5 Cara Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Mandarin

bahasa mandarin maaf

Maaf, tolong, dan terima kasih merupakan beberapa kata penting yang termasuk dalam magic word. Setelah sebelumnya sudah mempelajari terima kasih dalam bahasa Mandarin, sekarang saatnya belajar cara minta maaf yang baik dalam bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin kata maaf memiliki tiga variasi yang bisa digunakan. Masing-masing variasi katanya digunakan pada konteks dan situasi yang berbeda. Yuk langsung saja simak 3 cara mengucapkan maaf dalam bahasa mandarin!

对不起 (Duìbùqǐ) 

bahasa mandarin maaf

Bahasa Mandarin untuk kata maaf yang pertama adalah duìbùqǐ. Ungkapan maaf yang satu ini paling sering dan paling umum digunakan. Kata ini bisa digunakan  untuk meminta maaf dalam situasi yang cukup fleksibel.

Contoh:

对不起!我迟到了!(Duì bù qǐ! Wǒ chí dào le!)
Maaf, saya terlambat!

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

抱歉 (Bàoqiàn)

bahasa mandarin maaf

Kata bàoqiàn dapat diartikan sebagai “merasa bersalah/menyesal” atas tindakan yang dilakukan. Ungkapan maaf dalam bahasa Mandarin satu ini tergolong dalam tuturan yang sopan dan formal. Kata ini juga bisa digunakan sebagai cara meminta maaf kepada teman.

Contoh:

抱歉,我今晚不回去了. (Bào qiàn, wǒ jīn wǎn bù huí qù le.)
Maaf, saya tidak pulang ke rumah malam ini.

不好意思 (Bù hǎoyìsi)

bahasa mandarin maaf

Dari dua kata di atas, 不好意思 (bù hǎoyìsi) merupakan ungkapan maaf yang paling sering digunakan. Kosakata bahasa Mandarin untuk kata maaf yang satu ini biasanya digunakan sebagai ucapan maaf atas kesalahan-kesalahan yang cukup ringan atau kesalahan kecil sedikit pun, contohnya jika kamu tidak sengaja menginjak kaki orang lain, maka kamu akan refleksi mengucapkan maaf.

Contoh:

不好意思,打扰了. (Bù hǎo yì si, dǎ rǎo le.)
Maaf, mengganggu.

我错了 (Wǒ cuòle)

bahasa mandarin maaf

Wǒ cuòle merupakan bahasa Mandarin untuk kata maaf yang biasanya digunakan sebagai ungkapan minta  maaf anak kepada orang tuanya. Kata  我错了 (wǒ cuòle) sendiri memiliki arti “aku salah”.

Contoh:

爸爸, 今天我错了. 我不听爸爸的建议
(
Bàba, jīntiān wǒ cuòle. Wǒ bù tīng bàba de jiànyì)
Ayah, aku salah hari ini. Aku tidak mendengarkan nasihat ayah.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

我不是故意的 (Wǒ bùshì gùyì de)

bahasa mandarin maaf

Kata maaf dalam bahasa Mandarin ini bisa kamu gunakan saat ingin meminta maaf atas kesalahan yang tidak sengaja dibuat. Arti dari 我不是故意的 (wǒ bùshì gùyì de) sendiri adalah “saya tidak sengaja melakukannya”.

Contoh:

我不是故意的, 你的手机还好吗
(Wǒ bùshì gùyì de, nǐ de shǒujī hái hǎo ma?)
Aku tidak melakukannya dengan sengaja, apakah ponselmu baik-baik saja?

Itu dia 5 cara mengucapkan maaf dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan konteks dan situasi yang sedang kamu alami.

Tertarik dengan materi bahasa Mandarin lainnya? Cakap bisa menjadi pilihan terbaikmu! Belajar bahasa mandarin lebih seru dan mudah bersama kursus bahasa Mandarin Cakap. Di sana kamu akan dibimbing langsung oleh teachers profesional dan berpengalaman, kamu juga bebas atur jadwal belajarmu sendiri! Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks