5 Contoh Eksperimen Sains dan Manfaatnya untuk Anak

eksperimen sains sederhana untuk anak

Mengajak anak untuk bereksperimen sains memiliki banyak manfaat lho, Moms. Mereka akan secara ilmiah belajar tentang pengetahuan sistematis mengenai alam dan dunia fisik, termasuk di dalamnya, botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya. 

Jika Moms and Dads tertarik untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi si Kecil di dunia sains, Moms and Dads bisa mulai mengajak dan mengajarkan si Kecil melakukan eksperimen sains yang mudah dan sederhana untuk anak di alam terbuka maupun di dalam rumah. Sedikit informasi bahwa belajar di ruangan terbuka bisa membuat anak lebih tertarik dan lebih fresh lho, Moms. (Yuk, baca juga mengapa penting belajar di ruangan terbuka untuk anak) Lalu, kumpulan eksperimen sains sederhana apa saja yang bisa kalian coba di tempat terbuka atau di dalam rumah? Simak ulasan berikut dengan seksama!

Telur Mengapung

eksperimen sains sederhana untuk anak
Photo from Pexels

Eksperimen sains sederhana untuk anak yang bisa dicoba adalah membuat telur mengambang di atas permukaan air. Untuk melakukan eksperimen sains ini, Moms and Dads nggak perlu repot menyiapkan peralatan dan bahan yang sulit karena semuanya merupakan alat dan bahan yang terdapat di dalam rumah.

Moms and Dads cukup menyiapkan telur, gelas, garam dapur, dan air. Kalau semua alat dan bahan sudah siap, mari mulai eksperimen sains-nya!

  • Tuangkan air ke dalam gelas, lalu masukkan telurnya. Telur akan tenggelam sepenuhnya.
  • Setelah beberapa saat, keluarkan telur dari dalam gelas, lalu masukkan beberapa sendok garam ke dalam gelas bekas telur. Kemudian, masukkan kembali telur ke dalam gelas, and surprise! Telur akan mengambang. *jika kamu memberikan lebih banyak garam, maka telur akan mengambang lebih ke atas lagi

Eksperimen sains ini memperlihatkan dan mengajarkan anak tentang adanya pengaruh berat jenis air terhadap benda yang ada di dalamnya.

Bayangan Dapat Berubah Bentuk Ukuran

eksperimen sains sederhana untuk anak
Photo from Pexels

Belajar dari bayangan? Kenapa tidak? Hal sederhana yang seringkali kalian temukan sehari-hari ini ternyata bisa dijadikan salah satu objek eksperimen sains sederhana untuk anak lho Moms & Dads. gimana caranya, ya? Yang pertama tentunya, eksperimen sains ini dapat dilakukan pada siang hari dengan sumber bayangan dari sinar matahari. Begini step by step eksperimennya!

  • Ajak anak untuk mengamati bayangan mereka di bawah sinar matahari dengan beberapa waktu yang berbeda.
  • Tandai bayangan anak di setiap waktu yang berbeda untuk mengetahui perbedaanya. Moms and Dads bisa menggunakan kapur atau benda-benda di sekeliling untuk menandai perbedaanya.
  • Setelah itu, ajak anak berteduh di balik pohon atau rumah untuk mengamati perbedaan bayangannya.

Eksperimen sains sederhana untuk anak ini akan mengajarkan bagaimana cahaya, waktu, dan tempat dapat mengubah bentuk bayangan.

Kaleng dan Senar

eksperimen sains sederhana untuk anak
Photo from Freepik

Masa kecil anak rasanya belum sempurna tanpa adanya eksperimen sains sederhana yang satu ini. Bagi anak-anak eksperimen ini pasti menjadi sesuatu yang sangat menakjubkan, bagaimana tidak, kaleng yang disatukan dengan senar bisa menjadi sarana berkomunikasi layaknya telepon. 

Alat yang perlu disiapkan adalah dua buah kaleng/gelas plastik dan senar/tali. Lalu, bagaimana cara membuat eksperimen sainsnya? Perhatikan langkah-langkah berikut!

  • Buatlah lubang berbentuk lingkarang kecil pada dasar gelas plastik. Lubang tersebut nantinya digunakan untuk memasukkan senar/tali.
  • Hubungkan gelas dengan tali melalui lubang kecil yang telah kamu buat.
  • Setelah kedua gelas plastik/kaleng tersebut terhubung, mintalah si Kecil untuk menaruh gelas dekat dengan bibirnya kemudian berbicara dengan menyentuh tenggorokan. Sedangkan yang lainnya mendengarkan melalui gelas/kaleng satunya. 

Melalui eksperimen sains sederhana untuk anak ini, Moms and Dads dapat mengajarkan tentang adanya gelombang suara yang merambat melalui udara dan benda.

Tangkai Bunga Terlihat Bengkok di Dalam Air

eksperimen sains sederhana untuk anak
Photo from Pexels

Kali ini ajak si Kecil untuk belajar mengenai pembiasan cahaya, yuk! Cukup siapkan gelas bening, air, dan bunga yang memiliki tangkai. Cara eksekusi eksperimen sains unik ini adalah sebagai berikut:

  • Tuang air ke dalam gelas, lalu masukkan tangkai bunga ke dalam air
  • Lihatlah dari samping, tangkai bungamu terlihat membengkok!

Gelembung Sabun

eksperimen sains sederhana untuk anak
Photo from Pexels

Yuk, ajak anak bermain sambil melakukan eksperimen sains sederhana untuk anak! Setiap anak pasti suka main gelembung sabun, tahukah Moms & Dads bahwa permainan gelembung sabun ini dapat melatih kemampuan intuitif anak? Anak akan meniupkan udara atau mengibaskan tangan agar gelembung tetap mengambang di udara. Eksperimen sains ini juga dapat membantu anak memahami tentang adanya konsep gaya tarik dan dorong.

Gimana Moms & Dads, eksperimen sains-nya seru-seru banget bukan? Yuk, segera ajak si Kecil untuk melakukan eksperimen sains di atas untuk mengisi waktu luang dan liburan!

Agar eksperimen sains si Kecil makin berkesan dan menarik, Moms & Dads juga bisa lho ajak si Kecil mengikuti Cakap Holiday Camp. Acara tersebut akan diadakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 20 s.d 23 Desember 2021. Di sana si Kecil bisa belajar beragam eksperimen sains dan bahasa inggris untuk mengisi liburan sekolah. Info lebih lengkap bisi klik di sini, ya! Dan jangan lupa join Parents Lyfe Club juga kalau Moms & Dads mau ikutan KulWap informatifnya!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.