WordPress Developer: Tugas, Skill Wajib, Gaji, Cara Menjadi

wordpress-developer-adalah

Saat berkelana menjelajahi dunia internet, pernah nggak sih kamu bertanya bagaimana pembuatan situs web di internet dan siapa orangnya? WordPress adalah salah satu platform yang digunakan untuk membangun dan membuat situs web. Para pengembangnya disebut dengan WordPress developer. Yap, bener banget! WordPress developer adalah orang-orang yang berjasa dibalik suksesnya sebuah situs web perusahaan.

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut seputar profesi WordPress developer, baik mengenai tugas-tugasnya, skill yang harus dimiliki, dan standar gajinya, pantengin terus artikel ini, ya! Di sini kamu akan menemukan semua jawabannya!

Table of Contents

Apa Itu WordPress Developer?

WordPress Developer adalah seorang profesional dalam infrastruktur dan ekosistem platform WordPress. Mereka mengelola tantangan yang cukup kompleks dalam memelihara situs web WordPress sebuah perusahaan.

Profesi ini juga memungkinkan mereka untuk melakukan peningkatan terhadap beberapa hal, seperti perangkat lunak, membuat produk baru, hingga bertanggung jawab atas front-end dan back-end (termasuk penerapan tema dan plugin) dalam WordPress itu sendiri.  

Meskipun sama-sama berkaitan dengan situs web, namun perlu diingat bahwa profesi wordpress developer berbeda dengan web developer. Perbedaan web developer dan WordPress developer yang paling mencolok adalah dari segi jangkauan pekerjaannya.

WordPress developer hanya terfokus pada pengembangan WordPress saja, sedangkan web developer adalah programmer yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan website atau world wide web. Pada akhirnya, WordPress developer adalah salah satu dari jenis web developer, hanya saja fokus dari WordPress developer terpacu pada WordPress.

Tugas atau Jobdesk WordPress Developer

Selain memiliki tanggung jawab utama untuk meningkatkan dan mengembangkan perangkat lunak WordPress dan memenuhi kebutuhan website, masih ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikelola oleh seorang WordPress developer. 

Nah, berikut ini ada beberapa list tugas WordPress developer;

  • Membuat tema, plugin, dan modul khusus
  • Mendesain ulang situs web untuk meningkatkan kinerja SEO
  • Menulis, menguji, dan men-debug basis kode WordPress
  • Berkomunikasi dengan klien untuk membahas design dan fungsi yang dibutuhkan
  • Memelihara pencadangan dan pemindaian keamanan pada WordPress
  • Memantau kinerja situs web secara berkala dan konsisten

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi WordPress Developer

Agar lebih kredibel, seorang WordPress developer profesional harus memiliki skill-skill berikut ini;

(1) Akrab dengan HTML dan CSS

Menjadi seorang WordPress developer harus akrab dengan bahasa pemrograman, yang dua di antaranya adalah HTML dan CSS. Apa itu HTML dan CSS? HTML adalah singkatan Hyper Text Markup Language, sedangkan CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets.

HTML menjadi definisi dari struktur situs WordPress itu sendiri. HTML digunakan sebagai bahasa utama pengembangan situs web secara umum. Lewat HTML kamu akan mengetahui bagaimana halaman web disusun. Nah, berbeda dengan HTML, kalau CSS adalah penentu tampilan visual yang menarik pada web WordPress.

Meskipun dalam mempelajari kedua bahasa pemrograman tersebut butuh waktu, namun jika kamu bertekad menjadi WordPress developer, kamu harus menguasai kedua hal tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menguasai pendekatan terstruktur untuk pemodelan halaman websitemu.

(2) Search Engine Optimization (SEO)

Beberapa di antara kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO, yap SEO adalah Search Engine Optimization atau juga dikenal dengan optimasi mesin pencari. Lalu, kenapa WordPress developer perlu menguasai dan memiliki skill yang mumpuni dalam hal SEO? Peranan SEO dalam sebuah website atau WordPress sangat berpengaruh lho. SEO melibatkan segala praktik yang diperlukan untuk mengupayakan agar website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Selain itu, WordPress juga memiliki beberapa tema dan plugin SEO-friendly yang berfungsi untuk memudahkan pembuatan situs web. Lebih dari itu, ada juga perangkat lunak, seperti meta deskripsi dan judul. Dengan faktor-faktor yang dimiliki SEO tersebut, kamu dapat membangun situs WordPress yang menarik banyak pengunjung.

(3) UX Design

Profesi WordPress developer adalah profesi yang juga bertanggungjawab untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam situs WordPress yang mereka bangun. Maka dari itu, pending bagi WordPress developer untuk menguasai UX Design.

Dengan menguasai UX Design, kamu bisa menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan mendorong pengunjung untuk lebih lama membaca halaman web tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan situs web WordPress yang mendapatkan high traffic. 

(4) Database Management and Hosting

Skill keempat yang juga harus dimiliki oleh seorang WordPress developer adalah database management and hosting.

Setiap situs web membutuhkan basis data dan platform hosting untuk dapat ada di internet. Kamu perlu memiliki skill untuk menyiapkan, mengamankan, mengelola hosting pribadi maupun bersama, mengimpor, mengekspor, mengedit, dan menghapus data dari database.  

(5) Online Security

Tidak dapat dipungkiri bahwa penjahat dunia maya tak kalah banyak dari penjahat di dunia nyata. Penjahat di dunia maya atau bisa disebut dengan peretas biasanya melakukan pembajakan melalui situs daring dan internet. Maka dari itu, kamu perlu memiliki skill dalam online security.

WordPress developer perlu memahami dan mengetahui masalah keamanan pada aplikasi web-nya, mengetahui cara menguji kerentanan aplikasi, dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.  

(6) PHP

Last but not list, ada PHP. WordPress dapat dibangun dari berbagai jenis bahasa pemrograman, satu di antara platform paling populer adalah PHP. PHP merupakan bahasa yang sangat cocok untuk pengembangan web, PHP memungkinkan para developer untuk menghubungkan pengguna dengan bagian basis/integral dari aplikasi web. Bisa dikatakan PHP menjadi salah satu fondasi back-end WordPress.

PHP bukan sesuatu yang mustahil untuk dipelajari, kamu bahkan orang awam pun bisa mempelajarinya dengan baik. Untuk para pemula biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mempelajari PHP.

wordpress-developer
Photo from Freepik

Rata-Rata Gaji WordPress Developer di Indonesia

Nggak perlu khawatir jika kamu menjajaki dunia karier ini, karena karier seorang WordpRess developer di Indonesia cukup terjamin. Terlebih jika mengingat dewasa ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan website sebagai salah satu media digital marketing atau promosi bisnisnya.

Nah, kalau bicara soal gaji, tentunya gaji setiap WordPress developer berbeda-beda bergantung dengan pengalaman kerja dan posisinya dalam perusahaan. Namun, rata-rata gaji WordPress developer di Indonesia berada di kisaran angka 5-8 juta perbulannya. Cukup menarik, bukan?

Cara Menjadi WordPress Developer Profesional

Ingin memulai karier menjadi WordPress developer? Untuk dapat menjadi profesional, selain menguasai skill-skill yang disebutkan di atas, penting juga mengaplikasikan tips menjadi WordPress developer berikut ini!

(1) Setidaknya Kuasai Satu Bahasa Pemrograman

Pelajari setidaknya satu bahasa pemrograman! Kamu tidak bisa menjadi WordPress developer yang hebat jika kamu tidak tahu apa itu bahasa pemrograman. Maka dari itu, mau tidak mau kamu harus mempelajari bahasa pemrograman.

Mulai dari sekarang cobalah pelajari CSS dan HTML terlebih dahulu sebagai permulaan. Jika sudah menguasainya, kamu bisa lanjut untuk belajar PHP dan Javascript.

(2) Kenali dan Akrabkan Diri dengan WordPress

Biasakan diri dengan WordPress. Jika ini adalah kali pertamamu mengenal WordPress, kamu bisa mencoba beberapa cara agar bisa membiasakan diri dengan WordPress, seperti;

  • Mengikuti kursus WordPress
  • Tinjau Codex WordPress
  • Baca dari beberapa sumber mengenai pengembang WordPress
  • Buat situs web WordPress

(3) Buat Portofolio dan Resume

Saat kamu sudah memiliki sedikit banyak pengalaman, kamu bisa mulai membangun portofolio atau resum. Lewat portofolio, perusahaan atau klien yang akan kamu temui dapat melihat bukti keterampilan kerja dan bagaimana pemahamanmu tentang platform tersebut.

Nah untuk resume sendiri, kamu bisa membuat resume singkat yang menggambarkan keterampilan, pengalaman profesional, pendidikan, dan proyek terbaik yang pernah kamu buat. 

(4) Bergabung dengan Komunitas WordPress

Tips menjadi WordPress Developer yang terakhir adalah bergabung dengan komunitas WordPress. 

WordPress memiliki komunitas global yang tujuan utamanya adalah meningkatkan platform dan membantu orang-orang yang ingin belajar bagaimana menggunakannya. Kamu bisa mencari komunitas WordPress melalui berbagai platform, seperti media sosial, forum online, atau kamu juga bisa bertemu langsung dengan komunitas melalui konferensi offline.

Menjadi anggota dari komunitas WordPress sangat penting terutama untuk memberi dukungan, memperluas peluang kerja, dan membantu menemukan solusi mengenai situs web jika kamu membutuhkannya.

So, that’s it! Gimana, sekarang kamu sudah lebih mengenal profesi WordPress Developer, bukan? Jika kamu tertarik menggeluti profesi tersebut, kamu bisa mengikuti satu persatu tips di atas dan bisa mulai mengasah skill yang dibutuhkan untuk menjadi WordPress developer. Atau kamu juga bisa join kursus wordpress online bersertifikat yang bisa menjadi salah satu cara membangun karir impianmu.

Yuk, coba cek jadwal kursus online di Cakap Upskill, di sana ada banyak jenis kursus yang bisa kamu ambil, mulai dari yang berhubungan dengan bisnis, teknologi, hingga pemrograman semuanya ada! Cek sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi:
-uk.indeed.com
-wprep.com
-devskiller.com
-toghr.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.