Tradisi Minum Sake dan Rekomendasi Merk Sake Jepang

tradisi minum sake jepang

Udah pernah nonton film anime Your Name (Kimi No Na Wa)? Pasti kamu sadar kalau salah satu karakternya yang bernama Taki minum sake di penghujung film. Sebagai penggemar anime, pasti kamu udah sering lihat sake muncul di berbagai film.

Meminum sake udah jadi tradisi di Jepang, lho! Tradisi minum sake udah menjadi hal wajib di dalam beberapa perayaan di Jepang. Minum sake juga engga boleh ngasal, ada tata krama yang dipakai dalam meminum alkohol ini. Nah sebelum bahas lebih lanjut, yuk baca dulu apa itu sake.

Sake Dalam Perayaan

source: giphy.com

Sake kerap muncul di berbagai perayaan di Jepang, berikut ini perayaan yang menghadirkan sake:

Festival Shinto

Shinto adalah agama asli orang Jepang dan tempat ibadah mereka adalah kuil Shinto. Tiap kuil memiliki festival atau biasa disebut dengan Matsuri. Festival Shinto biasanya menggabungkan ibadah yang khusyuk dengan perayaan yang sangat menggemberikan, dan perayaan ini mencakup salah satunya pesta mabuk. Dalam pesta ini biasanya orang Jepang meminum sake.

Upacara Pernikahan

Pengantin pria dan wanita minum sake masing-masing tiga kali, dari tiga cangkir sake yang berbeda ukuran yang disebut sakazuki. Ketika mereka bertukar cangkir, mereka secara simbolis telah menyatakan sumpah pernikahan. Selanjutnya, orang tua mereka juga meminum sebagai simbol menyambung ikatan antara kedua keluarga.

Baca Juga: Sado, Upacara Minum Teh di Jepang yang Sarat Makna Kehidupan

Perayaan Kesuksesan

Kalau kamu nonton film Jepang, entah live-action atau anime, kamu pasti pernah ngeliat scene dimana sang karakter lagi merayakan kesuksesannya dengan meminum sake bersama teman-temannya. Kesuksesannya bisa seperti mendapatkan pekerjaan baru atau promosi jabatan. Hal ini emang udah jadi tradisi di Jepang sebagai salah satu cara untuk menjalin silaturahmi antar kolega atau kerabat. 

Tata Krama Minum Sake

source: giphy.com

Di Jepang, dalam meminum sake dan minuman beralkohol lainnya ada tata krama yang perlu diterapkan. Berikut ini tata krama yang biasa dipakai oleh orang Jepang ketika minum minuman beralkohol:

Menuangkan untuk Lawan Bicara

Saat minum minuman beralkohol di Jepang, kita tidak boleh membiarkan gelas lawan bicara kosong. Kita juga tidak boleh menuangkan minuman untuk gelas kita sendiri melainkan lawan bicara kita. Kemudian, ketika gelas lawan bicara mulai terlihat kosong, kamu perlu mengisi dari botol yang masih penuh isinya.

Kamiza dan Geza

Kamiza dan Geza adalah istilah untuk pembagian tempat duduk. Kamiza adalah tempat duduk spesial. Biasanya kamiza diberikan untuk tamu spesial atau terhormat. Sedangkan geza adalah tempat duduk biasa. Perbedaan lainnya yaitu letak kamiza yang lebih strategis dibandingkan geza.

Rekomendasi Merk Sake Jepang

source: giphy.com

Kalau kamu ke Jepang, boleh sempatkan diri untuk mencoba minuman tradisional ini. Kini udah banyak merk sake yang bisa kamu temukan, tapi umumnya ada 5 merk sake yang menjadi andalan untuk orang Jepang. Berikut merk sake Jepang yang terkenal:

  • Dassai
  • Hakkai-San
  • Kubota
  • Kokuryo
  • Ichinokura

Selain telah menjadi tradisi, meminum Sake di Jepang memiliki peraturan yang sangat ketat, lho! Harus orang yang telah cukup umur yang bisa minum minuman ini.

Budaya Jepang memang selalu menarik untuk dibahas, kamu bisa mengetahui budaya Jepang lainnya dengan belajar bahasa Jepang. Dengan belajar bahasa jepang kamu tidak hanya mempelajari bahasanya saja, tetapi juga kultur dan budayanya.

Baca Juga:

banner jepang

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google