27+ Istilah Programming Lengkap yang Penting Diketahui Programmer

istilah programming

Dalam dunia yang semakin terhubung dan didominasi oleh teknologi, istilah pemrograman kini penting untuk dipahami, terutama programmer. Pemrograman memungkinkan kita untuk menciptakan perangkat lunak, aplikasi, dan sistem yang menggerakkan dunia modern ini. Dalam artikel ini, kita akan menggali dunia pemrograman melalui sejumlah istilah menarik, mulai dari konsep dasar hingga teknologi canggih yang sedang berkembang.

Kumpulan Istilah-Istilah Programming

Berikut adalah beberapa istilah programming yang perlu Sobat Cakap ketahui.

1. Program

Suatu program biasanya mengacu pada serangkaian instruksi yang terorganisir yang kemudian dieksekusi untuk melakukan tugas atau fungsi tertentu. Dalam hal ini, CPU komputer (central processing unit) diperlukan untuk memproses program. Salah satu contoh program adalah Microsoft Word yang tentunya sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Microsoft Word merupakan aplikasi yang tugasnya mengolah kata menjadi sebuah dokumen. Contoh lain dari sebuah program yakni browser yang biasa kamu gunakan untuk mengakses Internet, seperti Google Chrome atau Opera.

2. API

API adalah istilah pemrograman yang berasal dari kata Application Programming Interface. Fungsi API adalah meneruskan perintah dari pengguna ke sistem. Dengan perintah ini, program  mengetahui respons apa yang harus diberikan.

3. Algoritma

Algoritma pemrograman mengacu pada langkah-langkah atau instruksi atau urutan untuk memecahkan masalah pemrograman komputer. Masalah yang dapat dipecahkan algoritma dapat sesederhana menambahkan angka hingga serumit mengubah dari satu format video ke format lainnya.

4. AJAX

Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) adalah teknologi yang memungkinkan objek XMLHttpRequest menjalankan komunikasi dengan server. AJAX memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima data dalam berbagai format,  seperti JSON, XML, HTM, teks, dan lain-lain.

5. Bug

Programming Secara harfiah, serangga diartikan sebagai serangga. Seperti yang kita tahu, kehadiran serangga cenderung mengganggu, bukan? Nah,  dalam pemrograman, istilah ini dapat dikaitkan dengan gangguan.

Ini karena kesalahan pemrograman dan bug sama-sama  mengganggu. Bug didefinisikan sebagai masalah dalam kode pemrograman. Bug atau kesalahan ini mencegah sistem bekerja sebagaimana mestinya dan harus segera diperbaiki.

6. Wireframe

Wireframe adalah istilah programming yang juga dikenal sebagai mockup. Sebelum menentukan desain akhir produk, kamu pasti akan terlebih dahulu membuat wireframe atau mockup. Dengan kata lain, wireframe adalah prototipe dari desain  atau aplikasi situs web.

7. Code

Code (kode) adalah istilah programming yang digunakan untuk menggambarkan sebuah penulis tertulis. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu, seperti Java, C atau Python. Seorang programmer harus mahir dalam kode atau bahasa pemrograman untuk  menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap? Klik Tombol Berikut!

8. HTML

Hypertext Markup Language atau HTML adalah istilah programming berikutnya yang perlu kamu pahami. Ada banyak elemen pemrograman yang terkait dengan HTML. HTML digunakan untuk menggambarkan struktur halaman web. Teks ini memungkinkan komputer atau sistem untuk memahami komponen-komponen di dalamnya.

9. Framework

Developer menggunakan framework ini untuk mengembangkan kode yang digunakan untuk membangun aplikasi. Penggunaan framework bertujuan untuk mengurangi jumlah kesalahan atau gangguan dalam aplikasi yang mereka kembangkan. Dengan bantuan framework, proses pengembangan perangkat lunak atau aplikasi dapat lebih terstruktur dan dirancang dengan lebih baik sehingga cacat dapat segera ditemukan dan diperbaiki.

10. Database

Database adalah kumpulan informasi atau data yang terstruktur. Kumpulan data ini disimpan secara elektronik dalam  sistem komputer. Ketika membutuhkan informasi tertentu, kamu dapat mengaksesnya dengan mudah dan teratur. Database biasanya menggunakan Structured Query Language (SQL).

11. SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk mengelola dan mengakses database relasional. SQL memungkinkan pengguna untuk membuat, mengubah, dan mengambil data dari database dengan mudah.

12. Web Server

Web server merupakan elemen yang menyimpan file komponen situs web, termasuk dokumen HTML, gambar, kode CSS, dan JavaScript. Selain itu, web server juga berguna untuk memastikan bahwa pengguna memiliki akses ke web.

13. Swift

Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis iOS.

15. CSS

CSS atau CSS Style Sheets adalah istilah programming yang digunakan untuk mendefinisikan tampilan  website. CSS memungkinkan kamu mengatur jenis font, warna teks, dan background halaman.

16. Agile

Agile adalah metode pengembangan perangkat lunak yang mempercepat proses kerja. Dengan metode ini, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan meski dilakukan dengan porsi yang kecil-kecil. Berkat ini, proyek yang direalisasikan dapat memiliki kualitas yang baik dan biaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan.

17. UX

UX (user experience)b atau pengalaman pengguna adalah desain interaksi manusia dengan produk digital. Semakin baik UX produmu, maka semakin nyaman bagi orang untuk menggunakannya.

18. UI

UI (user interface) adalah istilah programming yang berkaitan dengan UX. UI merupakan tampilan visual dalam suatu sistem.

19. JavaScript

Bahasa pemrograman JavaScript berbasis teks dan digunakan untuk membuat halaman web menjadi interaktif. Jika kamu hanya menggunakan HTML dan CSS, website kamu akan kurang menarik. Tetapi dengan JavaScript, proyek yang kamu buat dapat menarik lebih banyak pengguna.

20. Array

Array adalah struktur data yang menyimpan beberapa elemen dalam sebuah variabel. Elemen array bisa dalam bentuk objek, angka, atau teks. Array sangat berguna ketika kita ingin menyimpan dan mengelola data dengan lebih praktis.

21. Compiler

Compiler adalah program yang mengonversi kode sumber (ditulis dalam bahasa pemrograman manusia) menjadi bahasa mesin (bahasa yang dapat dijalankan oleh komputer) melalui sebuah proses yang disebut dengan “compiling”.

22. Debugging

Debugging adalah proses menemukan dan memperbaiki kesalahan  dalam kode. Ini adalah bagian penting dari proses pengembangan dan dapat memakan waktu  tergantung pada kompleksitas program.

23. Function

Function adalah kelompok kode yang dapat dipanggil berulang kali dalam suatu program. Function dapat menerima parameter dan mengembalikan nilai, sehingga program menjadi lebih terstruktur dan kode juga lebih mudah dikelola.

24. Syntax

Syntax adalah istilah programming yang dikenal sebagai aturan untuk menulis kode. Setiap bahasa pemrograman memiliki syntax yang berbeda, seperti menentukan spasi, menggunakan kurung sudut, dan lain-lain. Penulisan syntax yang salah akan menimbulkan error pada suatu program.

Belajar Coding bareng Ahlinya dan dapatkan Sertifikatnya!

25. Variable

Variabel adalah istilah programming yang berfungsi untuk menyimpan nilai dalam suatu program. Nilai variabel dapat berubah seiring berjalannya program. Aspek ini juga memungkinkan program yang dibuat menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah dipahami.

26. Object

Objek adalah entitas perangkat lunak yang mempunyai atribut (properti) dan perilaku (metode). Pemrograman berorientasi objek (OOP) adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada pembuatan dan interaksi antar objek.

27. Loop

Programming Loop adalah blok kode yang dieksekusi berulang kali untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Sebuah loop sangat berguna ketika kita ingin melakukan tindakan yang sama beberapa kali, misalnya menghitung elemen dari suatu array atau mencetak hasil pengolahan data.

28. Repository

Repository adalah istilah untuk suatu tempat yang berfungsi menyimpan serta berbagi kode, seperti GitLab dan GitHub. Repository dapat membantu pengembang untuk berkolaborasi dalam proyek yang sama, melacak perubahan, dan memastikan kode yang stabil.

29. Library

Library merupakan istilah programming yang mengacu pada kumpulan fungsi yang bisa digunakan dalam program tanpa membuatnya dari awal. Library membuat pengembangan software menjadi lebih efisien dan pemeliharaan kode lebih mudah.

30. Moodboard

Istilah programming selanjutnya yang perlu dipahami adalah moodboard, yaitu alat visualisasi yang dapat digunakan untuk mengekspresikan pikiran dan ide sebelum mulai merakit produk. 

Setelah mengetahui beberapa istilah programming, kini saatnya kamu mengembangkan skill dalam bidang IT dengan mengikuti Kursus Coding Online Bersertifikat. Mengikuti kursus online bersertifikat di Cakap Upskill akan membantu kamu mengenal ruang lingkung pekerjaan di dunia IT, khususnya web developer.

Kelas ini telah mencakup materi tentang algoritma, persiapan membangun website, membuat website dengan HTML5, Javascript, hingga cara memaksimalkan kinerja website.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan dirimu sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.