4 Tempat Wisata di Banyuwangi, “The Sunrise of Java”

wisata banyuwangi

Pernah dengar tentang “The Sunrise of Java”? Yup, di mana lagi kalau bukan di Banyuwangi. Buat kamu yang ingin liburan, Cakap punya info nih seputar tempat wisata di Banyuwangi di Banyuwangi dan itinerary nya. Langsung aja yuk simak bacaan di bawah ini!

Tentang  Banyuwangi

source: giphy.com

Kabupaten Banyuwangi, terletak di paling ujung Timur dari pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo. Pelabuhan Ketapang adalah penghubung antara pulau Jawa di Banyuwangi dan pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Banyuwangi sendiri dihuni oleh beragam suku, mayoritas penduduk lokalnya adalah suku Osing yang dipercaya merupakan sub-suku pulau Jawa dan suku lain seperti Madura, Jawa, Bali serta Bugis. Memiliki luas 5.800 Km2, semua hal yang ada di Banyuwangi menjadi menarik untuk dibahas lebih lagi.

Tempat Wisata di Banyuwangi

source: giphy.com

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam laut yang mempesona. Tidak hanya Bali, Banyuwangi tentu dapat dikatakan sebagai lokasi yang pantas untuk dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam bucket list liburan.

Berikut beberapa tempat wisata di Banyuwangi di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi:

Kawah Ijen

Tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi yaitu Kawah Ijen. Dengan ketinggian 2.443 mdpl, Gunung Ijen adalah salah satu destinasi yang sangat istimewa. Jika Gunung Ijen menunjukkan kemegahannya maka Kawah Ijen lah yang mempercantiknya. 

Lantas kapan waktu terbaik untuk mendaki Kawah Ijen? Nah, waktu terbaik untuk pendakian yaitu pada malam hari, karena selain untuk persiapkan fisik, kamu juga akan melihat blue fire! Apalah arti ke Kawah Ijen tanpa melihat api biru yang baru bisa dilihat pada malam hari.

Jawatan Benculuk

Ingat tentang film Lord of the Rings? Yup, kamu bisa merasakan sensasi berada di Hutan Fangorn saat mengunjungi Jawatan, Benculuk. Jawatan terletak di Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000, kamu bisa merasakan dunianya para elf, peri hutan seperti yang dialami Frodo Baggins dan teman-temannya. Jawatan merupakan lokasi lain yang wajib kamu kunjungi di Banyuwangi.

Air Terjun Coklak, Glenmore

Berlokasi di Tegalharjo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kamu bisa melihat secara langsung keindahan warna air yang beragam di air terjun Coklak Glenmore.

Tapi, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu untuk bisa menyaksikan surge di pelosok Banyuwangi yang satu ini. Tentunya capek yang dirasakan akan sebanding dengan pemandangan indah yang sudah menunggumu disana.

Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, air terjun Coklak juga banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Karena banyak turis asing yang berkunjung, tidak heran banyak warga lokal yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa belajar bahasa Inggris.

Taman Nasional Baluran

Tidak hanya itu, di Banyuwangi juga kamu bisa merasakan sensasi alam savana di Afrika ketika mengunjungi Taman Nasional Baluran. Tentu saja aka nada banyak spot yang bisa kamu jumpai disini mulai dari savana, hutan hijau, gua Jepang, teluk dan bahkan bangunan candi.

Yang membuat Taman Nasional Baluran ini menjadi istimewa yaitu kehidupan hewan liar yang bebas di taman ini. Taman Nasional Baluran berlokasi di Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Itinerary ke Banyuwangi 3 Hari 2 Malam

source: giphy.com

Untuk bisa sampai ke Banyuwangi, kamu bisa memilih beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan. Berikut contoh itinerary sebagai gambaran buat kamu yang ingin berlibur ke Banyuwangi.

Hari 1. Perjalanan ke Banyuwangi

Naik pesawat dari Jakarta ke Surabaya. Begitu sampai di Surabaya, perjalan akan dilanjutkan dengan menggunakan mobil travel ke Banyuwangi yang memakan waktu 5-6 jam.

Setelah sampai, jika kamu sampai pada malam hari maka lebih jika langsung ke penginapan dan beristirahat lalu akan berkunjung di keesokan hari.

Hari 2. Pulau Tabuhan dan Taman Nasional Baluran

Dari Banyuwangi menyebrang ke Pulau Tabuhan melalui Pantai Grand Watu Dodol. Di pulau Tabuhan kamu bisa snorkeling disana. Setelah puas di pulau Tabuhan, kamu bisa kembali ke Banyuwangi dan melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran, Situbondo.

Di Taman Nasional Baluran kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi seperti hutan Mangrove.

Hari 3. Kawah Ijen

Di hari terakhir, perjalanan ke Kawah Ijen bisa kamu lakukan saat malam hari, karena biasanya pendakian akan dilakukan sekitar pukul 03.00 – 04.00 WIB dini hari. Saat itu lah kamu bisa melihat blue fire secara langsung. 

Setelah selesai, kamu bisa kembali ke penginapan untuk beristirahat sejenak dan bersiap untuk pulang kembali ke Jakarta.

Nah, buat kamu yang bingung untuk menentukan destinasi liburanmu selama masa pandemi ini, tenang aja, sekarang kamu bisa masukkan Banyuwangi dalam list kamu. Sebab, tempat wisata di Banyuwangi sudah menerapkan protokol keselamatan, lho! Happy Holiday!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks