Mengupas Perbedaan Penggunaan Thankful, Grateful, dan Blessed!

thankful grateful blessed

Beberapa kata tercipta untuk memenuhi peran dalam tuturan dan tulisan. Thankful, grateful, dan blessed, ketiga kata tersebut merupakan kata yang tercipta untuk mengekspresikan rasa syukur atau ucapan terima kasih. Ketiga kata tersebut sepintas memiliki kesamaan makna. Namun, seberapa pun miripnya arti sebuah kata dengan kata lainnya, tetap ada perbedaan konteks yang tidak bisa disamakan. Begitupun dengan kata thankful grateful, dan blessed yang artinya hampir mirip itu, ternyata memiliki perbedaan penggunaan.

Untuk mengetahui di mana letak perbedaan thankful grateful, dan blessed, kamu perlu memahami satu persatu kegunaannya. So, read this article out, ya!

Thankful

thankful grateful blessed
Photo from Unsplash

Dalm Part of Speech, kata thankful termasuk dalam adjective. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka thankful berarti “berterima kasih” atau “bersyukur”.

Kata ini digunakan untuk mengungkapkan ekspresi terima kasih, kesenangan, dan kelegaan. Kamu juga bisa menggunakan kata thankful saat kamu merasa mendapatkan “a good day” atau mendapat hadiah.

Contoh:

  • I’m so thankful to the shopkeeper who found my phone. (Saya sangat berterima kasih kepada penjaga toko yang menemukan telepon saya.)
  • She will be forever thankful for having Adriyan as her boyfriend. (Dia sangat bersyukur memiliki pacar seperti Adriyan).

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Grateful

thankful grateful blessed
Photo from Freepik

Sama seperti thankful, grateful juga tergolong ke dalam kelas kata sifat atau adjective. Namun bedanya, grateful juga dapat menempati posisi noun sebagai atribut adjectiveGrateful merupakan ekspresi yang bisa ditunjukkan ketika kamu merasa telah mendapatkan atau menerima keberuntungan.

OED (Oxford English Dictionary) mendeskripsikan grateful sebagai “feeling or showing an appreciation for something done or received.” yang berarti merasakan atau menunjukan apresiasi untuk sesuatu yang telah dilakukan atau diterima. Ekspresi yang mengungkapkan bentuk syukur ini biasanya digunakan pada situasi formal.

Contoh:

  • We are very grateful for being invited to this inauguration event. (Kami sangat berterima kasih karena telah diundang ke acara peresmian ini).
  • Mila is grateful for having found her lover. (Mila sangat bersyukur karena telah mendapatkan kekasih hatinya).

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Blessed

thankful grateful blessed
Photo from Freepik

Dari kata, thankful dan grateful, blessed merupakan kata yang memiliki arti harfiah yang sedikit berbeda, kata blessed berasal dari “bless” (termasuk ke dalam noun) yang artinya berkat. Jika kamu ingin mengubahnya menjadi kata sifat, maka harus ditambahkan akhiran -ed, sehingga bentuk tersebut akan menjadi “blessed”. 

Perubahan kelas kata juga menjadikan perbedaan arti, penambahan -ed pada “bless” menjadikannya memiliki arti “diberkati/terberkati”. Dalam konteks kata kerja atau verb, blessed (bentuk past tense & past participle) berarti “memberkati/merestui”.

Contoh:

  • We always feel blessed every day. (Kami selalu merasa diberkati setiap hari).
  • Since living in Vienna, I feel very blessed. (Semenjak tinggal di Vienna, saya merasa sangat diberkati).

So, gimana? Kamu sudah makin paham bukan mengenai perbedaan dan penggunaan thankful, grateful, dan blessed? Mulai sekarang gunakan ketiga kata tersebut sesuai dengan konteks dan penggunaannya ya, Sobat Cakap!

Belajar bahasa Inggris dan materi-materi baru, makin lama makin seru! Cari tahu apa lagi yang bisa kamu pelajari di Cakap, yuk! Bersama kursus bahasa Inggris online Cakap, belajar bahasa Inggris makin fun dan mudah. Dengan jadwal belajar yang bisa diatur sendiri, kamu bisa belajar dengan lebih fleksibel dan nggak ribet lagi! Cek paket kursus Cakap sekarang, yuk!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat