Cara Menjadi Web Developer untuk Pemula yang Efektif

Cara menjadi developer

Sebagai salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan, tak heran jika banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menjadi web developer. Apakah Sobat Cakap salah satunya?

Profesi sebagai web developer tidak hanya menawarkan peluang yang menjanjikan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkreasi dan berkontribusi dalam membangun kehadiran online yang efektif.

Bagi pemula yang tertarik untuk memulai karier di dunia web development, proses pembelajaran dan memahami dasar yang tepat adalah langkah awal yang penting. 

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa langkah penting untuk memulai perjalanan Anda sebagai web developer pemula.

Table of Contents

Apa itu Web Developer?

Web developer adalah profesi yang membuat program dan aplikasi untuk dengan basis www (world wide web).

Web developer dapat membangun situs web dari awal, mulai dari membuat kode khusus apabila dibutuhkan fitur khusus untuk situs web, merencanakan layout, hingga fitur dan fungsionalitas situs web. 

Sederhananya, seorang pengembang web dapat dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara situs web. Namun jika membahas tentang developer secara lebih mendalam, Anda pasti tahu bahwa pekerjaan seorang web developer  bisa dibilang luas. 

Adapun jenis-jenis web developer adalah sebagai berikut:

  • Front-end developer.
  • Back-end developer.
  • Full-stack developer.

 

Tugas Web Developer

Sejumlah tugas web developer adalah sebagai berikut.

1. Membangun Website

Biasanya tugas utama seorang web developer adalah membuat website dengan menggunakan satu atau lebih bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman yang digunakan oleh web developer pun bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan website.

Tugas web developer dibagi lagi menjadi lebih spesifik disesuaikan dengan peran masing-masing, seperti front-end, back-end, atau database.

Front-end biasanya mengerjakan tampilan UI menggunakan HTML dan CSS. Sementara itu, back-end bekerja di belakang layar, menggunakan PHP atau Python.

Pada saat yang sama, database memiliki tugas untuk membuat dan mengimplementasikan data.

Pelajari istilaj-istilah programming di sini: 27+ Istilah Programming Lengkap yang Penting Diketahui Programmer 

2. Menyusun Rencana Pembuatan Website

Rencana pembuatan website disusun sedemikian rupa, sehingga orang tahu apa saja perintah yang akan ada di dalamnya.

Rencana yang sudah  dibuat akan disampaikan kepada semua anggota tim. Tugas akan dibagi menurut kemampuan masing-masing orang. Selain kemampuan, durasi pengerjaan biasanya  juga menjadi pertimbangan.

3. Melakukan pengetesan

Peluncuran situs web bukan akhir dari pekerjaan web developer. Meski biasanya dilakukan oleh tim QA, web developer tetap bertanggung jawab menjalani evaluasi tes.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menentukan apakah ada masalah dalam menggunakan situs web.

Beberapa perusahaan melakukan pemeriksaan rutin untuk menemukan masalah  lebih cepat dan memperbaikinya.

4. Membuat dan Mengetes API

Antarmuka pemrograman aplikasi (API) merupakan protokol komunikasi antara berbagai bagian yang dimaksudkan untuk mengefisiensi implementasi dan pemeliharaan perangkat lunak.

API biasanya berfungsi sebagai perpustakaan dari sebuah situs yang dibangun.

Mengingat API berperan penting dalam pengembangan dan pemeliharaan situs, maka setelah dibuat, API akan langsung didokumentasikan.

Belajar Skill Bersertifikat di Upskill Cakap dan Raih Karier Impianmu!

Skill yang Harus Dimiliki Web Developer

Beberapa skill yang dibutuhkan seorang web developer adalah sebagai berikut. 

 1. Memiliki Pengetahuan tentang HTML dan CSS 

Seorang programmer yang bekerja sebagai web developer perlu mengetahui  bahasa pemrograman berupa HTML dan CSS.

Pemrograman situs ini adalah yang termudah. Jika web developer memiliki keterampilan mengedit HTML dan CSS,  maka hasil desain situs web bisa lebih baik.

2. Pengetahuan tentang Pemrograman JavaScript 

Tugas web developer adalah memasukkan program atau kode sesuai permintaan klien yang  membuat website bekerja dengan cara yang kompleks.

Salah satu program yang sering digunakan pada website adalah JavaScript. Ada banyak plugin dan ekstensi yang disebut jQuery yang membuat penggunaan JavaScript  menjadi lebih mudah. 

 3. Mengetahui Penggunaan Analytics

Kemampuan penggunaan software analytics bermanfaat untuk memantau kinerja website yang  dikembangkan.

Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menguji situs web yang  dirancang. Menggunakan analytics dapat membantu developer memahami distribusi user dan konsep situs web apa yang populer di kalangan banyak orang.

 

Cara Menjadi Web Developer

Jika ingin berkecimpung di dalamnya, beberapa syarat menjadi developer yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Mempelajari Dasar-Dasar JavaScript, CSS, dan HTML

Cara menjadi web developer bisa dimulai dengan mempelajari komponen-komponen dasar untuk membuat website, seperti HTML untuk mendefinisikan struktur, CSS untuk menyempurnakan tampilan web, dan bahasa pemrograman Javascript untuk mengoperasikan website.

2. Mempelajari WordPress

Penting bagi kamu untuk mengetahui cara menggunakan WordPress. Pasalnya, sebanyak 63% dari semua situs web didukung oleh WordPress.

3. Mengenal UI/UX

UI (Antarmuka Pengguna) dan UX (Pengalaman Pengguna) adalah dasar dari desain pengalaman pengguna.

Meskipun kamu tidak memiliki keterampilan desain, penting  untuk mempelajari dasar UI/UX untuk mendapatkan tampilan dan nuansa yang diinginkan pengguna.

Tujuannya adalah membawa banyak traffic ke situs web, serta membantu user menemukan apa yang mereka cari supaya bisa menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Dengan begitu, persentase bounce rate dapat berkurang.

4. Mempelajari Dasar SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, istilah ini mengacu pada proses peningkatan peringkat situs web di mesin pencari, seperti Google.

Meski sebagian besar SEO situs web adalah tentang konten. Namun, struktur dan kode situs web juga berperan dalam pengoptimalan mesin telusur web. Misalnya, tag heading (HTML), yang dapat memberitahu Google tentang konten utama situs web. 

Itulah mengapa, mempelajari SEO menjadi salah satu cara menjadi web developer yang perlu diterapkan. Menciptakan website yang SEO friendly akan membuat klien merasa puas dengan hasilnya.

5. Belajar PHP dan SQL

SQL adalah teknologi basis data yang menyimpan data. PHP merupakan bahasa “scripting” yang menempatkan atau mengambil sesuatu dari database.

Contoh WordPress menggunakan MySQL untuk menyimpan dan mengelola data (posting blog, halaman konten, komentar, data pengguna) di “tabel” database.

PHP membuat situs web WordPress menjadi dinamis, berinteraksi dengan semua elemen yang berbeda, dan memperbarui database tepat saat kamu menggunakannya.

6. Membuat Portofolio

Cara menjadi web developer berikutnya adalah membuat portofolio. Jika ingin bekerja dalam bidang ini, tentu kamu harus memiliki portofolio yang menarik dan baik untuk meningkatkan kredibilitas kamu sebagai seorang web developer.

Jenjang Karir Web Developer

Tidak ada jalur karir khusus untuk web developer. Namun, kamu dapat berpindah-pindah di antara front-end, back-end, dan full stack developer untuk mendapatkan keterampilan dan pengalaman yang lebih luas.

Gaji Web Developer

Gaji web developer di Indonesia sangat bervariasi tergantung kondisi tertentu, seperti posisi, tanggung jawab dan ukuran perusahaan.

Dilansir dari Glassdoor melaporkan bahwa gaji rata-rata untuk web developer adalah Rp7 juta per bulan.

Sementara itu, Payscale menunjukkan bahwa gaji rata-rata untuk web developer adalah  60 juta per tahun, atau sekitar Rp5 juta per bulan.

Penelitian lain menjelaskan bahwa gaji terendah untuk web developer adalah Rp5 juta  dan tertinggi sekitar Rp17 juta  per bulan.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang menjadi seorang web developer, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai belajar.

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Inggris Kamu? Cek Sekarang di Cakap!

Bergabunglah dalam kursus online bersertifikat untuk mengasah keterampilan kamu dalam mengembangkan situs web yang mengesankan di Cakap Upskill!

Di sini, kamu akan mengenal ruang lingkup pekerjaan bagi seorang web developer, mulai dari algoritma website, persiapan membangun website, membuat website dengan HTML5 dan Javascript, kemudian memaksimalkan kinerja website.

Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga!

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup