8 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK Bersama Orang Tua di Rumah

Aktivitas untuk merayakan valentine bersama anak

Usia TK (4–6 tahun) adalah waktu di mana anak-anak akan lebih banyak bermain sambil belajar pengetahuan dasar. Pada usia ini, selain di TK, Moms dan Dads juga dapat membantu merangsang keingintahuan, imajinasi, dan kreativitas mereka, lho. Misalnya dengan mengajak melakukan kegiatan bersama sehingga si Kecil lebih terterlatih dan terasah kreativitasnya. Intip 8 kegiatan kreatif untuk anak TK berikut ini, yuk, Moms dan Dads!

Table of Contents

Menggambar dan Mewarnai

Kegiatan kreatif untuk anak TK yang pertama adalah menggambar dan mewarnai. Kegiatan ini merupakan hal yang pada umumnya disukai oleh anak-anak usia TK. Kegiatan ini juga dapat merangsang imajinasi dan mendorong si kecil untuk mengekspresikan diri. 

Orang tua sebaiknya tidak membatasi apa yang akan digambar dan pilihan warna yang akan digunakan oleh si Kecil. Pada tahap awal, Moms dan Dads dapat mengajari mereka konsep gambar yang sederhana terlebih dahulu seperti gambar segitiga, lingkaran, dan persegi. 

Permainan Balok

Cara mengembangkan kreativitas anak usia TK berikutnya adalah dengan permainan balok. Tidak hanya merangsang imajinasi dan kreativitas sang buah hati, kegiatan ini juga menyenangkan untuk dilakukan oleh anak untuk mengisi waktu luang di rumah.

Dengan permainan balok, si Kecil juga akan diperkenalkan dengan berbagai jenis warna dan bentuk. Hal ini tentunya akan berguna sebagai pengetahuan dasar sebelum memasuki pendidikan formal nantinya.

Baca juga : 7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 4-6 Tahun Bikin Makin Cerdas

Menyusun Puzzle

Bermain puzzle merupakan salah satu cara mengembangkan kreativitas anak usia TK yang dapat dilakukan di rumah. Permain menyusun potongan gambar hingga menjadi sebuah bentuk yang utuh ini telah lama menjadi mainan yang edukatif untuk anak-anak di seluruh dunia.

Lewat kegiatan ini anak-anak diajarkan bagaimana cara memecahkan masalah dengan menggunakan otak mereka. Sediakan juga beberapa jenis puzzle dengan gambar yang menarik agar sang anak tidak cepat bosan.

Bermain Clay

Kegiatan bermain clay juga merupakan cara mengembangkan kreativitas anak usia TK yang cocok untuk dilakukan bersama. Mainan yang terbuat dari tanah liat sehingga mudah dibentuk sesuka hati ini, kini tersedia dalam banyak warna yang menarik. 

Mainan ini dijual dengan harga yang cukup murah dan juga mudah didapat baik secara online maupun offline. Oleh sebab itu, mainan ini cocok untuk diberikan kepada anak-anak untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya.

cara meningkatkan kreativitas anak usia tk
Image by Freepik

Bernyanyi dan Menari

Kegiatan kreatif untuk anak TK lainnya adalah bernyanyi dan menari. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat si Kecil dapat mengekspresikan dirinya secara lepas. Namun orang tua juga perlu memperhatikan pilihan lagu dan musik yang sesuai dengan usia si Kecil. 

Moms dan Dads juga sebaiknya tidak perlu merasa malu untuk memberikan contoh secara langsung agar si Kecil lebih terpacu untuk mencoba. Sebab pada usia ini si Kecil akan lebih mudah untuk meniru apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. 

Baca juga : 11 Lagu Anak Bahasa Inggris Populer yang Baik untuk Pertumbuhan

Membuat Kerajinan Tangan

Agar si Kecil dapat berkembang dengan baik, Moms dan Dads dapat mendorong mereka untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas. Salah satu kegiatan kreatif untuk anak TK yang cocok dilakukan bersama orang tua adalah membuat kerajinan tangan.

Moms dan Dads dapat mendorong sang anak untuk membuat prakarya sederhana dengan menggunakan bahan-bahan bekas seperti kertas, botol plastik, dan kardus. Dengan kegiatan ini, si Kecil diharapkan dapat mewujudkan imajinasinya kedalam kerajinan yang dia buat.

Berkebun

Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak usia TK lainnya adalah dengan berkebun bersama. Tidak perlu pekarangan yang luas, Moms dan Dads bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang tersedia. 

Moms dan Dads bisa mulai dengan mengajak si Kecil menanam tanaman sederhana seperti bunga atau sayur-sayuran. Kemudian berikan mereka tanggung jawab sederhana yang mudah untuk dilakukan seperti menyiram tanaman, mencabut gulma, hingga mengatur pot.

Membuat Kue

Selanjutnya, Moms dan Dads juga dapat mengasah kreativitas si Kecil dengan membuat kue sederhana bersama. Kegiatan belajar ini tentunya merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka karena umumnya si Kecil menyukai makanan manis seperti kue. 

Moms dan Dads dapat mengajarkan anak-anak cara mengaduk adonan, mencetak kue, hingga menghias kue. Semua kegiatan tersebut secara tidak langsung akan dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas si Kecil.  

Nah, itulah 8 daftar kegiatan kreatif untuk anak TK yang dapat dilakukan bersama di rumah. Moms dan Dads bisa memanfaatkan waktu luang untuk bonding sekaligus mengembangkan kreativitas si Kecil melalui kegiatan menyenangkan bersama. Selain melatih kreativitas, Moms dan Dads juga bisa mendaftarkan si Kecil di kursus bahasa Inggris untuk anak, lho! Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • focusonthefamily.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.