Homographs, Homophones, Homonyms – Apa Sih Perbedaannya?

beda Homographs, Homophones, Homonyms
Homographs, Homophones, Homonyms - Apa Bedanya?

Saya bisa berbicara bahasa Inggris. Ular itu berbisa. Kata ‘bisa’ dalam kedua kalimat ini memiliki makna yang berbeda bukan? Nah, bahasa Inggris juga memiliki kata-kata yang mungkin punya pelafalan atau penulisan yang sama tapi maknanya berbeda.

Hal ini terkadang menimbulkan kebingungan bagi para pelajar bahasa Inggris. Kesalahan penggunaan atau pelafalannya bisa mengakibatkan kesalapahaman yang fatal lho! Dalam bahasa Inggris, kata-kata yang mirip ini dibagi menjadi tiga kategori: homophones, homographs, dan homonyms. Supaya lebih jelas dan gak bingung lagi, yuk simak penjelasan dan perbedaan ketiganya di artikel ini!

Homographs

Homo’ berarti ‘sama’ sementara ‘graphs’ berarti ‘tulisan’. Kamu bisa tebak dong artinya apa? Yaps, homographs berarti kata dengan penulisan yang sama tapi lafal dan makanya berbeda. Di bahasa Indonesia, contoh homographs ada apel (buah) / apel (upacara) dan semi (musim) / semi (sebagian). Bagaimana dengan bahasa Inggris? Beirkut contohnya:

  • Sewer /ˈso͞oər/ (got) – sewer /ˈsō(ə)r/ (penjahit)
  • Bow /bō/ (pita) – bow /bou/ (membungkuk)
  • Read /riːd/ (membaca verb 1) / read /red/ (membaca verb 2)

Contoh kalimat:

I will read the book that you read yesterday.

Read dalam kalimat ini merupakan homographs karena memiliki pelafalan yang berbeda. Read yang pertama dibaca ‘rid’ karena merupakan bentuk kata kerja dasar atau verb 1. Sementara read yang kedua dibaca ‘red’ karena merupakan bentuk kata kerja past tense atau verb 2.

Homophones

Homo’ berarti ‘sama’ sementara ‘phones’ berarti ‘bunyi’. Artinya, ‘homophones’ merupakan kata dengan bunyi yang sama tetapi tulisan dan artinya berbeda. Dalam bahasa Indonesia, contoh dari homophones adalah ‘rock’ (genre musik) dan ‘rok’ (pakaian wanita).

Dalam bahasa Inggris, contoh homophones adalah sebagai berikut:

  • Pray (berdoa) / prey (mangsa)
  • buy (membeli) / bye (ucapan selamat tinggal)
  • too (juga) / two (dua) / to (ke)

Homonyms

Kategori yang ketiga adalah homonyms. ‘Homo’ berarti ‘sama’ sedangkan ‘nyms’ berarti nama. Jadi, homonyms merupakan kata dengan lafal atau tulisan yang sama, tapi maknanya berbeda.

Di bahasa Indonesia, contoh homonyms adalah bunga (tanaman) / bunga (bank) dan bisa (mampu) / bisa (ular). Dalam bahasa Inggris, contoh homonyms antara lain:

  • Watch (jam tangan) / watch (menonton)
  • Blue (biru) / blue (sedih)
  • Type (tipe) / type (mengetik)

Contoh kalimat:

I can kick that can!

Walaupun sama-sama ditulis ‘can’ dan memiliki pelafalan yang juga sama, arti keduanya beda lho, sobat Cakap! Can yang pertama merupakan kata kerja atau verb yang berarti bisa. Sementara ‘can’ yang kedua merupakan kata benda atau noun yang berarti kaleng. Jadi arti kalimat di atas adalah “Saya bisa menendang kaleng itu!”

Dengan mengetahui perbedaan homophones, homographs, dan homonyms, kamu jadi lebih mengenal kata-kata yang mirip dalam bahasa Inggris sehingga saat menemukannya, kamu tidak bingung lagi apalagi salah menggunakannya.

Mau latihan soal tentang homophones, homographs, dan homonyms atau belajar lessonlesson bahasa Inggris lainnya? Kamu bisa lho nonton di channel Youtube-nya Cakap! Atau, kamu bisa juga mengasah pronunciation dan speaking bahasa Inggrismu di kelas bahasa Inggris Cakap. Di Cakap, kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja karena kamu bisa mengatur jadwal belajarmu sendiri. Asyik banget kan? Tunggu apa lagi, yuk mulai #BelajarTanpaBatas sekarang!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat