Mengenal 3 Alat Musik Tradisional Jepang Yang Paling Terkenal

alat musik jepang

Setiap negara memiliki adat dan kebudayaannya masing-masing. Mulai dari pakaian tradisional, kepercayaan hingga alat musik. Alat musik tradisional Jepang seperti Shamisen misalnya. Tidak hanya itu, masih banyak lagi alat musik Jepang yang digunakan untuk memainkan musik tradisional Jepang.

Diantara alat musik Jepang, beberapa diantaranya dapat dikatakan telah tergolong popular di telinga masyarakat. Setelah membahas manga terbaik, sekarang giliranmu untuk belajar budaya Jepang.

Sejarah Alat Musik Jepang

Dalam sejarah, Jepang merupakan pasar musik terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Sejarah Musik Jepang sendiri mencakup berbagai macam ragam seniman dengan gaya yang berbeda baik tradisional maupun modern. 

Secara umum, pada awalnya alat musik Jepang dimainkan dalam ansambel atau gagaku yang merupakan jenis alat musik klasik yang telah dimainkan di pengadilan Imperial sejak periode Heian. Kemudian setelah itu, kemampuan dalam memainkan alat musik seperti Koto, Fue dan Sho merupakan seni yang harus dipelajari oleh kaum bangsawan dan samurai.

Ciri Khas Alat Musik Jepang

Sama seperti negara-negara lain pada umumnya, Jepang juga memiliki ciri khasnya sendiri, khususnya dalam bidang musik ataupun alat musik. Secara umum, musik Jepang lebih mengutamakan vocal dari pada instrumennya. Alat Musik Tradisional Jepang juga disebut telah dipengaruhi oleh musik China karena beberapa alat  musik yang digunakan, didalamnya berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Mau Kuliah di Jepang?

Yuk Belajar Bahasa Jepang di CAKAP!

Jenis-jenis Alat Musik Jepang

Shamisen

source: giphy.com

Shamisen merupakan alat musik tradisional Jepang yang mirip dengan gitar dan telah dikenal sejak abad ke-17. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara di petik menggunakan pick yang disebut bachi.

Shakuhachi

source: giphy.com

Shakuhachi adalah seruling asal Jepang yang hanya memiliki empat lubang dibagian depan serta satu lubang dibagian belakang. Alat musik ini konon katanya sudah ada sejak zaman Kamakura era pertengahan.

Koto

source: giphy.com

Koto merupakan salah satu alat musik tradisional Jepang yang memiliki dawai. Bentuknya pun mirip dengan alat musik Zheng di China dan Gayageum di Korea.

Budaya Jepang memang selalu menarik untuk dibahas dan dikupas lebih lagi. Ingin belajar lebih banyak lagi mengenai budaya Jepang? Yuk belajar bahasa Jepang di Cakap dan kalian juga bisa mendapatkan pembahasan lainnya mengenai kultur serta budaya Jepang.

banner jepang

Baca Juga :              

 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google