Ini Peluang Usaha Makanan Jepang di Indonesia dan Inspirasinya

usaha makanan jepang

Jepang adalah sebuah negara yang memikat dengan budaya yang kaya, keindahan alamnya, dan tentu saja, kuliner yang lezat. Salah satu bentuk kecintaan terhadap kelezatan kuliner Jepang adalah melalui usaha makanan Jepang.

Keunikan hidangan-hidangan tradisional dan inovatif yang ditawarkan membuat popularitas makanan Jepang makin meningkat.

Hal ini membuat peluang usaha makanan Jepang, khususnya di Indonesia cukup besar. Tertarik memulai usahanya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Peluang Usaha Makanan Jepang di Indonesia

Peluang usaha makanan Jepang di Indonesia cukup besar karena makanan Jepang telah menjadi salah satu jenis makanan yang populer di kalangan masyarakat. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjelaskan peluang usaha makanan Jepang di Indonesia:

  1. Minat konsumen: Masyarakat Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap budaya Jepang, termasuk makanan Jepang. Sushi, ramen, tempura, dan takoyaki adalah contoh makanan Jepang yang sangat populer di Indonesia. Permintaan terhadap makanan Jepang terus meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat dan makanan yang berkualitas.
  2. Keanekaragaman kuliner: Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner yang tinggi, dan makanan Jepang menawarkan variasi dan keunikan yang berbeda dari masakan lokal. Ini membuat makanan Jepang menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari pengalaman kuliner baru dan eksotis.
  3. Pengaruh media sosial: Media sosial berperan besar dalam mempopulerkan makanan Jepang di Indonesia. Banyak restoran Jepang yang mendapatkan eksposur yang luas melalui platform media sosial seperti Instagram dan YouTube. Foto-foto menarik dan video yang menggugah selera mengundang minat dan membuat orang tertarik untuk mencoba makanan Jepang.
  4. Penyesuaian dengan selera lokal: Banyak restoran Jepang di Indonesia telah menyesuaikan menu mereka dengan selera lokal. Mereka menawarkan variasi makanan Jepang yang disesuaikan dengan citarasa dan preferensi rasa masyarakat Indonesia. Misalnya, ada sushi dengan isian yang berbeda, seperti sambal atau rendang, yang memenuhi keinginan rasa lokal.
  5. Potensi bisnis yang menguntungkan: Usaha makanan Jepang memiliki potensi untuk menjadi bisnis yang menguntungkan di Indonesia. Karena popularitasnya, restoran Jepang cenderung menarik banyak pelanggan. Selain itu, sektor makanan dan minuman di Indonesia terus berkembang pesat, terutama dengan pertumbuhan industri restoran dan peningkatan pengeluaran konsumen.

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap? Klik Tombol Berikut!

Kelebihan Usaha Makanan Jepang

Berikut adalah beberapa kelebihan usaha makanan Jepang yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Banyak Digemari di Indonesia

Di Indonesia, peminat makanan khas Jepang tidak berkurang, melainkan terus meningkat. Meski awalnya banyak yang skeptis bahwa masakan dari negeri sakura ini tidak  cocok dengan selera lidah Indonesia, nyatanya masakan ini memiliki banyak penggemar. 

Bahkan, makanan Jepang memiliki lebih banyak penggemar dibandingkan dengan makanan luar negeri lainnya. Hal ini dikarenakan ada beberapa masakan Jepang yang telah diolah dan disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

2. Bisa Dibuat Kaki Lima maupun Restoran Mahal

Keistimewaan lain dari usaha makanan Jepang adalah dapat disajikan sebagai makanan mewah atau makanan jalanan. Itulah sebabnya, makanan Jepang sangat cocok digunakan sebagai jajanan pinggir jalan, maupun di restoran mewah. 

Tentunya, hal ini membuat usaha makanan Jepang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Dengan cara ini, target pelanggan akan lebih luas.

3. Bisa Dijalankan Semua Orang

Usaha makanan Jepang ini bisa dan cocok untuk dijalankan siapa saja. Jadi, kamu tidak harus menjadi orang Jepang atau pernah pergi ke sana untuk menjalankan bisnis ini. Media pembelajaran pun kini sudah banyak, kamu bisa membuka YouTube atau apa pun itu untuk mencari referensi lebih detail mengenai makanan Jepang.

4. Bahan Baku Mudah Ditemukan

Usaha masakan Jepang memang membutuhkan bahan baku khusus untuk membuatnya. Namun, tak perlu khawatir, karena kini kamu dapat menemukan bahan  masakan Jepang di toko, pasar, atau supermarket terdekat.

5. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Menjalankan usaha makanan Jepang memang bisa dimulai dengan langkah sederhana dan mudah. Bahkan, modal usaha makanan Jepang juga tidak harus fantastis. Kamu dapat menjalankannya dengan modal kecil. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, makanan ini tetap cocok dijual dengan sistem street food. Pasti kamu juga sudah sering menemuinya bukan?

Inspirasi Makanan Jepang untuk Jualan

Ada sejumlah makanan Jepang yang umum dijual dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Apa saja itu? Berikut di antaranya.

1. Takoyaki

Takoyaki adalah makanan Jepang yang terkenal dan populer. Ini adalah bola-bola kecil berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan potongan gurita (octopus) yang dimasak dalam cetakan khusus untuk takoyaki. 

Harga Takoyaki di Indonesia juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

2. Ramen

Ramen adalah hidangan mie yang populer yang berasal dari Jepang. Ini terdiri dari mie pangsit yang diolah dengan kuah yang kaya rasa, ditambah dengan berbagai bahan tambahan seperti daging, sayuran, telur, dan rempah-rempah.

3. Dorayaki

Penggemar Doraemon pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian yang satu ini. Dorayaki adalah makanan penutup atau camilan tradisional Jepang.

Makanan ini terbuat dari dua buah pancake manis yang berbentuk bulat yang diisi dengan selai manis, biasanya selai kacang merah (anko) atau selai krim. Dua pancake tersebut kemudian disatukan untuk membentuk dorayaki.

4. Soba

Bagi pecinta mie, masakan ini sangat layak untuk dicoba karena rasa mie yang segar dengan perpaduan kuah yang nikmat.

Soba adalah jenis mie Jepang yang terbuat dari tepung gandum (buckwheat). Ini adalah hidangan yang populer dan sering kali disajikan dalam bentuk mie panjang, tipis, dan berwarna cokelat.

5. Kakigori

Ide usaha makanan Jepang berikutnya yaitu kakikori. Kakigori adalah makanan penutup tradisional Jepang yang terdiri dari es serut yang disajikan dengan berbagai sirup manis dan topping.

Kakigori merupakan hidangan yang populer pada musim panas di Jepang untuk mengatasi cuaca panas.

Kakigori biasanya disajikan dalam mangkuk atau gelas besar. Es serut yang lembut kemudian disiram dengan berbagai sirup rasa

Belajar Bisnis dari Nol bareng Ahlinya di Upskill Cakap Sekarang

6. Yakitori

Jika Indonesia memiliki sate, maka Jepang memiliki hidangan serupa yang disebut Yakitori. Hidangan ini mirip dengan sate, yaitu daging yang dipotong tusuk sate lalu langsung dipanggang di atas api. Namun di Jepang Yakitori  tidak hanya daging, sayur dan buah juga bisa dijadikan  sate.

7. Okonomiyaki

Bisa dibilang masakan ini adalah martabak Jepang, karena  sekilas bentuk dan cara pembuatannya mirip dengan martabak asin khas Indonesia.

Selain itu, bahan utamanya adalah tepung dan telur. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya karena dilengkapi dengan berbagai toping, seperti sayuran, makanan laut, atau irisan daging.

8. Sashimi

Sashimi adalah hidangan Jepang yang terdiri dari irisan tipis ikan segar mentah, seafood, atau daging mentah lainnya yang disajikan tanpa dimasak. Ini adalah salah satu hidangan yang paling populer dalam masakan Jepang.

9. Sushi

Siapa yang tidak tahu dengan masakan ini? Hampir orang Indonesia sepertinya tahu masakan ini. Nasi gulung yang diisi dengan ikan atau makanan laut lainnya lalu  lapisan luarnya ditutup dengan rumput laut. Makanan ini sangat enak dan praktis untuk disantap, sehingga banyak sekali penggemarnya  di Indonesia.

10. Bento Set

Bento adalah makanan Jepang yang terdiri dari hidangan beragam yang disusun dengan rapi dalam sebuah kotak makan yang disebut “bento box”. Bento set merupakan konsep makan siang yang populer di Jepang, di mana hidangan-hidangan berbeda ditempatkan secara terpisah dalam satu kotak makan.

Itulah seputar informasi mengenai peluang usaha makanan Jepang di Indonesia serta beberapa inspirasi makanan yang sering dijual. Jika kamu gemar memasak, maka tidak ada salahnya menjadikan hobi sebagai ladang cuan dengan membuka usaha makanan Jepang.

Kamu bisa mengikuti kursus online bersertifikat untuk membuat perencanaan lebih matang untuk bisnis kuliner di Cakap Upskill. Cek kelasnya sekaran dan daftarkan dirimu karena #SiapaCakapDiaDapat! 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap