5 SMA Terbaik di Korea Selatan, Cetak Idol Berbakat!

5 SMA Terbaik di Korea Selatan, Cetak Idol Berbakat!

Zaman sekarang, pengaruh Korean Wave memang terbilang cukup besar. Baik itu dari industri pakaian, entertainment, bahkan sampai ke industri pendidikan. Banyak orang tertarik untuk menjalani SMA di Korea karena sistem pendidikannya yang cukup berbeda. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ini penjelasannya.

Fakta Menarik Sistem Pendidikan di Korea Selatan

Korea Selatan masuk ke dalam peringkat 5 besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, hal itu tentunya bukan tidak beralasan. Ini dia fakta menarik sistem pendidikan di Korea Selatan yang membuat mereka masuk ke jajaran 5 besar peringkat dunia:

1. Waktu Belajar

Siswa SMA di Korea Selatan cenderung memiliki waktu belajar yang cukup ketat. Hal ini karena persaingan untuk memasuki perguruan tinggi yang sangat sengit. Rata-rata, pelajar SMA tersebut menghabiskan waktu mereka untuk belajar sekitar 16 jam per harinya saat sekolah.

Belum lagi ada beberapa anak yang memiliki les tambahan setelah sekolah, membuat waktu belajar mereka bisa sampai 20 jam per harinya. Tidak hanya itu, kegiatan ini dilakukan selama 6 hari berturut-turut selama seminggu.

2. Pelajar Korea Sangat Menghormati Guru

Seperti yang kita ketahui, Korea Selatan sangat menghormati yang orang-orang yang lebih tua. Hal ini ditandai oleh seringnya mereka menambahkan panggilan khusus untuk seseorang yang mereka hormati atau tuakan.

Menjadi seorang guru SMA di Korea Selatan juga terkenal sebagai suatu profesi kebanggaan.

3. Fasilitas yang Lengkap

Dari mulai Wifi, lapangan luas, air conditioner, kipas angin, listrik, air, makanan, lab belajar, dan sebagainya cukup lengkap. Fasilitas ini bebas dipakai untuk para murid.

Selain fasilitas belajar formal, Korea Selatan juga sangat mendukung anak muridnya untuk menjalankan ekstrakurikuler dengan memberikan ruang-ruang khusus untuk mendukung kegiatan tersebut.

4. Menjunjung Tinggi Kebersihan

Para pelajar SMA di Korea Selatan juga menjunjung tinggi kebersihan ruang belajar. Beberapa hal yang mereka lakukan, antara lain:

  • Mengganti sepatu luar dengan sepatu indoor saat berada pada lingkungan sekolah.
  • Menjalankan piket sesuai dengan jadwal.
  • Para murid membawa tissue sendiri, karena sekolah tidak menyediakan tissue toilet. Hal ini untuk mengajarkan para murid untuk menjaga kebersihan diri.
  • Menyediakan makanan sehat untuk para murid.

Daftar Sekolah Terbaik di Korea Selatan

Nah, setelah melihat fakta-fakta menarik yang terjadi pada sekolah SMA Korea Selatan, sekarang waktunya kamu melihat beberapa daftar SMA terfavorit para pelajar. Beberapa diantaranya adalah sekolah para idol K-Pop loh. Berikut ini ulasannya:

1. Chungdam High School

Sekolah pertama yang menjadi sekolah favorit dan pilihan para pelajar Korea adalah Chungdam High School. Sekolah ini termasuk sekolah negeri yang belum berdiri cukup lama, yaitu pada tahun 1990.

Namun, walaupun masih 32 tahun, Chungdam High School sudah menjadi daftar terfavorit, karena memiliki banyak fasilitas pendukung, seperti 80 fakultas pelajaran yang dapat kamu pilih.

Beberapa idol yang pernah bersekolah di sini, antara lain Jennie Blackpink, Jihyo Twice, Kai EXO, Jiwoo KARD, dan sebagainya.

2. Seoul School of Performance Art (SOPA)

SMA terbaik di Seoul Korea Selatan yang satu ini sangat populer, karena banyak melahirkan idol-idol yang saat ini kamu lihat. Memfokuskan pelajaran pada art dan musik, banyak pelajar yang berlomba-lomba untuk masuk ke dalam SMA ini, karena bercita-cita untuk menjadi idol dan sebagainya.

SOPA High School adalah sekolah swasta dengan harga uang sekolah setiap muridnya cukup fantastis, yaitu sekitar 10.000.000 KRW atau setara dengan Rp117.557.847,00 per tahun dengan uang masuk sebesar 50.000 KRW atau sekitar Rp587.789,00.

Deretan idol yang pernah bersekolah di sini adalah Joy Red Velvet, Jungkook BTS, Sehun EXO, Taeyong NCT, dan sebagainya.

3. Hanlim Multi Arts High School

Sekolah seni swasta yang seringkali menjadi saingan SOPA adalah Hanlim Multi Arts High School. Alasan mengapa sekolah yang satu ini cukup populer adalah karena idol lulusan sekolah Hanlim Multi Arts High School juga terbilang cukup banyak.

Uang sekolahnya juga cukup murah, jika kamu bandingkan dengan SOPA, yaitu sekitar Rp51.000.000,00 per tahun dengan seragam seharga Rp12.000.000,00. Contoh idol lulusan Hanlim, antara lain Cha Eunwoo Astro, Ryuzin Itzy, Mino Winner, dan sebagainya.

4. Kyunggi High School

Daftar favorite SMA di Korea Selatan selanjutnya ada dari Kyunggi High School. Kyunggi adalah salah satu sekolah negeri yang ada, karena melahirkan pengusaha-pengusaha besar, seperti pemilik agensi Big Hit Entertainment dan Bang Sihyuk.

Selain itu, ada juga aktor terkenal seperti Yoo Yeon Seok dan Idol Jinyoung Got7. Sekolah ini juga cukup bergengsi, karena telah lama didirikan sejak pemerintahan Raja Gojong pada tahun 1899.

5. Daeil Foreign Language High School

Terakhir ada Daeil Foreign Language High School yang yang berdiri pada tahun 1983. SMA di Seoul Korea Selatan ini adalah sekolah swasta yang cukup banyak memiliki fasilitas dan menjadi populer, karena ada sekitar 248 siswanya yang berhasil masuk ke Top 3 Universitas Nasional Korea.

Harga uang sekolah per bulannya juga cukup murah, yaitu sebesar Rp777.371.750,00 per tahunnya.

Pentingnya Bahasa Korea untuk Kamu yang Ingin Menempuh Studi di Korea

Nah, setelah melihat banyaknya idol dan deretan SMA terfavorit yang ada, kamu juga memiliki kesempatan besar untuk menjadi bagian dari mereka. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, berikut ini persyaratannya:

1. Harus Bisa Bahasa Korea

Kamu harus bisa berbahasa Korea yang harus dibuktikan dengan sertifikat. Maka dari itu, maksimalkan persiapan diri dengan ikut les atau belajar otodidak dari media sosial.

2. Uruslah Dokumen Penting

Nah, saat kamu akan belajar sebagai murid SMA di Korea Selatan, kamu tentunya harus mengurus dokumen untuk diperbolehkan tinggal sebagai Pelajar. Beberapa dokumen tersebut antara lain:

  • Visa Pelajar
  • Paspor
  • Surat izin orangtua
  • Dan lainnya

3. Cari Tahu Tempat Tinggalmu

Nah, saat kamu akan belajar nanti, kamu juga harus sudah tahu gambaran tempat tinggalmu, apakah kamu ingin tinggal pada asrama atau rumah sewa? Namun, beberapa sekolah mewajibkan kamu memiliki orangtua asuh saat berada disana.

4. Cari Tahu Informasi Beasiswa

Kamu mungkin sudah tahu biaya sekolah SMA di Korea memiliki uang sekolah yang cukup besar. Nah, solusi untuk kamu adalah mencari informasi beasiswa yang buka. Kamu dapat mencarinya dari media sosial atau mendaftarkan diri ke tempat les yang juga menawarkan beasiswa.

Belajar Bahasa Korea Agar Bisa Pertukaran Pelajar di SMA Terbaik Korea

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang SMA di Korea. Nah, untuk kamu yang ingin belajar bahasa Korea, kamu dapat mengambil kelas dari Cakap dengan biaya hanya mulai dari Rp30.000,00 per hari, loh. Kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dan dibimbing secara eksklusif hingga mahir berbahasa korea. Yuk, kunjungi websitenya  dan dapatkan tawaran menarik sekarang juga!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat