Belajar di Ruang Terbuka Bisa Jadi Pilihan Menarik & Fresh untuk Anak

kegiatan outdoor

Parents, si kecil mulai tertarik dengan lingkungan luar? Proses tumbuh kembang si Kecil akan lebih optimal jika distimulasi dengan tepat, salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan outdoor yang menyenangkan.

Kegiatan outdoor punya banyak manfaat lho! Melakukan aktivitas outdoor akan memberikan si Kecil kesempatan untuk bermain sekaligus belajar. Mereka akan bereksplorasi di dalam ruang gerak yang luas, sehingga mereka bisa semakin bebas mengenal dan melatih kemampuan motorik dan juga sensoriknya.

Apa saja sih yang bisa dilakukan si Kecil di luar ruangan? Yuk cari tahu selengkapnya!

Kegiatan Outdoor

Mengenal gaya belajar anak dan membantunya berkembang merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Kegiatan Outdoor adalah salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan menarik dan segar bagi anak. Kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan ini akan menjadi kegiatan belajar yang sangat menyenangkan.

Kegiatan Outdoor merupakan salah satu komponen yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil lho parents

Manfaat Kegiatan Outdoor

Belajar sekaligus bermain di luar ruangan memang memiliki banyak manfaat terutama untuk si Kecil. Bahkan hanya dengan berbincang di luar rumah atau jalan-jalan sore, si Kecil bisa mendapat pembelajaran. Para peneliti juga menunjukkan interaksi dengan alam dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh si Kecil saat beraktivitas di luar rumah! 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika si Kecil bergerak bebas di luar ruangan, perkembangan motorik besar, motorik halus dan ketahanan kardiovaskular si Kecil pun akan terbantu. Menggerakkan fisik juga mampu meningkatkan energi, mengubah mood yang buruk menjadi lebih baik dan menguatkan kemampuan otak dalam mengingat. 

Sediakan waktu 10-15 menit di bawah sinar matahari agar vitamin D yang anak butuhkan bisa tersalurkan dengan baik.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Syaraf Otak

Selain bermanfaat untuk fisik, berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan juga mampu mengoptimalkan aliran oksigen dalam otak. Ketika kebutuhan oksigen si Kecil terpenuhi dengan baik, radikal bebas yang terikat pada otak pun akan berkurang sehingga kemampuan otak akan meningkat tajam. 

Anak-anak juga bisa terhindar dari stress, rasa mudah tertekan dan tahan terhadap kerusakan otak.

Mengembangkan Kemampuan Imajinasi

Di zaman modern ini, banyak sekali anak-anak yang dibiarkan banyak bermain gadget sehingga membuat mereka malas bergerak. Bukan hanya itu, otak si Kecil pun akan malas berpikir serta berimajinasi sebab semua telah tersedia dengan mudah di dalam gadget. 

Sebaliknya, dengan banyak beraktivitas di luar ruangan, si Kecil akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan imajinasinya.

Kemampuan Mengatasi Masalah

Ketika si Kecil bersosialisasi di luar ruangan dan bergabung dengan lingkungan di luar keluarga, kepekaan sosialnya tentunya akan terbantu untuk berkembang. Ditambah lagi, jika si Kecil menemukan perselisihan di dalam pertemanan sebaya, mereka akan berusaha untuk memperbaiki kesalahan dan mencoba mengatasi masalah dengan caranya sendiri.

Mengembangkan Kecakapan Sosial

Sejak usia dini, tentunya si Kecil harus dikenalkan bagaimana cara berhubungan dengan lingkungan, bagaimana mengelola pertemanan dan menghormati aturan-aturan sosial. Inilah yang akan membuat mereka terbiasa dalam menghadapi masyarakat saat dewasa nanti. Beraktivitas diluar rumah dan bertemu dengan banyak orang akan membantu kemampuan bersosialisasi si Kecil.

Peka terhadap Lingkungan

Dengan beraktivitas di luar rumah, si Kecil akan bereksplorasi dengan caranya sendiri. Bahkan kegiatan kecil seperti menginjak tanah, pasir, menemukan batu-batu cantik, mengeksplorasi kebun dan tumbuhan, akan membuat mereka belajar untuk mengekspresikan diri di alam bebas dan belajar tentang pentingnya lingkungan.

Contoh Kegiatan Outdoor yang Bisa Dilakukan Anak

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari kegiatan outdoor, sekarang saatnya parents mengajak si Kecil untuk mulai beraktivitas di luar rumah. Berikut Cakap punya rekomendasi kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan si Kecil di luar rumah.

Berenang

Umumnya, anak-anak sangat menyukai kegiatan yang berhubungan dengan air. Jika parents takut untuk mengajak si Kecil berenang di kolam renang umum, parents bisa mengajak si Kecil untuk bermain tembakan air maupun berenang di kolam renang portable di halaman rumah. Selain melatih fisik, renang juga akan melatih kemandirian dan rasa percaya diri si Kecil.

Berkebun atau Bercocok Tanam

Kebanyakan anak-anak suka meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika pandemi membuat parents hobi mengoleksi tanaman dan berkebun, tidak ada salahnya jika parents melibatkan si Kecil untuk melakukan hal yang sama. Ajak si Kecil untuk merawat tanaman, perkenalkan nama-namanya, ajak untuk ikut menyiram, memberi pupuk, dan lain-lain. Bila perlu, berikan satu tanaman khusus untuk si Kecil agar ia merasa memiliki.

Ada banyak manfaat bercocok tanam dan berkebun bagi anak. Selain si Kecil belajar tentang tanaman dan bagaimana cara merawatnya, ia juga akan belajar untuk bertanggung jawab.

Piknik

Piknik di halaman rumah atau di taman terdekat juga bisa menambah pilihan kegiatan outdoor parents dengan si Kecil. Kegiatan seperti ini merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk membiarkan si Kecil menikmati alam bebas. Dengan piknik, selain parents bisa menerapkan physical distancing yang diperlukan, si Kecil juga jadi bisa bergerak bebas di luar rumah.

Bersepeda

Bersepeda mengelilingi taman atau komplek perumahan juga bisa menjadi pilihan parents untuk membuat si Kecil beraktivitas di luar rumah. Selain membuat tubuh si Kecil menjadi lebih sehat dan bugar dengan bersepeda, menikmati pemandangan sambil bersepeda tentu akan membantu menyegarkan pikiran si Kecil. Namun, jangan lupa untuk selalu melengkapi si Kecil dengan peralatan keselamatan ya parents!

Membawa mainan keluar

Parents juga bisa membawa beberapa mainan kesukaan si Kecil keluar rumah untuk mengganti suasana bermain sehingga si Kecil bisa bermain dengan mainan favoritnya dengan merasakan perbedaan pada suasana yang baru. Walaupun sederhana, kegiatan ini akan cukup memberi hiburan bagi si Kecil agar tidak jenuh.

Mengamati hewan yang ada di luar rumah

Biasanya, di halaman rumah sering banyak burung-burung dan kucing yang singgah. Hal ini dapat dijadikan momen belajar yang menyenangkan bagi si Kecil untuk mengenal hewan sekitar yang ada di luar rumah. Parents juga bisa mengajarkan si Kecil untuk memberi makan pada hewan, cara menyayangi hewan, dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan kepada hewan.

Itulah ragam kegiatan outdoor yang bisa parents lakukan bersama si Kecil. Yuk mulai ajak si Kecil untuk beraktivitas di luar rumah, namun harus tetap dalam pengawasan parents, ya! 

Parents juga bisa mendapat informasi lainnya dan belajar tentang parenting di Cakap lewat Cakap Upskill lho. Di sana, parents bisa mendapatkan ilmu parenting dari pemateri profesional secara gratis! Yuk buruan daftar!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks