Kamu Harus Tahu! Ini 5 Gunung di Indonesia yang Memiliki Keindahan Paripurna

gunung terindah di indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi surga bagi para pendaki. Bagaimana tidak, banyaknya gunung dan pegunungan Indonesia yang memiliki panorama luar biasa tentu mampu memikat hati siapa saja yang melihatnya. Dari atas puncak gunung terindah di Indonesia, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam. Dari atas puncaknya juga kan kau dapati negeri bak di atas awan.

Udara segar dan dingin, serta pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan selama pendakian juga menjadi daya tarik bagi para pendaki untuk menjelajahi gunung-gunung di Indonesia. Lalu, apa saja ya gunung terindah di Indonesia yang harus kamu tahu! Check it out!

Gunung Bromo

gunung terindah di indonesia
Photo from Freepik

Bromo, salah satu gunung yang ada di Jawa Timur, tepatnya terletak di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Gunung yang tidak pernah sepi pengunjung ini dikenal dengan keindahan sunset dan sunrise-nya.

Puncak Gunung Bromo yang bernama Pananjakan akan membuatmu takjub, dari situ akan kamu temukan pemandangan luar biasa, kamu akan langsung menemukan Gunung Semeru di hadapanmu. So, jika kamu ingin memulai pendakian pertamamu di gunung terindah di Indonesia, kamu bisa mulai dari Bromo. 

Gunung Rinjani

gunung terindah di indonesia
Photo from Unsplash

Dari Jawa Timur Beralih ke NTB, tepatnya di Pulau Lombok bagian Timur. Lombok yang saat ini juga terkenal dengan sirkuit Mandalika-nya itu, memiliki salah satu gunung terindah di Indonesia. Gunung Rinjani namanya, gunung yang pernah menjadi latar tempat film Romeo Rinjani ini masuk ke dalam jajaran gunung terindah di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani menawarkan sabana luas dengan hamparan bunga edelweis di dalamnya. 

Salah satu klimaks keindahan Gunung Rinjani yang bisa kamu nikmati adalah Danau Segara Anak. Danau ini bukan sekedar danau biasa, di dalam Danau Segara Anak ada sebuah gunung kecil bernama Gunung Barujari.

Gunung Prau

gunung terindah di indonesia
Photo from Unsplash

Kembali ke Pulau Jawa bagian tengah, di Kabupaten Wonosobo akan kamu temukan salah satu gunung terindah di Indonesia dengan ketinggian 2.565 mdpl. Gunung Prau namanya, gunung ini berada pada puncak tertinggi dataran Dieng.

Spot terbaik yang bisa kamu temukan saat pendakian adalah Puncak Prau. Di sana kamu bisa melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gunung Ijen

gunung terindah di indonesia
Photo from Unsplash

Kebanyakan dari kamu mungkin lebih akrab dengan Kawah Ijen daripada Gunung Ijen. Wajar saja demikian karena Kawah Ijen juga menjadi alasan Gunung Ijen masuk ke dalam salah satu gunung terindah di Indonesia. Kawah Gunung Ijen sendiri merupakan danau air asam terbesar di dunia. Tidak hanya terkenal dengan kawahnya, Ijen juga terkenal dengan blue fire yang bisa kamu jumpai di malam hari.

Gunung yang terletak di antara Kabupaten Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Dari puncak Gunung Ijen akan kamu temui pemandangan Gunung Merapi dan Kota Banyuwangi.

Gunung Pangrango

gunung terindah di indonesia
Photo from Unsplash

Gunung terindah di Indonesia selanjutnya adalah Pangrango. Gunung yang memiliki ketinggian 2.958 mdpl ini terletak di Jawa Barat, di antara Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Ada banyak sekali panorama dan keindahan yang dapat memanjakan matamu. Kalau kamu Generasi Z yang butuh healing dan ketenangan, Gunung Pangrango adalah pilihan yang tepat. Selama pendakian, nikmatilah indahnya Telaga Biru, Air Terjun Cibereum, Kandang Batu & Kandang Bada, Alun-alun Suryakencana, dan puncak Gede.

Lewat artikel ini, kamu bisa ikut merasakan keindahan gunung-gunung di Indonesia, bukan? Kalau ada waktu luang dan teman pendakian, sekali-kali kamu bisa mencoba menjelajahi satu di antara 5 gunung terindah di Indonesia yang sudah dipaparkan di atas. Nah, untuk mengetahui kamu tipe Anak Gunung atau bukan, yuk ikuti quiz pantai dan gunung berikut!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.