5 Tips Jitu Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin

kosakata bahasa mandarin

Kosakata merupakan hal terpenting dalam pembelajaran maupun penggunaan bahasa apapun di dunia ini, termasuk bahasa Mandarin. Jika kamu adalah orang yang baru belajar bahasa Mandarin, maka kamu mungkin sempat merasakan sulitnya menghafal kosakata. Nah, kali ini akan dibahas beberapa tips jitu yang dapat membantumu mengingat kosakata bahasa Mandarin. Cari tahu selengkapnya, yuk! 

1. Gunakan flashcard

Salah satu cara efektif dalam menghafal kosakata adalah dengan menggunakan flashcard, baik yang kamu buat sendiri, beli jadi, maupun daring. Flashcard sendiri adalah kartu-kartu yang berisi kosakata tertentu beserta cara pengucapan dan artinya. Dengan flashcard, kamu akan terbiasa menguasai jenis kosakata bahasa Mandarin dengan lebih cepat. 

Biasanya, flashcard tersedia dalam kelompok kosakata tertentu, misalnya kosakata mengenai nama binatang, nama warna, nama hari, dan lain-lain. Tidak terbatas itu, jika kamu membuat sendiri kamu bisa membuatnya berdasarkan kategori yang paling banyak kamu butuhkan. 

2. Terapkan strategi mind-mapping

Lantas bagaimana menyusun kategori-kategori untuk flashcard? Mind-mapping bisa kamu terapkan untuk membantumu dalam hal ini. Kamu bisa menggunakan mind-mapping untuk membuat pemetaan kategori-kategori yang kamu butuhkan berdasarkan hubungannya dengan kategori yang sudah ada. 

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kategori yang saling terhubung dan berkaitan satu sama lain. Hasilnya, kamu akan semakin “kaya” dalam hal kosakata dengan “kekayaan” yang sudah dikelompokkan masing-masingnya.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

3. Belajar cara mengucapkan dengan benar

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang mementingkan intonasi dalam pengucapannya. Perbedaan intonasi dalam melafalkan suatu kata akan mempengaruhi arti dari kata yang kamu ucapkan tersebut. Oleh karena itu, penting bagimu untuk belajar bagaimana mengucapkan setiap kata dalam bahasa Mandarin dengan benar. 

Lantas bagaimana cara melatihnya? Kamu bisa menggunakan aplikasi kamus atau website yang menyediakan kamus bahasa Mandarin. Biasanya aplikasi atau website ini dilengkapi audio bagaimana cara pelafalan dan nada dalam kata bahasa Mandarin.

4. Belajarlah menggunakannya

Sembari menghafal dan mengingat kosakata baru, berlatihlah untuk menggunakan kosakata tersebut. Cara sederhananya adalah dengan mencoba membuat kalimat dengan menggunakan kosakata dalam kategori tertentu. Jika sudah cukup mahir, cobalah membuat kalimat yang lebih kompleks menggunakan kosakata dari beberapa kategori. 

Untuk mengetahui apakah kamu sudah menggunakan kosakata dalam kalimat dengan benar, mintalah bantuan teman atau keluarga yang sudah mahir. Ajak pula mereka untuk membantumu bercakap dan melatih kosakata yang kamu miliki. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

5. Kelilingi dirimu dengan bahasa Mandarin

Semakin sering kamu “terpapar” oleh bahasa Mandarin, maka semakin familiar kamu dengan kosakata yang umum digunakan. Oleh karena itu, wajib bagimu untuk membuat dirimu dikelilingi bahasa Mandarin. Misalnya dengan mengganti pengaturan bahasa pada ponselmu, serta perkuat hubungan dengan pembelajar bahasa Mandarin lainnya. 

Selain itu, cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memperbanyak paparan bahasa Mandarin lewat film, drama, atau lagu. Kamu bisa mendapatkan hiburan yang tanpa sadar mengajarkanmu kosakata bahasa Mandarin baru dan memperkuat kosakata lama. 

Jangan menyerah ya!

Belajar bahasa baru memang tidak selalu mudah. Bahkan jika kamu sudah menyukai budaya populernya, kamu juga masih harus belajar bagaimana menggunakan suatu bahasa dengan benar. Belajar kosakata bahasa Mandarin pun demikian, kamu harus terus latihan agar semakin mahir dari waktu ke waktu. Tetap semangat ya!

Selain itu, jika kamu benar-benar ingin cepat menguasai bahasa Mandarin, kamu bisa memanfaatkan kursus Bahasa Mandarin di Cakap, lho! Dapatkan pembelajaran yang lebih terstruktur langsung dari laoshi yang sudah berpengalaman secara daring dengan komunikasi dua arah. Aplikasi Cakap sudah tersedia di Playstore dan App Store, lho. Download, yuk!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks