Mengenal Hari Bumi Sedunia Dan Quotes Tentang Hari Bumi

hari-bumi

Bumi, planet yang ditinggali milyaran manusia ini memiliki sebuah hari di mana semua orang memperingati dan menyebutnya sebagai Earth Day. 22 April merupakan hari yang dipilih sebagai Hari Bumi Sedunia. Di tahun 2022 ini, Hari Bumi Sedunia mengusung tema “Invest in Our Planet”. Atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka berarti “Berinvestasi di Planet Kita”.

Dalam rangka menyambut Hari Bumi tahun 2022, yuk mengenal lebih jauh tentang Hari Bumi dan ikut menyuarakannya lewat quotes-quotes berikut!

Hari Bumi

 

selamat-hari-bumi
Photo from Pexels

Peringatan Hari Bumi pertama kali dilangsungkan pada tanggal 22 April 1970 sebagai salah satu simbol gerakan lingkungan modern. Peringatan Hari Bumi dicanangkan oleh pengajar lingkungan di Amerika Serikat, yaitu Gaylord Nelson. Hal tersebut berawal dari banyaknya pabrik-pabrik di AS yang menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol. Sehingga, banyak masyarakat AS yang menghirup gas bertimbal dalam jumlah besar.

Polusi udara bertebaran di mana-mana, tetapi masih banyak orang yang tidak menyadari dampak dan bahayanya. Lalu, di tahun 1962 Nelson terpilih menjadi Senat AS dan memiliki misi untuk meyakinkan pemerintah bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja. Puncaknya di tahun 1969, di tengah masyarakat Amerika Serikat yang kala itu belum mengetahui istilah daur ulang, ia memimpin adanya gerakan lingkungan modern. Nelson juga menerapkan semangat untuk menyadarkan masyarakat tentang polusi udara dan air.

Seperti kita tahu, bahwa bumi merupakan planet pusat kehidupan manusia, satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh manusia saat ini. Memperingati Hari Bumi juga merupakan simbol gerakan untuk meningkatkan kesadaran untuk menjaga dan merawat bumi. Yuk, manfaatkan momen spesial Earth Day ini untuk lebih mencintai bumi, tempat yang kita tinggali!

Quotes tentang Hari Bumi

 

quote-hari-bumi
Photo from Pexels

Pernahkah kamu mendengar lagu Earth by Lil Dicky yang dikolaborasikan bersama 29 penyanyi internasional? Lagu tersebut merupakan lagu untuk memperingati Hari Bumi, yang dirilis tepat 3 hari sebelum perayaan Hari Bumi Sedunia di tahun 2019 lalu. Ada banyak cara untuk mengampanyekan Hari Bumi, selain lewat lagu, kamu juga bisa turut meramaikan dan menyuarakan Hari Bumi lewat quotes-quotes atau kata-kata bijak yang menyentuh, lho! Check it out!

1. “Jangan lupa bahwa bumi senang merasakan kaki telanjangmu dan angin rindu bermain dengan rambutmu”. Khalil Gibran

2. “Bumi berputar zaman beredar.” Peribahasa Bahasa Indonesia

3. “Alam memiliki kekuatan untuk menyembuhkan karena itu adalah tempat kita berasal, itu adalah tempat kita berada, dan itu milik kita sebagai bagian penting dari kesehatan kita dan kelangsungan hidup kita.” Nooshin Razani

4. “Hanya ketika kamu terbang di atasnya, kamu akan menyadari betapa luar biasanya bumi ini.” Phillipe Perin

5. “Melupakan cara menggali bumi dan merawat tanah berarti melupakan diri kita sendiri.” Mahatma Gandhi

6. “Berterimakasihlah pada segala yang memberi kehidupan.” Pramoedya Ananta Toer

7. “Bumi memiliki musik untuk mereka yang mendengarkan.” George Santayana

8. “Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah sekolah yang sangat baik dan mengajari beberapa dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari buku.” John Lubbock

9. “Alam bukan tempat sampah, jadikan bumi lebih indah”. Fiersa Besari

10. “Bumi bukan milik kita; tapi kita milik bumi”. Marlee Matlin

11. “Tempat yang paling indah sekaligus penuh kenangan, adalah diri dan bumimu. Jaga keduanya, maka kau akan menjalani hidup dengan bahagia.” Selamat Hari Bumi!

Itu dia penjelasan singkat seputar Hari Bumi dan beberapa quotes menariknya. Jangan lupa, setiap tanggal 22 April, ikut kampanyekan Hari Bumi, ya! Dengan begitu, kamu akan turut serta menyelamatkan bumi dari bahaya, lho!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.