Mengenal Metode Fun Learning & Cara Mengimplementasikannya!

metode-fun-learning

Belajar adalah sebuah proses yang diolah secara berbeda bagi masing-masing anak. Di usia anak TK dan SD, belajar bisa menjadi hal yang membosankan. Nah, ketika anak masuk pada fase bosan dan tidak semangat belajar, metode fun learning bisa jadi pilihan terbaik untuk ditawarkan.

Apa sih metode fun learning itu dan bagaimana cara menerapkannya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Table of Contents

Apa Itu Metode Fun Learning?

Metode fun learning adalah metode belajar yang didesain khusus untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Dengan metode fun learning, suasana belajar akan lebih ceria, tidak membosankan, dan efektif.

Menurut Darmansyah (2011) metode fun learning adalah strategi pembelajaran dan penyampaian materi dengan suasana hangat dan menyenangkan. Proses pembelajaran ini akan menghasilkan lingkungan belajar yang efektif dan efisien.

Karakteristik utama dari metode fun learning ini adalah fokus pada kegiatan yang menarik bagi para siswa. Tujuannya jelas untuk meningkatkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa, serta meningkatkan retensi informasi yang disampaikan. Wah keren banget ya metode fun learning ini, gimana apakah kamu siap untuk mengadopsi metode fun learning dalam pembelajaran?

Cara Mengimplementasikan Metode Fun Learning

Menerapkan metode fun learning bisa memberikan lifelong love of learning pada anak. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diimplementasikan untuk memulai metode fun learning!

(1) Siapkan Perangkat dan Metode Belajar yang Variatif

Langkah pertama untuk menerapkan metode fun learning adalah menyiapkan perangkat dan metode belajar yang variatif.

Tidak hanya belajar secara kontekstual, anak-anak juga bisa belajar lewat gawai pintar dengan menggunakan berbagai macam platform bermanfaat. Misalnya, anak-anak bisa belajar tidak hanya lewat buku saja, tapi lewat kuis, video conference, dan lain sebagainya. 

(2) Create Group Team

Biarkan siswa untuk belajar dan bekerja sama dengan membuat grup atau kelompok belajar. Dengan bekerja sama, anak dapat menyimpan informasi lebih cepat dan lebih lama, mereka juga dapat mengasah keterampilan berkomunikasi, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan bisa saling sharing ide kreatif.

Berikut beberapa tips untuk membuat kelompok belajar yang tetap produktif:

  • Keep it short: batasi waktu kelompok untuk berdiskusi. Dengan begitu, mereka akan tetap fokus pada tugas yang harus diselesaikan.
  • Tetapkan roles: berikan roles pada setiap siswa agar mereka dapat mengetahui apa yang harus dikerjakan.

(3) Melibatkan Permainan/Game dalam Proses Belajar

Game adalah salah satu cara luar biasa yang bisa digunakan untuk membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan dan nggak bikin bosan. Misalnya, sertakan beberapa games atau mainan edukasi untuk anak pada mata pelajaran IPA agar anak lebih mudah memahami dan menghafal materi. Atau dalam mata pelajaran Matematika, bisa menggunakan games Matematika interaktif yang membantu anak belajar lebih mudah dan efektif.

Nggak perlu khawatir dan takut kesusahan saat mencari game edukatif, karena ada banyak game edukatif yang bisa diunduh secara online. Lewat game anak bisa bermain sambil belajar.

(4) Incorporate Hands-on Learning

Pembelajaran langsung atau juga disebut dengan “pembelajaran aktif” adalah kegiatan belajar yang dapat mendorong anak untuk menghasilkan wawasan orisinil. Mengandalkan kegiatan langsung juga bisa membuat mata pelajaran jadi menyenangkan dan menarik. Cobalah untuk menerapkan aktivitas hands-on learning ke beberapa mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Geografi.

(5) Beri Anak Waktu Istirahat

Give kids a brain break! Meskipun belajar adalah hal yang penting, tapi istirahat juga tak kalah penting. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa siswa bisa belajar lebih baik ketika mereka memiliki istirahat otak dengan cukup.

Agar bisa tetap belajar namun juga cukup beristirahat, kalian bisa menerapkan teknik pomodoro pada anak. Misalnya, setelah belajar selama 2 jam, anak diberi waktu istirahat 30 menit untuk sekedar ice breaking atau melakukan kegiatan yang dia sukai.

(6) Buat Eksperimen Sains Sederhana

Eksperimen sains adalah cara terbaik sebelum memperkenalkan salah satu dari konsep atau materi yang akan diajarkan. 

Berikut beberapa contoh eksperimen sains sederhana yang bisa dicoba bersama anak:

  • Eksperimen bayang-bayang: bayangan akan muncul jika dikenai cahaya, ukuran bayangan pun bisa bervariasi.
  • Tisu warna-warni: tisu yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air warna-warni dapat menyerap warna yang ada pada gelas tersebut.
  • Tornado di dalam botol: melihat bagaimana tornado dapat terbentuk melalui goyangan dalam botol.
  • Gelas dalam pensil: anak akan diajak melihat bagaimana bayangan sebuah pensil yang dimasukkan ke dalam botol berisi setengah air.

     

(7) Jadwalkan Field Trip

Kunjungan lapangan tidak hanya mengajak anak untuk belajar di ruang outdoor. Akan tetapi di sana mereka bisa memiliki kenangan dan pengalaman indah, mereka bisa terhubung ke dunia luar dan terlibat langsung dengan apa yang mereka pelajari. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat trip sekolah adalah museum, drama/pementasan seni, taman bermain, planetarium, dll.

Demikianlah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu metode fun learning lengkap dengan cara menerapkannya. Yuk, mulai aplikasikan metode belajar yang menyenangkan dari sekarang!

Nah, untuk Moms & Dads yang sedang mencari tempat belajar yang mengaplikasikan pembelajaran fun learning, yuk segera daftarkan anak untuk mengikuti Cakap Kids Academy! Di sana anak bisa belajar bahasa asing dengan format kelas offline! Tunggu apa lagi, daftar sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!  

Referensi:

  • Thoughtco.com
  • Schoolofchild.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.