budaya Bisnis

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?
sumber: giphy

Mitra bisnis dari Tiongkok sangat menghormati orang-orang yang meluangkan waktu untuk fasih berbahasa mereka karena ini artinya kamu bersungguh-sungguh dan tidak ingin bercanda. Belum lagi, terlalu mengandalkan penerjemah dapat membantu melemahkan ikatan pengalaman dengan mitra bisnismu dan mencegah kamu membangun hubungan yang lebih pribadi dengan mereka.

Negosiasi juga berjalan lebih lancar ketika kamu tidak perlu lagi seorang penerjemah. Tidak semua orang di Tiongkok belajar bahasa Inggris. Faktanya, banyak orang di Tiongkok, terutama di luar Beijing dan Shanghai, tidak tahu bagaimana berbicara bahasa Inggris. Dengan bahasa Mandarin, akan lebih mudah untuk berkeliling dan melakukan bisnis di banyak kota di Tiongkok.

Memahami Perjanjian Bisnis

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?
sumber: giphy

Bisnis internasional menjadi lebih sukses dengan kemitraan yang produktif dengan perusahaan konsultan dan manufaktur terkemuka. Tiongkok menyediakan sebagian besar mitra dagang yang relevan di pasar global karena teknologinya yang canggih. Untuk membangun ikatan perdagangan yang langgeng dan membawa manfaat besar ke dalam bisnismu, penting untuk memahami persyaratan bisnis sebagaimana didefinisikan dalam kontrak perjanjian.

Jika perjanjian itu ditulis dalam bahasa Mandarin, terjemahan mungkin diperlukan. Namun, terjemahan dapat menyebabkan distorsi makna dari istilah-istilah penting yang dapat menyesatkan. Keahlian bahasa Mandarin bisnis memberimu kemampuan untuk memahami ketentuan perjanjian tanpa perlu terjemahan

Selain bahasa, etiket bisnis juga penting. Berikut beberapa etiket bisnis dengan pengusaha dari Tiongkok:

Salam

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?
sumber: giphy

  • Jabat tangan adalah hal yang umum tetapi tunggu rekan bisnismu untuk memulai gesture tersebut terlebih dahulu
  • Mengenai gelar kehormatan, sebagian besar orang harus disapa dengan gelar diikuti dengan nama belakang mereka.

Mentalitas Bisnis

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Bisnis itu Penting?
sumber: giphy

  • Pengusaha dari Tiongkok akan mengharapkanmu agar siap untuk pertemuan. Pastikan untuk memiliki salinan proposal yang cukup dan siap untuk dibagikan. Perhatikan bahwa materi presentasi harus hanya hitam dan putih, hindari warna.
  • Obrolan ringan dianggap sangat penting pada awal pertemuan.
  • Mereka lebih suka membangun hubungan yang kuat sebelum menutup kesepakatan, jadi kamu mungkin harus bertemu beberapa kali untuk mencapai tujuanmu.
  • Sangat penting bagi kamu untuk menjaga ketenangan selama rapat. Menunjukkan terlalu banyak emosi dapat memiliki efek negatif untuk negosiasi bisnis.
  • Mengenai pengambilan keputusan, orang Tionghoa cenderung memperpanjang negosiasi jauh melampaui batas waktu yang disepakati untuk mendapatkan beberapa keuntungan. Bersiaplah untuk itu: terima penundaan mereka dan jangan menyebutkan tenggat waktu. Kesabaranmu akan sangat dihargai.
  • Orang-orang di Tiongkok biasanya memasuki ruang rapat secara berurutan. Jadi berhati-hatilah, mereka akan menganggap bahwa yang pertama berjalan di ruangan itu adalah kepala delegasi.

Nah sobat Cakap, bahasa tidak hanya berupa sapaan sehari-hari tapi juga termasuk gesture tubuh dan pemilihan kosakata yang tepat dengan situasi. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Mandarin bisnis, kamu bisa mengunduh aplikasi Cakap melalui Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Cakap, kamu bisa kursus bahasa Mandarin online langsung dari ponsel pintarmu kapanpun dan di manapun.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google