Kartu Prakerja Resmi dibuka! Begini Cara Daftarnya

Cara Daftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program Presiden Joko Widodo untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Presiden memilih untuk mempercepat perilisan Kartu Prakerja di tengah mewabahnya Virus Corona. 

Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi PHK besar-besaran yang nyatanya sekarang ini sudah dilakukan beberapa perusahaan karena operasional yang terganggu bahkan terhenti hingga berdampak pada babak belurnya ekonomi perusahaan.

Dilansir dari akun Instagram Disnakertrans DKI Jakarta, per 4 April tercatat sudah ada 30 ribu pekerja di-PHK dari 160 ribu pekerja/buruh yang terdampak kebijakan perusahaan terkait COVID-19. Untuk itu pemerintah bergegas merilis program ini demi menstimulus para pekerja yang terkena PHK.

Kartu Prakerja sendiri adalah bantuan biaya dari Pemerintah untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan pembekalan dan peningkatan keterampilan kerja. Pemerintah berharap dengan adanya program ini setidaknya dapat memperbaiki SDM angkatan kerja sehingga siap kerja.

Untuk masalah anggarannya sendiri, Pemerintah telah menyiapkan Rp 20 triliun yang akan dialokasikan kepada 5,6 juta orang, ujar Presiden Joko Widodo dalam video conference, Selasa (31/03). Dimana bertambah dua kali lipat dari yang sebelumnya 10 triliun untuk 2 juta penerima manfaat. 

Masifnya penyebaran coronavirus di Indonesia membuat Pemerintah untuk sementara waktu mengubah prioritas Program Kartu Prakerja. Dimana pada akhirnya program ini lebih dulu difokuskan untuk para korban PHK dan pelaku usaha kecil (UMK). Karena mereka-mereka inilah yang terdampak langsung COVID-19. 

Kendati demikian, dikutip dari laman Kemnaker syarat untuk menerima Kartu Prakerja adalah WNI berusia minimal 18 tahun yang sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Para pengangguran maupun fresh graduate tingkat SMA/SMK hingga perguruan tinggi tentunya masih berhak mengikuti Program Kartu Prakerja. Namun memang untuk saat ini diprioritaskan bagi para pekerja yang terkena PHK.

Lalu, bagaimana cara melakukan pendaftaran Kartu Prakerja?

Buat Akun di Website Kartu Prakerja

Untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, perlu membuat akun terlebih dahulu di situs Prakerja.go.id. Kunjungi laman tersebut lalu buat akun dengan mengisi identitas diri serta email dan nomor hp yang aktif. Pastikan input data diri dilakukan sebenar-benarnya.

Kartu Prakerja

Ikuti Tes

Setelah akun selesai dibuat, peserta diharuskan mengikuti sebuah tes yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk persetujuan pendaftaran Kartu Prakerja. 

Proses Penyeleksian

Para calon pemegang Kartu Pra Kerja akan diseleksi berdasarkan informasi mengenai data diri, hasil tes, dan jumlah kuota pendaftaran di wilayah terkait. Dalam hal ini Manajemen Pelaksana yang berperan dalam menentukan diterima atau tidaknya pendaftaran akun.

Penerimaan dan Penggunaan Insentif

Setelah akun berhasil disetujui, Manajemen Pelaksana akan menetapkan nominal insentif yang akan diterima dan diberikan secara non-tunai. Kemudian saat itu juga peserta Kartu Prakerja bisa langsung menggunakan insentif tersebut untuk mengikuti pelatihan kerja melalui Platform Digital.

Sebagai catatan, insentif yang dikeluarkan untuk membayar pelatihan kerja harus digunakan diri sendiri, bukan orang lain. Penggunaan insentif harus dapat dipertanggungjawabkan. Ketika pelatihan telah dibeli, peserta wajib menghadiri pelatihan tersebut dan tidak boleh diwakilkan.

Adapun jika peserta didapati melakukan kecurangan, Manajemen Pelaksana berhak menindaklanjuti dengan kewenangan membatalkan insentif hingga menutup akun. Untuk itu peserta Kartu Prakerja harus menjalani program ini dengan semestinya.

Tersedia banyak macam pilihan pelatihan. Dari desain grafis hingga kursus bahasa asing bisa kamu ikuti. Terlebih kursus bahasa asing, pelatihan yang satu ini sangat dianjurkan untuk kamu dapatkan. Di dalam dunia kerja akan menjadi nilai plus jika kamu menguasai bahasa asing, apalagi bahasa Inggris.

Menjadi budaya kerja tersendiri bagi karyawan melakukan percakapan menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris bahkan full english. Oleh karena itu, sudah waktunya asah kemampuan bahasa Inggrismu untuk meraih karir yang lebih baik. Ayo daftar kartu prakerja bersama Cakap agar kamu bisa meningkatkan skill bahasa asing dan meraih cita-cita kamu.

 

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google