Belajar Jenis Kosakata Bahasa Mandarin

kosakata bahasa mandarin

Sebelum memulai bahasan tentang kosakata bahasa mandarin, mari kita awali dengan pembahasan mengenai kosakata.

Dalam setiap bahasa, kosakata merupakan elemen penting yang harus dikuasai oleh seseorang. Tak terkecuali bahasa manapun. Entah itu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, ataupun bahasa mandarin yang akan kita bahasa disini.

Ada alasan kenapa kosakata menjadi elemen terpenting dalam suatu bahasa, yaitu karena kosakata dapat membantu kita dalam hal membaca, mendengerkan, berucap, dan juga menulis. Ada beberapa orang yang memiliki keterbatasan pemahaman akan kosakata sehingga hal itu membuat mereka tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain secara jelas.

Maka, sudah dapat dipastikan bahwa entah dari manapun kita, mempelajari kosakata suatu bahasa tentu merupakan hal penting yang utama dan harus dilakukan. Menguasai kosakata yang dimaksud disini pun itu termasuk juga dengan menggunakan kata-kata secara benar dan juga efektif. Nah, dengan penguasaan kosakata secara benar dan efektif, tentu hal itu akan membantu kita dalam memahami hal-hal mengenai bahasa itu sendiri.

Istilah mudah dari penguasaan kosakata yang harus ditanamkan di dalam benak kita yaitu :

Semakin banyak kosakata yang kita miliki, maka semakin mudah kita dalam memahami pembicaraan ataupun tulisan orang lain dalam suatu bahasa’

Atas dasar istilah tersebut, maka kita pun pasti akan mendapatkan istilah kebalikannya yaitu :

‘Semakin sedikit kosakata yang kita miliki, maka semakin sulit pula kita dalam memahami pembicaraan ataupun tulisan orang lain dalam suatu bahasa’

Jadi bagaimana? Mau milih yang mana? Memahami berbagai macam kosakata, atau hanya sedikit memahami kosakata?

Semua itu pilihan, sih.

Pada tulisan ini, kami mengharapkan kalian semua agar dapat memahami berbagai macam kosakata dalam bahasa Mandarin. Tentu saja, membantu agar kalian pandai dalam menguasai bahasa mandarin adalah salah satu tugas utama kami. Oleh karena itu, ijinkanlah kami memulai ini semua.

Kosakata Bahasa Mandarin

Bicara masalah kosakata, maka itu berarti kita juga bicara tentang pengertiannya. Pada hakikatnya, kosakata merupakan himpunan kata yang mana dimiliki oleh seseorang atupun entitas lain yang mana merupakan salah satu bagian dari suatu bahasa tertentu.

Dari pengertian tersebut, kita pun menjadi tau bahwa kosakata yang dimiliki oleh seseorang itu didefinisikan sebagai himpunan semua kata yang sudah atau sedang dipahami oleh seseorang tersebut. Maka jelas saja, semakin banyak kepustakaan kosakata yang dimiliki oleh seseorang, hal itu bisa menggambarkan intelejensi seseorang itu sendiri.

Nah, setelah mengetahui akan makna dari kosakata itu sendiri, selanjutnya kita pun pasti paham bahwa dalam bahasa mandarin, kosakata juga menjadi salah satu hal pentng karena apabila kita sama sekali tidak tau akan kosakata bahasa mandarin, tentu kita tidak akan bisa apa-apa.

Tentu saja kita tidak mau hal itu terjadi. Setiap orang yang ingin bisa menguasai bahasa mandarin, otomatis mereka harus dipaksa untuk mengerti kosakata dalam bahasa mandarin itu sendiri. Jadi, sebelum benar-benar ingin menguasai bahasa mandarin, maka siapkan diri kalian untuk mempelajari kosakata bahasa mandarin ini terlebih dahulu, ya.

Nah, untuk mempersingkat semuanya, berikut adalah beberapa contoh kosakata dalam bahasa mandarin yang harus kalian semua ketahui :

Contoh Kosakata Bahasa Mandarin

Kosakata dalam bahasa mandarin pada dasarnya memiliki berbagai macam jenis. Profesi, Anggota Tubuh, Benda, Kata Ganti, Kata Kerja, Sapaan, dan lain sebagainya merupakan sebagian kecil dari kosakata bahasa mandarin yang akan kita bahas kali ini.

Oleh karena itu, karena ada pembelajaran ini merupakan salah satu hal yang penting dan juga ada banyak contohnya, diharapkan kalian yang berminat untuk benar-benar menguasai bahasa mandarin untuk bisa fokus dalam mempelajarinya. Mari kita lihat contohnya satu persatu.

Contoh Kosakata bentuk Kata Kerja dalam bahasa mandarin

Kita semua mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang kata kerja. Ya, apabila kita mengacu pada pengertiannya, kata kerja adalah semua bentuk kata yang mana menyatakan perbuatan atau kegiatan. Istilah sederhananya, kata kerja ini dapat kita pahami sebagai bentuk kata yang mengandung makna agar kita melakukan suatu perbuatan.

Dari pengertian di atas, pasti penasaran bukan bagaimana contoh kosa kata dalam bentuk kata kerja di bahasa mandarin? Mari kita simak :

NoKata Kerja Bahasa MandarinKata Kerja Bahasa Indonesia
1Huai tannakal
2Kuan mentutup pintu
3Kai menbuka pintu
4Kaibuka
5Kuantutup
6Leiletih
7Tapukul
8Manlambat
9Kuaicepat
10Chi fanmakan
11Qi laibangun
12Zuo xiaduduk
13Tiaolompat
14Paulari
15Lujalan
16Shui jiaotidur

Contoh Kosakata bentuk Anggota Tubuh dalam bahasa mandarin

Kosakata selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipelajari tentu adalah anggota tubuh. Biasanya, dalam pembelajaran bahasa mandarin, kosakata bentuk anggota tubuh ini digunakan pada tingkat dasar. Kenapa hal itu dilakukan? Karena anggota tubuh adalah hal yang paling dekat dengan diri kita. Oleh karena itu, maka wajar saja apabila kita memang harus mengetahui kosakata bentuk anggota tubuh dalam bahasa mandarin. Mari kita simak :

NoKosa Kata Anggota Tubuh Bahasa MandarinKosa Kata Anggota Tubuh Bahasa Indonesia
1zhōng zhǐJari Tengah
2qián éDahi
3liǎnWajah
4méi máoAlis Mata
5jié máoBulu Mata
6yǎn jīngMata
7yǎn píKelopak Mata
8bí ziHidung
9zuǐ chúnBibir
10èRahang
11kǒu atau zuǐMulut
12shé touLidah
13liǎn jiáPipi
14ěr duoTelinga
15yá chǐGigi
16xià baDagu
17jiānBahu
18shǒu bì atau gē boLengan
19shǒu zhǐJari Tangan
20xiǎo zhǐJari Kelingking
21hóu longTenggorokan
22bó ziLeher
23shí dàoKerongkongan
24shǒu wànPergelangan Tangan
25zhǒuSiku
26shí zhǐJari Telunjuk
27jiè zhǐJari Manis
28dà tuǐPaha
29xī atau xī gàiLutut
30xīn zàngJantung

Contoh Kosakata bentuk Profesi dalam bahasa mandarin.

Selain kata kerja dan juga anggota tubuh, ternyata kosakata bentuk profesi dalam bahasa mandarin pun juga merupakan salah satu hal penting mengingat dalam suatu perkenalan, kita sering ditanya mengenai apa profesi orang tua.

Mempelajari kosakata bahasa mandarin bentuk ini tentu bukan hanya untuk menjawab pertanyaan itu saja, namun ada berbagai macam manfaat lainnya. Bukankah kita semua tau bahwa semakin banyak kosakata yang kita tau, maka semakin mahir kita dalam berbahasa? Mari kita simak kosakata bentuk profesi dalam bahasa mandarin berikut ini :

NoKosa Kata Profesi Bahasa MandarinKosa Kata Profesi Bahasa Indonesia
1yín háng jiāBankir
2bǎo mǔBabysitter
3jiàn zhú shīArsitek
4kuài jì shīAkuntan
5shè yǐng shīFotografer
6jiào shī atau lǎo shīGuru
7fǎ guānHakim
8zhǔ fùIbu Rumah Tangga
9gōng chéng shīInsinyur
10xiào zhǎngKepala Sekolah
11xǐ jù yǎn yuán atau xiào xīng atau xié xīngKomedian
12bù zhǎngMenteri
13dǎo yóuPemandu Wisata
14xiāo fáng yuánPemadam Kebakaran
15zhǔ chí rénPembawa Acara
16yīn yuè jiāPemusik
17lǜ shīPengacara
18zuò jiāPenulis
19gē shǒuPenyanyi
20zhàn shìTentara

Contoh Kosakata bentuk Kata Bantu dalam bahasa mandarin

Kosakata dalam bentuk kata bantu pun merupakan hal yang penting dalam bahasa mandarin. Kenapa tidak? Kata bantu itu seolah menjembatani akan suatu hal yang ingin kita maksud. Sehingga, apabila kata bantu ini bisa kita kuasai dengan baik, maka bisa dikatakan kita sudah cukup pandai berbahasa mandarin karena sudah pasti apa yang kita ucapkan itu benar dan dapat dimengerti oleh orang lain.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, mari kita lihat kosakata dalam bentuk kata bantu berikut ini :

NoKosa Kata Kata Bantu Bahasa MandarinKosa Kata Kata Bantu Bahasa Indonesia
1CáiMenyatakan orang sedang berbicara merasa sudah terlambat
2JiùMenyatakan orang sedang berbicara merasa waktu masih dini
3LePartikel yang menyatakan sudah selesai/lewat
4Kata bilangan untuk angka
5DeKepunyaan, kata Bantu struktur
6ShūMenyatakan jumlah suatu barang
7HàoMenyatakan tanggal dalam bacaan
8GeMenyatakan jumlah orang
9KŏuKata bilangan untuk orang
10JiànHelai (untuk pakaian)
11Xiàberikutnya, bawah
12ZuŏyòuKurang lebih
13ChăngMenyatakan kegiatan, babak
14ZhèSedang terjadi
15Perbandingan

Contoh Kosakata bentuk Kata Panggilan dalam bahasa mandarin

Kata panggilan bisa dikatakan sebagai kosakata yang paling sering digunakan dalam bahasa mandarin. Tentu saja, setiap kita berinteraksi dengan seseorang, kata panggilan ini pasti akan terucap entah bagaimanapun caranya. Oleh karena itu, sepertinya contoh kosakata bahasa mandarin mengenai kata panggilan ini memang harus dijabarkan. Baiklah, mari kita simak bersama :

NoKosa Kata Kata Panggilan Bahasa MandarinKosa Kata Kata Panggilan Bahasa Indonesia
1MèimeiAdik perempuan
2DìdiAdik laki-laki
3Wài gōng, Wài zŭfùKakek (dari Ibu)
4Wàipó, WàiZŭmùNenek (dari Ibu)
5Saya
6ZhàngfuSuami
7Dia
8JiĕjieKakak perempuan
9HáizimenAnak – anak
10GēgeKakak laki – laki
11Kamu
12TāmenMereka
13JiùjiuPaman (Adik Ibu)
14NǐnAnda
15TàitaiIstri

Nah, kira-kira itulah beberapa contoh kosakata bahasa mandarin yan sekiranya harus kalian pelajari secara seksama. Memang, masih ada banyak sekali kosakata – kosakata bahasa mandarin, namun, setidaknya pelajarilah yang sudah kami jabarkan disini.

Belajar tidak perlu terburu – buru. Pelan asal paham itu jauh lebih baik ketimbang terburu – buru namun belum tentu tahu. Jadi selanjutnya, semua pilihan kami serahkan kepada kalian. Apakah masih mau mencoba untuk mempelajari kosakata-kosakata bahasa mandarin ini atau berhenti?

Namun yang harus diingat… Tidak ada sesuatu yang mudah untuk mencapainya, pun juga tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Terimakasih.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google