Mengapa Si Kecil harus Belajar Bahasa Mandarin?

belajar bahasa mandarin

Parents, sekarang udah banyak lho anak yang fasih berbahasa asing. Meskipun biasanya anak diajarkan bahasa Inggris, namun ada juga yang mengarjakan anaknya bahasa Mandarin. Berbagai sekolah pun sudah banyak yang memulainya.

Pernahkah parents bertanya-tanya mengapa anak harus belajar bahasa Mandarin? Tenang, ada banyak orang tua yang melontarkan pertanyaan yang sama. Untuk itu, simak jawabannya di bawah biar gak penasaran!

Satu Milyar Jiwa Berbahasa Mandarin

source: giphy.com

Dilansir dari Business Insider, China memiliki populasi penduduk terbesar di dunia yaitu sekitar 1,2 milyar orang. Kemudian, 90% dari jumlah populasi atau sekitar 1 milyar jiwa menggunakan bahasa Mandarin. 

Parents tau berapa jumlah populasi dunia? Saat ini ada sekitar 7 milyar manusia yang tersebar dan sekitar 15%nya adalah penduduk China. Oleh karena itu, bahasa Mandarin diperkirakan penting untuk bisnis di masa yang mendatang.

Melihat hal itu, banyak tokoh-tokoh dunia yang mengajarkan anaknya bahasa Mandarin. Mulai dari Jeff Bezos, Mark Zuckerberg, Prince William, dan Ivanka Trump. Mereka mewajibkan anaknya untuk belajar bahasa Mandarin. Anakmu kapan?

Mengembangkan Pendengaran Anak

source: giphy.com

Bahasa Mandarin adalah bahasa tonal yaitu bahasa yang mengandung nada dari setiap kata sehingga jika salah nada maka artinya pun berbeda. Anak memiliki pendengaran yang lebih peka, sehingga bahasa tonal dapat mengembangkan kepekaannya itu.

Selain itu, anak juga bisa lebih pandai bernyanyi dengan belajar bahasa Mandarin. Sebuah studi Universitas California mengungkapkan bahwa mempelajari bahasa tonal bisa memberi pitch yang sempurna. 

Jadi, mas Anang gak bakal kasih komen “picth kontrol kamu kurang” kalau si kecil ikut Indonesian Idol karena udah diasah dengan bahasa Mandarin. Makanya, yuk gabung kelas bahasa Mandarin di Cakap!

Anak jadi Pintar Matematika

source: giphy.com

Siapa sih yang gak mau anaknya pintar matematika? Terlebih di Indonesia, matematika masih digunakan sebagai tolak ukur kepintaran anak. Nah dengan belajar bahasa Mandarin, anak bisa lho pintar matematika. Kok bisa ya?

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pelajaran matematika dan bahasa mengaktifkan otak yang sama. Apalagi kalau anak belajar bahasa Mandarin, yang melibatkan pembelajaran bahasa, suara, gambar, dan matematika secara umum, pasti akan lebih banyak wilayah otak yang aktif.

Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Mandarin mengaktifkan otak kanan dan kiri. Oleh karena itu, penutur bahasa Mandarin jauh lebih kreatif dan memiliki kemampuan problem solving yang lebih baik. Gak heran kan kenapa perkembangan China bisa pesat?

Kuota Beasiswa ke China Meningkat

source: giphy.com

Pernah dengar pepatah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri china”? Yap, engga cuman perekonomian aja yang bagus, China juga memiliki pendidikan yang bagus. Apalagi kalau anak memiliki ketertarikan dengan informasi teknologi, China adalah destinasi yang tepat.

Nah dilansir dari Antara, Pemerintah China meningkatkan kuota penerima beasiswa sebesar 3.000 mahasiswa. Padahal, biaya kuliah di China termasuk rendah untuk pendidikan yang berkualitas.

Pastinya untuk mendapatkan beasiswa ini, anak harus belajar bahasa Mandarin terlebih dahulu. Ajak anak belajar bahasa Mandarin sejak dini agar lebih mudah memahami materinya.

Belajar Bahasa Mandarin itu Seru

source: giphy.com

Secara general, belajar bahasa asing itu seru dan menyenangkan. Terlebih jika belajar bahasa Mandarin, anak akan mengetahui tradisi dan budaya baru. Hal-hal tersebut pastinya akan berpengaruh bagi karakter si kecil.

Belajar bahasa Mandarin lebih seru kalau anak gabung Cakap. Si kecil bisa belajar secara LIVE bareng guru yang professional dan pastinya bisa jaga mood anak untuk tetap fokus belajar. Makanya, parents gak perlu ragu lagi!

Bahasa Mandarin engga kalah penting dengan bahasa Inggris. Terlihat kan dari manfaat-manfaat yang ada di atas? Makanya, parents jangan bimbang lagi untuk daftarkan anaknya kursus bahasa Mandarin di Cakap. Kalau bukan sekarang, kapan anak mau #MakinCakap?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google