Higanbana, Bunga Cantik dengan Makna yang Kelam

higanbana

Higanbana adalah sebuah bunga asal China yang tumbuh subur di Kepulauan Ryukyu, Jepang. Bagi penggemar anime, mungkin kamu pernah melihat bunga Higanbana sebelumnya. Sebab, Higanbana pernah muncul di ending sceneanime Demon Slayer.

Merah dan cantik, begitulah penampakan bunga yang berasal dari keluarga bunga amaryllis. Tapi, kamu jangan tertipu dengan wujudnya yang indah karena Higanbana memiliki makna yang mendalam dan buat bulu kuduk berdiri. Simak yuk selengkapnya!

Higanbana Bermakna Kematian & Perpisahan

source: giphy.com

Higanbana (彼岸花) terdiri dari dua kata yaitu Higan (彼岸) dan Bana (花) yang memiliki arti bunga Higan. Dalam bahasa Jepang, Higan adalah ‘pantai yang lain’ yang diartikan sebagai alam baka di mana roh-roh berkumpul.

Makna tersebut menghasilkan sebuah tradisi yaitu memberikan Higanbana pada orang yang telah meninggal. Biasanya orang Jepang meninggalkan Higanbana di dekat kuburan dari anggota keluarga atau kerabat yang meninggal.

Selain bermakna kematian, Higanbana juga dipercaya sebagai bunga perpisahan. Ketika orang Jepang berpisah dengan seseorang atau bertemu dengan seseorang untuk terakhir kali, Higanbana akan bermekaran sepanjang jalan.

Kapan Higanbana Mekar?

source: giphy.com

Jepang terkenal akan keindahan alam yang dimilikinya, termasuk bunga-bunga indah seperti bunga sakura dan juga bunga Higanbana. Sama seperti sakura, Higanbana hanya mekar di waktu tertentu saja.

Dari 4 musim Jepang, Higanbana hanya mekar saat musim gugur. Higanbana biasanya mulai mekar pada pertengahan September, sekitar minggu ekuinoks yang disebut Higan atau O-Higan.

Yuk Les Bahasa Jepang di Cakap, Biar #MakinCakap Liburan ke Jepang!

Di Mana Higanbana Mekar?

source: giphy.com

Untuk menikmati pemandangan bunga indah nan beracun ini, ada beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini adalah pilihan tempatnya:

Kinchakuda

Kinchakuda Manjushage adalah taman di mana 5 juta Higanbana tumbuh dan menjadikan taman ini sebagai tempat dengan jumlah Higanbana paling banyak di Jepang. Untuk masuk taman ini pada musim Higanbana mekar, kamu harus menyiapkan uang sebesar ¥300.

Kenei Gongendo

Kenei Gongendo merupakan destinasi berikutnya untuk memanjakan matamu melihat Higanbana. Ada sebanyak 3,5 juta Higanbana yang tumbuh di taman ini. Meskipun tidak sebanyak Kinchakuda, namun tetap tergolong banyak.

Kuil Gugyouji

Berbeda dengan dua destinasi di atas yang merupakan taman, kali ini kamu bisa melihat Higanbana mekar di sebuah kuil. Gugyouji berada di prefektur Ibraki dan memiliki 50.000 Higanbana yang telah ditanam selama 40 tahun.

Masih banyak destinasi wisata untuk mengagumi Higanbana. Kamu bisa pilih lokasi sendiri sehingga bisa sesuai dengan itinerary yang telah kamu buat. Selain itu, kamu juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk berpindah-pindah tempat.

Jika ingin traveling ke Jepang, pastikan kamu menguasai Bahasa Jepang. Sebab, kebanyakan orang Jepang tidak menguasai Bahasa Inggris sehingga lebih baik kamu mempelajari bahasanya agar bisa berkomunikasi. Yuk daftar sekarang di kelas bahasa Jepang Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks