“Hajimemashite” dan Perkenalan Diri Bahasa Jepang

"Hajimemashite" dan Perkenalan Diri Bahasa Jepang

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa Jepang hajimemashite yang biasa disebut pada saat perkenalan diri dalam bahasa Jepang. Secara umum, kata ini dapat diterjemahkan sebagai “salam kenal” atau “perkenalkan”. Namun, tahukah kamu arti secara harfiahnya dan juga bagaimana penggunaannya dengan benar? 

Yuk, bahas secara lebih mendalam mengenai hajimemashite yang merupakan salam bahasa Jepang yang digunakan saat perkenalan!

Arti Hajimemashite

arti hajimemashite
Photo by Pixabay from Pexels

Hajimemashite (初めまして) atau yang dalam hiragana ditulis はじめまして, berasal dari kata hajimeru (初める) yang artinya “memulai (untuk melakukan sesuatu)”. Secara harfiah, hajimemashite dapat diterjemahkan sebagai “ini pertama kalinya” yang merujuk pada pertemuan pertama atau perkenalan dengan seseorang. 

Meski demikian, hajimemashite juga sering diterjemahkan sebagai “salam kenal” atau “perkenalkan”, sehingga lebih sesuai dengan konteksnya dalam perkenalan. 

Dalam perkenalan diri, hajimemashite juga sepaket dengan yoroshiku onegaishimasu (よろしくおねがいします) yang secara harfiah berarti “mohon perlakukan (saya) dengan baik”. Yoroshiku onegaishimasu sendiri sering diterjemahkan sebagai “terima kasih” atau “senang bertemu dengan Anda”. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

hajimemashite artinya
Photo by freepik from freepik

Ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang kamu perlu mengucapkan hajimemashite di awal yang diiringi dengan yoroshiku onegaishimasu di akhir. Jadi, secara umum kamu dapat memperkenalkan diri dengan format berikut: 

  1. はじめまして (hajimemashite)
  2. Nama  「私は。。。 (watashi wa)/私の名前は。。。 (watashi no name wa)」
  3. Identitas lainnya seperti pekerjaan, daerah asal, dan sebagainya. 
  4. よろしくおねがいします (yoroshiku onegaishimasu).

Jika kamu merupakan perwakilan dari suatu lembaga, maka kamu juga bisa menyebutkannya bersama dengan namamu dengan format 「nama lembaga」の「namamu」. Ini digunakan misalnya ketika kamu memperkenalkan diri dalam pertandingan mewakili sekolah. 

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

hajimemashite yoroshiku
Photo by freepik from freepik

Agar kamu lebih mengerti penggunaan hajimemashite dan yoroshiku onegaishimasu dalam perkenalan diri bahasa Jepang, perhatikan contoh berikut ini, ya!

  • 初めまして。私は高橋みなみです。よろしくお願いします。
    Hajimemashite. Watashi wa Takahashi Minami desu. Yoroshiku onegaishimasu.
    Salam kenal. Saya Takahashi Minami. Senang bertemu dengan Anda. 

  • 初めまして。私の名前はインドリです。インドネシアから来ました。よろしくおねがいします。
    Hajimemashite. Watashi no name wa Indri desu. Indonesia kara kimashita. Yoroshiku onegaishimasu.
    Perkenalkan. Nama saya Indri. Saya berasal dari Indonesia. Senang bertemu dengan Anda.
     
  • 初めまして。水沢高校の綾瀬千早です。よろしくお願いします。
    Hajimemashite. Mizusawa koukou no Ayase Chihaya desu. Yoroshiku onegaishimasu.
    Salam kenal. Saya Ayase Chihaya dari SMA Mizusawa. Senang berkenalan dengan Anda. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Selamat! Selain mengetahui arti dan penggunaan hajimemashite, sekarang kamu juga sudah bisa memperkenalkan dirimu secara singkat dalam bahasa Jepang. 

Bagi kamu yang ingin lebih jago dari sekadar tahu arti hajimemashite dan perkenalan diri bahasa Jepang, kamu bisa gabung di Cakap, lho. Ada les bahasa Jepang online yang bisa kamu ambil dengan jadwal yang fleksibel. Kamu yang suka anime dan ingin nonton anime tanpa subtitle, langsung daftar aja, yuk!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat