7 Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

manfaat belajar bahasa inggris untuk anak
Image by pressfoto on Freepik

Belajar bahasa Inggris tidak hanya bermanfaat ketika sudah dikuasai, lho. Mempelajarinya di usia dini juga memberikan manfaat untuk si Kecil karena mempengaruhi kreativitas serta membantu proses pembelajaran mereka. Nah, memangnya apa saja sih manfaat belajar bahasa Inggris bagi si Kecil? Yuk, simak penjelasannya! 

Table of Contents

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Proses belajar bahasa baru melatih otak anak untuk mengingat kosakata, tata bahasa, dan aturan pelafalan. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi serta membantu perkembangan kognitif mereka secara keseluruhan. 

Selain itu, belajar bahasa asing seperti Inggris juga melatih si Kecil untuk memproses informasi dalam dua bahasa. Hal ini dapat membantu mereka untuk bisa membagi fokus kepada beberapa hal sekaligus. 

Tidak Merasa Asing dengan Bahasa Inggris

Banyak anak-anak yang baru mengenal bahasa Inggris ketika mereka sudah duduk di sekolah dasar. Dihadapkan dengan sesuatu yang tidak familiar, tidak sedikit yang menjadi malas dan tidak tertarik dengan apa yang diajarkan. 

Jika dibiarkan terus-menerus, si Kecil mungkin tidak akan tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan tidak termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, perlu untuk membiasakan si Kecil dengan bahasa Inggris sejak usia dini agar mereka familiar terlebih dahulu. 

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Jika Moms & Dads memilih mendaftarkan si Kecil dalam kursus bahasa Inggris, maka pembelajaran mereka melibatkan aspek membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Seperti diketahui, keempat hal tersebut merupakan aspek penting dalam komunikasi. 

Dengan mempelajari bahasa Inggris, si Kecil akan mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan segala aspek dalam bahasa tersebut. Dengan demikian, mereka memiliki dasar-dasar komunikasi yang menyeluruh dalam bahasa Inggris. 

Menambah Sumber Pengetahuan

Selain menjadi bahasa bisnis, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pendidikan. Banyak literatur seperti buku, jurnal, atau ensiklopedia menggunakan bahasa Inggris, termasuk berbagai buku cerita bahasa Inggris untuk si Kecil. 

Memiliki kemampuan bahasa Inggris dapat memberikan ragam pilihan sumber pengetahuan bagi si Kecil karena ia tidak terpaku pada satu bahasa saja. Mereka bisa belajar dongeng-dongeng mancanegara yang tentunya menampilkan budaya dan nilai-nilai yang baru. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan menguasai bahasa Inggris, si Kecil akan mengetahui banyak hal baru dan menguasai banyak hal yang mungkin belum dikuasai anak-anak lain seusianya. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kepercayaan diri si Kecil di sekolah dan lingkungan sekitar. 

Selain itu, ketika si Kecil sudah familiar dan terlatih untuk berbahasa Inggris sejak usia dini, ia juga akan lebih percaya diri untuk berbahasa Inggris ke depannya. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam pendidikan dan juga pekerjaan mereka kelak. 

Melatih Kebiasaan Belajar Hal Baru

Bahasa Inggris merupakan sebuah keterampilan yang dengan mempelajarinya, akan membuka keterampilan-keterampilan lainnya. Ketika si Kecil menikmati belajar bahasa Inggris, biasanya ia juga akan tertarik dengan berbagai macam permainan dan perlombaan yang berkaitan. 

Ingin Si Kecil Jadi Bilingual? Belajar Bahasa Inggris di Cakap, yuk!

Oleh karena itu, mereka juga cenderung akan lebih aktif untuk mencari tahu dan mempelajari hal yang baru. Mereka juga akan menikmati lomba-lomba di sekolah seperti spelling bee, trivia quiz, dan story telling

Mempersiapkan Masa Depan

Hal ini berkaitan dengan manfaat menguasai bahasa Inggris itu sendiri sebagai bahasa internasional yang digunakan secara universal. Dengan menguasai bahasa Inggris kesempatan pendidikan maupun karier yang lebih baik di masa depan akan lebih terbuka. 

Oleh karena itu, mengajarkan bahasa Inggris sejak dini akan membuat si Kecil lebih terbiasa dengan bahasa Inggris meningkatkan kefasihan mereka. Meski demikian, pastikan pembelajaran yang diberikan sesuai dengan usia dan kapasitas si Kecil, ya, Moms & Dads. 

Nah, dengan berbagai manfaat di atas, Moms & Dads bisa mulai memperkenalkan bahasa Inggris kepada si Kecil. Misalnya dengan membacakan buku cerita bahasa Inggris atau memberikan tayangan edukatif berbahasa Inggris untuk mereka sejak usia dini. 

Memasuki usia TK, Moms & Dads juga bisa mendaftarkan si Kecil ke kelas bahasa Inggris anak seperti yang tersedia di Cakap. Dengan metode pembelajaran online, Moms & Dads bisa sambil menemani dan memantau pembelajaran si Kecil dari rumah. 

Jika Moms & Dads lebih menyukai si Kecil untuk bertemu langsung dengan guru dan teman sebaya, Cakap Kids Academy bisa jadi pilihan, lho. Dengan konsep fun learning, si Kecil akan belajar bahasa Inggris dengan konsep kelas tematik yang dilengkapi fasilitas playground

Nah, tunggu apa lagi Moms & Dads? Yuk, segera daftarkan si Kecil di kelas bahasa Inggris online dan offline untuk anak dari Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat