5 Fakta Menarik Tentang Forbidden City di Tiongkok

forbidden city
5 Fakta Menarik Tentang Forbidden City di Tiongkok

Jika kamu berencana melancong ke negeri Tiongkok, salah satu destinasi yang sering direkomendasikan adalah Forbidden City. Mendengar namanya, kamu mungkin jadi penasaran kenapa tempat ini direkomendasikan meskipun namanya adalah “Kota Terlarang”? Nah, untuk mengetahui fakta-fakta menariknya, simak artikel berikut ini ya!

1. Merupakan sebuah istana

Photo by Laputa Z on Unsplash

Faktanya, Forbidden City bukanlah sebuah kota, namun sebuah kawasan istana yang bernama 故宫博物院 (Gu Gong Bo Wu Yuan) yang artinya “Museum Istana”. Kawasan yang dibangun pada abad ke-15 ini berlokasi di Beijing di atas tanah seluas 72 hektar. 

2. Tidak sepenuhnya “terlarang”

forbidden city
Photo by JuniperPhoton on Unsplash

Pada masa dinasti Ming dan Qing, kawasan ini benar-benar terbatas hanya untuk keluarga kekaisaran dan pejabat pemerintahan sehingga terlarang bagi masyarakat biasa. Meski demikian, saat ini Forbidden City sudah dibuka bahkan untuk turis.

3. Arsitektur didominasi warna merah dan kuning

Photo by Rafik Wahba on Unsplash

Forbidden City identik dengan istana-istana dengan dominasi warna merah dan kuning. Warna kuning dekat dengan elemen bumi ini yang mengandung filosofi terkait dengan kekaisaran sebagai pusat pemerintahan. Sedangkan merah melambangkan keberuntungan. 

4. Terdiri dari lebih dari 9000 ruangan

Photo by wong zihoo on Unsplash

Istana di Forbidden City lebih dari sekadar satu istana yang luas, besar, dan megah. Ada banyak ruangan, aula, paviliun, menara, bahkan ada pula istana-istana yang lebih kecil di dalamnya yang jumlahlah lebih dari 9000 ruangan. 

5. Tidak ada pohon di bagian lapangannya

forbidden city
Photo by _ drz _ on Unsplash

Forbidden City sama sekali tidak memiliki pohon pada halamannya yang berupa lapangan yang sangat luas tersebut. Larangan ini dulunya berlaku untuk semua bagian untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan kaisar. 

Pada tahun 1987, Forbidden City telah menjadi salah satu Situs Warisan oleh UNESCO. Wilayah ini termasuk salah satu museum dengan pengunjung terbanyak di dunia setiap tahunnya. Jadi, meskipun namanya “Kota Terlarang”, Forbidden City bukanlah kota yang tidak boleh dikunjungi, ya! 

Ada yang ingin berkunjung ke Tiongkok dan singgah di Forbidden City? Jika ada, kamu bisa banget untuk mulai menabung dan belajar bahasa Mandarin, lho! Dengan demikian jalan-jalanmu pun akan lebih lancar nantinya. 

Baca juga :

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.