Menarik, Inilah Jenjang & Sistem Pendidikan di Korea Selatan

sistem-pendidikan-di-korea-selatan

Tahukah kamu, Korea merupakan salah satu negara yang sangat mementingkan pendidikan dan menjadikannya sebagai sarana pemenuhan kebutuhan diri serta kemajuan sosial. Tak heran jika Korea Selatan memiliki persentase angka melek huruf yang cukup tinggi, dan sekolah mana pun di Korea Selatan kerap dianggap sebagai sekolah yang bagus. Sangat menarik bukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem pendidikan di Korea Selatan yang dianggap sangat tertata? Yuk, simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Table of Contents

Sistem Pendidikan di Korea Selatan

Standar sekolah di Korea Selatan sangatlah tinggi, baik sekolah swasta maupun negeri keduanya sama-sama memberikan pengajaran yang bagus. Berikut ini merupakan konstruksi dasar dari sistem pendidikan di Korea Selatan, mulai dari sistem wajib belajar, hingga kurikulum nasional yang dikembangkannya!

(1) Sistem 6-3-3-4

6-3-3-4 merupakan formasi atau sistem jalur tunggal wajib belajar di Korea Selatan yang terdiri dari:

  • 6 tahun di Sekolah Dasar
  • 3 tahun di SMP
  • 3 tahun di SMA
  • 4 tahun di perguruan tinggi.

Jalur tunggal tersebut telah menjadi karakteristik dari sistem pendidikan Korea yang memastikan bahwa setiap warga negara bisa mengenyam pendidikan dasar, menengah, dan atas. Kalau dilihat-lihat, hampir sama ya dengan pembagian waktu dan tingkatan pendidikan di Indonesia.

(2) School Calendar and School Day

School calendar atau kalender sekolah memiliki dua semester, yang pertama berlangsung dari Maret sampai Juli, sedangkan yang kedua dari September sampai Februari. Di antara keduanya, ada liburan musim panas dan musim dingin.

Hari-hari belajar di sekolah berlangsung dari pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam. Dalam satu minggu, biasanya mereka belajar selama 50 jam. Artinya, mereka harus bersekolah dari hari Senin hingga Sabtu. 

(3) Mata Pelajaran Wajib

Sama seperti di Indonesia, sistem pendidikan di Korea Selatan juga memberikan siswanya 5 mata pelajaran wajib yang harus dipelajari. Kelima matkul tersebut meliputi, Bahasa Korea, Bahasa Inggris, Matematika, Sains, dan Studi Sosial. Diberlakukannya lima mata pelajaran wajib tersebut tentu bukan tidak memiliki pertimbangan, diharapkan mata pelajaran wajib tersebut bisa memudahkan mereka untuk memilih jurusan di perguruan tinggi yang mereka minati dengan mudah.

(4) Kurikulum Nasional

Korea Selatan juga memiliki kurikulum nasional yang dikembangkan dan dipantau oleh Kementerian Pendidikan-nya lho. Kurikulum selalu direvisi setiap lima hingga sepuluh tahun sekali. Standar kurikulum pendidikan yang ditetapkan Korsel umumnya berupaya untuk mengembangkan warga negara yang memiliki keyakinan moral, mencerminkan keterampilan, dan bisa mempersiapkan diri menuju karier yang cemerlang nantinya. Di dalam kurikulum juga pastinya mengatur sistem penilaian akademik di Korea Selatan

(5) Tingginya Tingkat Literasi

Seperti yang sudah disampaikan di paragraf pembuka bahwa Korea merupakan negara yang memiliki tingkat melek huruf, sains, dan matematika tertinggi di antara negara-negara anggota OECD (The Organization for Economic Co-operation and Development). Bahkan, bisa dikatakan bahwa Korea Selatan memiliki tingkat literasi atau melek huruf 100% dan terbukti melahirkan siswa-siswi berbakat. Hal tersebut juga tentunya tidak lepas dari peran para tenaga pendidikan Korsel yang berkualitas dan kompeten.

(6) Fasilitas Pendidikan dan Koneksi Internet

Fakta menarik dari sistem pendidikan di Korea Selatan adalah fasilitas pendidikan dan jaringan internet yang memadai. Setiap sekolah menyediakan fasilitas pendidikan yang lengkap, seperti proyektor dan komputer.

Akses internet yang terpasang di sekolah juga memiliki koneksi mencapai 10 Gbps. nggak heran deh ya kalau para murid bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.

(7) Bimbel Hal yang Lumrah

Mengikuti bimbel atau bimbingan belajar adalah hal yang sangat lumrah di Korea Selatan. Hampir seluruh siswa mengikuti les selepas jam sekolah usai. Bimbingan belajar dalam bahasa Korea disebut dengan “Hagwon”. Siswa akan mulai belajar di tempat bimbel dari pukul 5 sore hingga pukul 10 malam (paling lambat). Tak heran, jika budaya Korea kerap disebut budaya yang menekankan prestasi akademik alias jadi yang terbaik dan menonjol itu harus!

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Jenjang Pendidikan yang Berlaku di Korea Selatan

Di atas kamu sudah memahami sistem jalur tunggal 6-3-3-4 di dalam sistem pendidikan Korea Selatan. Sekarang, kamu akan diajak untuk memahaminya lebih lanjut! So, stay tuned!

(1) Primary Education

Ketika anak memasuki usia 6 tahun, mereka harus didaftarkan ke pendidikan dasar atau chodeung haggyo (초등학교). Pemerintah Korea, menyediakan pendidikan dasar secara gratis, tingkat pendaftarannya pun sangat tinggi yaitu sebanyak 99,9%. 

Di jenjang pendidikan ini, siswa akan diajarkan keterampilan dasar dan beberapa mata pelajaran basic. Di tahun ketiga (kelas 3), siswa akan mulai diajarkan bahasa Inggris. Selama tahun ajaran berlangsung, siswa biasanya akan tetap berada di satu kelas dengan satu guru yang mencakup sebagian besar mata pelajaran (selain pelajaran pendidikan jasmani dan bahasa asing).

(2) Middle School

Dalam bahasa Korea, middle school dikenal sebagai (중학교). Sama seperti pendidikan dasar, jenjang pendidikan ini juga wajib dan gratis. Sekolah menengah berlangsung selama 3 tahun. Ini adalah tingkat sekolah di mana siswa mulai belajar keras untuk ujian dan bisa mendaftar ke jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini dikarenakan adanya persaingan untuk masuk SMA favorit, siswa harus memiliki nilai yang baik. 

Dari segi mata pelajaran, siswa akan berfokus pada mata pelajaran, seperti etika, Bahasa Korea, Matematika, IPS, Sains, Olahraga, Seni, Musik, dan Bahasa Inggris.

(3) High School

Jenjang SMA dalam bahasa Korea disebut dengan Godeung Haggyo (고등학교). Jenjang pendidikan ini berlangsung selama tiga tahun. Meskipun tidak dianggap wajib seperti jenjang-jenjang sebelumnya, tetapi lebih dari 90% anak berusia 15-18 tahun di Korea Selatan menempuh pendidikan SMA. 

Sebelum masuk ke SMA favorit di Korea atau SMA impian, siswa akan diminta untuk mengikuti tes/ujian masuk. Masa-masa SMA ini merupakan masa yang penting bagi siswa karena mereka harus mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke perguruan tinggi bergengsi.

(4) Higher School

Untuk dapat menempuh higher education atau pendidikan tinggi biasanya siswa akan mengenyam pendidikan selama 4 tahun. Di Korea Selatan, masuk universitas dianggap sebagai suatu prestasi, persaingan, dan tantangan yang sulit dilakukan karena adanya ujian. Beberapa universitas terbaik di Korea Selatan dan menjadi yang paling diincar adalah Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea, Universitas Yonsei. Ketiga universitas tersebut dikenal dengan universitas SKY. 

Sangat menarik bukan sistem dan jenjang pendidikan yang berlaku di Korea Selatan? Buat kamu yang tertarik melanjutkan sekolah tinggi atau bekerja di Korea, yuk siapkan bekal bahasamu dari sekarang dengan mengikuti kursus bahasa Korea online di cakap!

Referensi:
-90daykorean.com
-asiasociety.org
-haneulssem.com
-internations.org

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat