Ini Cara Daftar Kartu Prakerja, Gak Sulit Kok!

Cara Daftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program era Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Presiden kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja di tahun ini.

Baik pengangguran maupun fresh graduate tingkat SMA/SMK hingga perguruan tinggitentunya masih berhak mengikuti Program Kartu Prakerja. Namun memang untuk saat ini diprioritaskan bagi para pekerja yang terkena PHK. Lalu, bagaimana cara melakukan pendaftaran Kartu Prakerja?

Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Buat Akun di Website Kartu Prakerja

Untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, perlu membuat akun terlebih dahulu di situs Prakerja.go.id. Kunjungi laman tersebut lalu buat akun dengan mengisi identitas diri serta email dan nomor hp yang aktif. Pastikan input data diri dilakukan sebenar-benarnya.

2. Ikuti Tes

Setelah akun selesai dibuat, peserta diharuskan mengikuti sebuah tes yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk persetujuan pendaftaran Kartu Prakerja. 

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing dengan Kelas Prakerja Cakap!

3. Proses Penyeleksian

Para calon pemegang Kartu Pra Kerja akan diseleksi berdasarkan informasi mengenai data diri, hasil tes, dan jumlah kuota pendaftaran di wilayah terkait. Dalam hal ini Manajemen Pelaksana yang berperan dalam menentukan diterima atau tidaknya pendaftaran akun.

4. Penerimaan dan Penggunaan Insentif

Setelah akun berhasil disetujui, Manajemen Pelaksana akan menetapkan nominal insentif yang akan diterima dan diberikan secara non-tunai. Kemudian saat itu juga peserta Kartu Prakerja bisa langsung menggunakan insentif tersebut untuk mengikuti pelatihan kerja melalui Platform Digital.

Sebagai catatan, insentif yang dikeluarkan untuk membayar pelatihan kerja harus digunakan diri sendiri, bukan orang lain. Penggunaan insentif harus dapat dipertanggungjawabkan. Ketika pelatihan telah dibeli, peserta wajib menghadiri pelatihan tersebut dan tidak boleh diwakilkan.

Adapun jika peserta didapati melakukan kecurangan, Manajemen Pelaksana berhak menindaklanjuti dengan kewenangan membatalkan insentif hingga menutup akun. Untuk itu peserta Kartu Prakerja harus menjalani program ini dengan semestinya.

Tersedia banyak macam pilihan pelatihan. Dari desain grafis hingga kursus bahasa asing bisa kamu ikuti. Terlebih kursus bahasa asing, pelatihan yang satu ini sangat dianjurkan untuk kamu dapatkan. Di dalam dunia kerja akan menjadi nilai plus jika kamu menguasai bahasa asing, apalagi bahasa Inggris.

Menjadi budaya kerja tersendiri bagi karyawan melakukan percakapan menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris bahkan full english. Oleh karena itu, sudah waktunya asah kemampuan bahasa Inggrismu untuk meraih karir yang lebih baik. Ayo daftar kartu prakerja Cakap agar kamu bisa meningkatkan skill bahasa asing dan meraih cita-cita kamu!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks