Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat HP Terbaru & Praktis

cara jualan di shopee untuk pemula

Jualan di Shopee sebetulnya cukup praktis, bahkan kamu bisa menjalankannya melalui HP, lho. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan dengan membuka bisnis online yang menjanjikan. Namun, beberapa dari kamu mungkin masih bingung mengenai cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP. Jika belum memulainya, membuka bisnis mungkin akan terasa menakutkan. Bagaimana jika rugi? Bagaimana jika tidak berjalan? Hai, jangan ragu lagi! Semuanya bisa dimulai dari hal kecil sekaligus untuk belajar, salah satunya dengan jualan di Shopee lewat HP. Yuk, pahami selengkapnya tentang cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP dan tips agar jualan laris manis dalam ulasan berikut ini.

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat HP

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP, mari perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buat Akun Shopee

Pertama-tama, buat akun Shopee dan daftarkan jualanmu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee dan klik Daftar.
  2. Masukkan nomor HP yang aktif.
  3. Masukkan kode captcha yang tertera.
  4. Shopee akan mengirimkan kode verifikasi melalui nomor yang telah terdaftar.
  5. Masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  6. Masukkan email aktif agar bisa melakukan verifikasi.
  7. Tunggu hingga akun dikonfirmasi oleh pihak Shopee.

2. Lengkapi Profil

Setelah mendaftar, kamu perlu melengkapi profil tokomu, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Pilih menu Saya yang berada di pojok kanan bawah, lalu pilih fitur Toko Saya.
  3. Pilih Asisten Penjual dan buka Profil Toko.
  4. Masukkan Nama Toko milikmu.
  5. Lengkapi deskripsi gambar.
  6. Pilih ikon centang di pojok kanan atas.
  7. Tambahkan foto profil toko.

3. Atur Alamat Toko

Saat membuka toko di Shopee, jangan sampai lupa untuk mengatur alamat toko, ya. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka menu Pengaturan Akun di bagian tab Saya.
  2. Pilih Alamat Saya dan masukkan lokasi sesuai tempat produk yang dijual. Pastikan kamu memasukkan alamat sesuai dengan lokasi pengiriman barang.
  3. Kemudian, klik Konfirmasi dan pilih Kirim.

4. Unggah Foto Produk

Langkah terakhir, dan tentu saja tak boleh terlewatkan adalah mengunggah foto produk. Di Shopee, kamu bisa mengunggah hingga 9 foto bersamaan dengan maksimal ukuran 2 mb. Format yang bisa digunakan adalah JPG, JPEG, atau PNG. Tutorial mengunggah foto produk di Shopee adalah sebagai berikut:

  1. Pergi ke menu Saya, lalu masuk ke halaman Toko Saya.
  2. Klik Tambah Produk Baru, kemudian Tambah Foto dari galeri HP. Bisa juga dengan mengambil foto secara langsung.
  3. Lengkapi informasi produk secara detail.
  4. Klik Simpan untuk menjual produk, lalu pilih Tampilan untuk me-review gambar produk.

Kelebihan Jualan di Shopee

Jangan salah, berjualan di Shopee akan membuat kamu lebih mudah untuk memasarkan produk-produk jualanmu. Bahkan, di Shopee kamu bisa berinteraksi langsung dengan pembeli tanpa harus berpindah platform. Namun, tak hanya itu, berikut adalah beberapa kelebihan lain yang ditawarkan oleh Shopee:

1. Shopee Menawarkan Berbagai Program Menarik

Kelebihan berjualan di Shopee yang pertama adalah sejumlah program menarik yang menguntungkan baik penjual maupun pembeli. Shopee dikenal sebagai e-commerce yang menawarkan kepada voucher gratis ongkir hingga Rp0, cashback, hingga flash sale dengan harga termurah. Jika kamu berjualan di Shopee, program-program tersebut akan membantumu menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli produkmu. Dengan begitu, kamu akan untung besar.

2. Jangkauannya Cukup Luas

Shopee memiliki jangkauan pasar yang cukup luas di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri, lho. Hal ini juga yang menjadi salah satu kelebihan berjualan di Shopee. Dengan mempelajari cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP, kamu sudah bisa mendapatkan jangkauan pasar yang luas meski hanya melalui HP.

3. Dilengkapi Sistem yang Mendukung

Shopee merupakan platform jual beli yang sudah dilengkapi dengan sistem yang mendukung kenyamanan jual beli online bagi para penggunanya. Bagi para penjual, Shopee menyediakan berbagai layanan yang memudahkan proses jual beli, seperti berbagai metode dan program pembayaran serta penawaran menarik setiap bulannya.

Tips Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat HP agar Laris Manis

Berjualan lewat HP tidak menjadi alasanmu untuk tidak mencobanya. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar jualanmu di Shopee laris manis, berikut penjelasannya.

1. Memperbanyak Variasi Produk

Cara jualan di  Shopee untuk pemula yang pertama adalah dengan memperbanyak jumlah produk yang kamu jual. Semakin bervariasi, maka pembeli akan memiliki banyak pilihan. Semakin banyak pilihan produk yang kamu jual, semakin besar peluang untuk menarik pembeli. Sebaliknya, jika toko memiliki kurang dari 5 produk, cenderung akan lebih sulit menemukan pembeli. Meski lewat HP, kamu tidak perlu banyak waktu untuk mengunggah produk karena Shopee menawarkan fitur upload yang memudahkan penggunanya.

2. Aktifkan Gratis Ongkir

Kita tahu bukan bahwa Shopee merupakan platform jual beli yang populer dengan penawaran voucher gratis ongkirnya? Yup, manfaatkan saja fitur ini untuk menarik pembeli. Biasanya, Shopee akan menawarkan fitur gratis ongkos kirim hingga Rp0 dengan minimal belanja sebesar order Rp30.000, Rp90.000, atau Rp200.000. Bisa dikatakan bahwa promo gratis ongkir merupakan magnet bagi pembeli. Tak jarang pembeli jarang memilih produk hanya karena toko tersebut tidak mengaktifkan gratis ongkir. Sangat disayangkan, bukan?

Itulah mengapa, kamu perlu segera mengaktifkan fitur tersebut. Syaratnya cukup mudah, hanya dengan melampirkan foto KTP dan selfie dengan KTP. Jangan khawatir, jika pembeli menggunakan voucher gratis ongkos kirim, kamu pun tidak perlu membayar ongkos kirim apapun ke agen ekspedisi. 

3. Berikan Voucher Diskon pada Pembeli

Selain mengaktifkan fitur gratis ongkir, memberikan kupon diskon juga menjadi salah satu cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP agar laris manis. Sobat Cakap bisa membuat promo menarik dengan mengaktifkan fitur Voucher Toko Saya pada bagian Promosi Saya yang terdapat dalam menu Seller Centre. Setelah membuat kupon baru, pilih jenisnya dan isi kolom Informasi Voucher sebelum menyimpan pengaturan promonya.

4. Pasang Harga yang Kompetitif

Tips yang satu ini cukup penting untuk diterapkan. Kamu harus memastikan bahwa harga produk yang kamu tawarkan sebanding dan dapat bersaing dengan toko lain.

5. Mengikuti Program Khusus dari Shopee

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Shopee sering mengadakan program khusus untuk menarik perhatian pembeli. Shopee menawarkan banyak program khusus untuk penjual, flash sale adalah salah satunya. Flash sale sendiri merupakan penjualan produk yang berlangsung dalam waktu singkat dengan potongan harga. Program penjualan flash ini dapat diikuti oleh semua penjual Shopee. Jadi, mengikuti program flash sale bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk menarik pembeli. 

6. Perbanyak Jumlah Pengikut

Shopee memiliki fitur pengikut sama halnya dengan Instagram atau Twitter. Makin banyak pengikut, maka tingkat kepercayaan pembeli pada tokomu juga semakin tinggi. Tentunya, hal ini sangat mempengaruhi hasil penjualan tokomu juga. Makin banyak followers atau pengikut yang kamu miliki, maka makin besar pula kemungkinan produkmu laku. Bahkan, di awal membuka toko, penting bagi kamu untuk fokus terlebih dahulu dalam meningkatkan jumlah pengikut.

7. Berikan Informasi Produk secara Detail

Pastikan kamu menjelaskan secara rinci mengenai informasi fitur, manfaat, dan kegunaan produkmu. Kamu juga dapat menuliskan detail ukuran produk. Hal ini akan membuat pembeli lebih yakin untuk memilih produkmu. Memulai sebuah bisnis memang bukan hal yang mudah, bahkan risikonya bisa dibilang cukup besar. Namun, jangan jadikan hal ini membuatmu ragu untuk memulai bisnis. Setelah mengetahui cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP, kamu bisa segera menerapkannya.

Pasalnya, tidak perlu modal besar lho untuk mendapatkan keuangan yang besar. Meski dimulai dari HP, siapa tahu nantinya bisnismu akan berkembang dengan cepat. Apapun alat dan platform yang digunakan, yang terpenting adalah kemampuannya dalam mengelola bisnis. Apabila ingin belajar mengelola bisnis dengan baik, Sobat Cakap bisa mengikuti kursus online bersertifikat yang bisa membantu kamu untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin cepat, salah satu pilihannya di Cakap Upskill. Cek kelasnya sekarang dan daftarkan dirimu, karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.