Cara Membuat CV Lamaran Kerja di HP & Laptop yang Benar!

cara-membuat-cv-lamaran-kerja-di-hp-laptop

Di tengah dunia pasar kerja yang amat kompetitif saat ini, membuat CV yang menarik sangat penting untuk menarik perhatian HRD dan perusahaan. CV yang dibuat dengan baik dan menarik bisa menjadi penghantar kamu untuk menampilkan keterampilan, pengalaman, dan keahlian yang kamu punya dengan ringkas dan menarik. 

Berikut ini adalah ulasan tentang tips dan cara membuat CV lamaran kerja di HP dan laptop yang baik dan benar. Perhatikan dengan cermat supaya CV kamu meninggalkan kesan buat HRD dan perusahaan yang kamu tuju!

Table of Contents

Apa itu CV?

Pertama-tama kamu harus kenal dulu apa itu CV. Nah, CV atau Curriculum Vitae berasal dari bahasa latin yang berarti “perjalanan hidup”. CV adalah dokumen penting yang memberikan informasi menyeluruh tentang pencapaian pendidikan dan profesional, pengalaman, keterampilan, dan keahlian seseorang.

CV nggak cuma untuk melamar kerja saja, lho! CV bisa digunakan untuk melamar beasiswa dan kegiatan pendidikan lainnya. Nah, kira-kira isi CV itu merangkum apa saja, sih? Coba simak sebagai berikut:  

  • Informasi pribadi seperti nama, kontak yang bisa dihubungi, dan profil singkat. 
  • Riwayat pendidikan seperti gelar akademik, nama institusi yang kamu hadiri, tanggal studi, dan prestasi akademik yang relevan.
  • Pengalaman profesional atau riwayat pekerjaan seperti nama jabatan, tanggung jawab, dan pencapaian. 
  • Makalah penelitian, artikel, atau publikasi lain yang pernah kamu tulis. 
  • Penghargaan yang kamu terima untuk pencapaian akademik atau profesional. 
  • Jika ada, cantumkan kontak seseorang yang dapat memberikan referensi profesional.

Kamu bisa membuat CV di perangkat yang kamu punya seperti HP dan laptop lho, Sobat Cakap! Caranya juga sangat simpel dan mudah, coba simak sebagai berikut, yuk!

Cara Membuat CV Lamaran Kerja di HP dan Laptop

cara-membuat-cv-di-hp-laptop
Photo from Freepik

Pada dasarnya, membuat CV lamaran kerja di HP dan laptop itu hampir mirip, Sobat Cakap. Bedanya, kamu harus mengunduh aplikasi pembuat CV atau editor di HP, sedangkan di laptop bisa lewat browser tanpa harus mengunduh aplikasi. Berikut ini aplikasi yang bisa kamu unduh untuk membantu kamu membuat CV lamaran kerja di HP: 

  • Microsoft Word
  • Google Docs
  • Canva 
  • Pages
  • CV Maker & Resume Builder PDF
  • CV Engineer
  • MyPerfectCV

Nah, untuk membuat CV di laptop kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word, Google Docs, Canva, Adobe InDesign, atau situs-situs CV-maker lainnya. Jika kamu sudah memilih aplikasi atau situs mana yang akan kamu pilih untuk menulis CV, simak langkah-langkah membuat CV selanjutnya:

  • Pilih template yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa memilih template CV kreatif jika posisi yang kamu lamar itu di bidang kreatif. Jangan terlalu banyak menggunakan kombinasi warna, usahakan maksimal hanya 2 warna ya, Sobat Cakap!
  • Masukkan data diri kamu, profil singkat, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Tonjolkan pencapaian dan kontribusi kamu di setiap peran yang kamu cantumkan. Kamu bisa menggunakan bullet points untuk menjelaskannya menggunakan kalimat aktif. 
  • Jika sudah selesai, baca ulang dan cermati kembali apa yang sudah kamu tulis. Pastikan CV kamu bebas dari kesalahan. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk me-review CV kamu. 
  • Selanjutnya simpan CV kamu dalam format PDF supaya mudah diakses dan dibagikan. Kamu juga bisa langsung mengekspor CV kamu ke penyimpanan cloud seperti Google Drive. 

Cukup mudah, bukan? Nah, supaya CV kamu makin bagus dan berkesan untuk HRD, simak tips-tips berikut, ini yuk!

Temukan dan Bangun Karier Masa Depan di Perusahaan Impian

Tips dan Cara Membuat CV Lamaran Kerja

tips-membuat-cv
Photo from Freepik

Membuat CV dengan baik dan benar itu sangat penting! CV yang menarik bisa memberikan kesan positif kepada HRD dan perusahaan. Nah, perhatikan tips membuat CV lamaran kerja berikut ini, yuk! 

(1) Sesuaikan CV dengan Posisi yang Dilamar 

Sesuaikan CV kamu untuk setiap pekerjaan atau lowongan yang kamu lamar, dengan menonjolkan keahlian, pengalaman, dan pencapaian yang paling relevan yang sesuai dengan persyaratan posisi tersebut. Sesuaikan juga jenis CV yang akan kamu gunakan, jika posisi yang kamu lamar berada di bidang kreatif kamu bisa menggunakan CV kreatif. Gunakan CV yang lebih profesional atau ATS saat melamar bidang non kreatif.

(2) Gunakan Format yang Jelas dan Profesional

Pilih tata letak yang rapi dan mudah dibaca dengan format yang konsisten. Gunakan heading, poin-poin penting, dan spasi kosong yang jelas supaya mudah dibaca. Pilih font profesional seperti Times New Roman, Arial, Calibri, atau Georgia dengan ukuran font 10-12 pt. Jangan lupa, simpan file CV dalam bentuk PDF dengan nama file yang profesional seperti “Nama kamu_CV_Posisi yang kamu lamar” atau bisa juga kamu sesuaikan dengan ketentuan yg diberikan perusahaan.

(3) Tulis Profil yang Kuat 

Mulailah CV dengan profil ringkas atau pernyataan objektif yang menyoroti keterampilan utama, pengalaman, dan tujuan karier kamu. Ingatlah untuk selalu menuliskan hal yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. 

(4) Tulis Kontak dengan Benar

CV kamu akan sia-sia kalau HRD  tidak dapat menghubungi kamu. Itulah mengapa kamu harus selalu memeriksa dan memperbarui detail kontak kamu dan pastikan semuanya sudah benar. Selain itu, pastikan bagian informasi kontak kamu meliputi nama lengkap, email profesional, nomor telepon, dan lokasi kamu. 

Hindari mencantumkan alamat email kurang profesional. Hanya sertakan nama lengkap kamu, dan mungkin beberapa tanda hubung dan angka, jika nama kamu adalah nama yang umum. 

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

(5) Jangan Memberikan Informasi yang Terlalu Personal

Tujuan dari CV adalah untuk menunjukkan pencapaian dan pengalaman pendidikan atau karier kamu. Menuliskan hal-hal seperti keluarga, agama, atau pandangan politik kamu tidak ada relevansinya dengan kemampuan kamu untuk berhasil dalam posisi tersebut.

Hindari juga untuk menulis riwayat pendidikan tingkat TK atau SD, kamu hanya perlu mencantumkan pendidikan terbaru. Jika sudah lebih dari 10 tahun, lebih baik tidak perlu dituliskan.

(6) Tonjolkan Pencapaian

Alih-alih sekadar membuat daftar tugas pekerjaan, fokuslah pada pencapaian kamu dan bagaimana kamu memberi nilai tambah pada posisi sebelumnya. Gunakan matriks yang dapat diukur jika memungkinkan untuk menunjukkan pencapaian kamu.

Ini adalah saat yang tepat untuk unjuk gigi, dan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang menonjol dan pantas untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan, Sobat Cakap!

(7) Tekankan Keterampilan Relevan 

Hindari menuliskan keterampilan yang tidak berkaitan sama sekali dengan posisi yang kamu lamar. Saat mencantumkan keterampilan dan keahlian kamu dalam CV, pastikan untuk memasukkan keterampilan yang benar-benar relevan untuk posisi yang kamu lamar.

Fokuslah hanya pada keahlian yang dibutuhkan dalam lowongan, dan keahlian lain yang berhubungan langsung dengan posisi tersebut. Sesuaikan bagian keterampilan di CV kamu agar sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Sertakan hard skill dan soft skill yang relevan dengan posisi tersebut.

(8) Tulis Deskripsi dengan Terperinci

Untuk setiap pekerjaan atau pengalaman akademis, berikan deskripsi singkat tentang tanggung jawab dan pencapaian kamu. Gunakan kata kerja aksi untuk memulai setiap poin dan pastikan deskripsi yang kamu tulis ringkas dan spesifik. 

Saat menulis deskripsi tanggung jawab atau pencapaian kamu di masa lalu, pastikan untuk menyertakan:

  • Angka dan data
  • Jangka waktu
  • Tindakan kamu

(9) Sertakan Bagian Tambahan

Bagian ini akan sangat membantu jika kamu adalah fresh graduate yang melamar pekerjaan pertama. Tergantung pada latar belakang dan posisi yang kamu lamar, pertimbangkan untuk menyertakan bagian seperti kegiatan volunteer, keanggotaan profesional, kemampuan berbahasa, hobi, sertifikat & penghargaan, ekstrakurikuler, dan projek yang menunjukkan kualifikasi dan karakter kamu.

(10) Sertakan Kata Kunci yang Relevan

Cari tahu kata kunci yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, terlebih jika kamu menggunakan CV ATS. Dengan memasukkan kata kunci yang sesuai di dalam deskripsi pengalaman bekerja atau pengalaman pendidikan kamu, CV kamu akan terdeteksi ATS (Applicant Tracking System). 

(11) Cantumkan Riwayat Pendidikan

Jangan lupa cantumkan riwayat pendidikan kamu ya, Sobat Cakap! Kamu bisa mencantumkan gelar yang kamu peroleh, nama institusi pendidikan yang kamu ikuti, dan penghargaan, sertifikasi serta kualifikasi yang relevan. 

(12) Buatlah Secara Ringkas

Usahakan membuat CV tidak lebih dari 2 halaman ya, Sobat Cakap! Cobalah untuk selektif saat memasukkan informasi kamu ke dalam CV. Pastikan kamu memasukkan hal-hal yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. 

Jangan masukkan pengalaman kerja jika sudah terlewat 10+ tahun yang lalu. Pastikan juga untuk selalu memasukkan pengalaman kerja dan keterampilan yang paling relevan. Kamu juga bisa mencari template CV yang hanya memiliki 1 halaman untuk memudahkan kamu saat membuat CV. 

(13) Sertakan LinkedIn Kamu

Kamu bisa menyertakan akun LinkedIn kamu di CV, lho! Hal ini memudahkan HRD untuk mengenal kamu lebih dalam lagi. Nah, pastikan akun LinkedIn kamu sudah dipercantik terlebih dahulu, Sobat Cakap! Pastikan akun kamu memiliki foto profil profesional, cantumkan pencapaian, keahlian, dan pengalaman yang kamu miliki. 

Untuk memudahkan HRD, kamu bisa membuat QR Code yang saat dipindai dapat mengarahkan langsung ke akun LinkedIn kamu. 

(14) Buat CV dengan Jujur

Pastikan untuk selalu memasukkan informasi yang sebenar-benarnya di dalam CV kamu ya, Sobat Cakap! Jangan sampai karena sangat ingin diterima pekerjaan, kamu sampai harus memalsukan informasi di CV kamu. 

Berbohong di dalam CV bisa dianggap tindak penipuan, lho! Kalau sampai ketahuan, kamu berisiko kehilangan pekerjaan, reputasi menjadi rusak, dan yang paling buruk, menghadapi tuntutan hukum. 

(15) Periksa Kembali dengan Cermat

Jika sudah selesai, baca ulang dan cermati seluruh informasi yang sudah kamu tuliskan di CV kamu ya, Sobat Cakap! Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan informasi-informasi penting, terutama kontak kamu. Jangan sampai HRD kesulitan menghubungi kamu karena ada kesalahan penulisan di CV kamu. 

Nah, itu dia berbagai tips dan cara membuat CV lamaran kerja di HP dan laptop yang baik dan benar. Penjelasan di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi saat membuat  CV nantinya, Sobat Cakap. Kalau CV sudah siap, saatnya melamar kerja di portal yang terpercaya seperti Cakap Career! Kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan dari perusahaan ternama dan terpercaya, lho! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.